Waspada, Ini yang Menjadi Penyebab Kelainan Tulang Belakang!

Waspada, Ini yang Menjadi Penyebab Kelainan Tulang Belakang!

Sering melihat orang yang tubuhnya cenderung membungkuk? Kemungkinan mereka menderita kelainan tulang belakang atau kifosis. Punggung yang sedikit melengkung ini adalah hal yang wajar, tetapi jika kifosis terjadi biasanya penderita akan merasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas. Rasa tidak nyaman ini dikarenakan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan dan parahnya lagi, ketidaknyamanan ini akan terjadi terus menerus serta berpengaruh terhadap bentuk tubuh.

Ini penyebab kelainan tulang belakang kifosis

Struktur tulang punggung adalah tulang yang menanjang ke atas seperti balok Uno Stacko. Walaupun, memangjang seperti balok, ternyata tulang punggung memiliki keunikan dengan sifatnya yang fleksibel. Oleh karena itu fleksibilitas ini, tubuh kita bisa bergerak dengan leluasa dan seluwes mungkin.

Namun, siapa sangka keunikan itu juga membuat tulang punggung rentan mengalami gangguan, salah satunya adalah kifosis. Kifosis disebabkan ketika tulang-tulang yang menyusun tulang punggug di bagian atas tidak berbentuk sebagaimana mestinya. Bentuk tulang punggung yang harusnya lurus pada kifosis menjadi melengkung yang membuat tubuh penderita cenderung membungkuk ke arah depan.

Penyebab dari kifosis sangat beragam, seperti:

  1. Postur tubuh yang kurang baik
  2. Gangguan pada pertumbuhan
  3. Usia lanjut
  4. Bentuk tulang vertebra yang tidak normal
  5. Cara duduk yang salah dalam jangka panjang

Cara mengatasi ketidaknyamanan akibat kifosis

Pada penderita kifosis gejala yang paling terlihat adalah tulang punggung yang melengkung ke depan. Selain itu, bahu penderita kifosis juga cenderung maju ke depan. Kelainan yang terlihat ini biasanya terjadi pada penderita kifosis parah dan tidak nampak pada kifosis yang ringan.

Selain dari gejala tersebut, biasanya penderita kifosis juga bisa merasakan keluhan lain seperti nyeri punggung, punggung terasa kaku, dan otot hamstring yang terasa tegang. Tentunya hal tersebut bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, terdapat beberapa Gerakan yang bisa dilakukan untuk melatih otot punggung agar mengurangi rasa tidak nyaman tersebut seperti:

  • Menarik lutut ke dada
  • Mengangkat panggul sembari berbaring (pelvic tilting)
  • Menggerakkan lutut ke samping sambal berbaring (knee rolls)
  • Pastikan kursi dan meja kerja pasa posisi yang nyaman sehingga badan tetap tegak saat kerja
  • Perhatikan tas atau beban di punggung, gunakan ransel yang bisa mendistribusikan beban secara merata di punggung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *