Waspada Begini Dehidrasi Bisa Sebabkan Mata Cekung

Waspada Begini Dehidrasi Bisa Sebabkan Mata Cekung

Dehidrasi terjadi ketika cairan dalam tubuh tidak mencapai jumlah yang cukup. Dehidrasi juga bisa jadi penyebab mata cekung dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Singkatnya, dehidrasi adalah ketika air yang keluar dari tubuh lebih banyak daripada yang masuk ke dalam tubuh. Dehidrasi biasa terjadi ketika seseorang kehilangan cairan dalam jumlah besar.

Kehilangan cairan biasa terjadi pada fungsi tubuh sehari-hari seperti keringat, buang air kecil, dan buang air besar. Ada juga penyebab lain seperti panas ekstrem, muntah, diare, bahkan diabetes.

Lalu mengapa dehidrasi bisa sampai menyebabkan mata cekung

Respons tubuh manusia

Ketika kehilangan cairan dalam jumlah besar, respons awal tubuh manusia adalah berusaha mempertahankan cairan yang masih ada dengan cara menghemat air.

Hal ini menyebabkan munculnya berbagai gejala dehidrasi seperti rasa haus, mulut kering, penurunan produksi urin, kram otot, sakit kepala, pusing,  dan mengantuk.

Gejala lain yang bisa terjadi adalah penurunan produksi air mata. Jika hal ini terjadi, pelumas mata akan berkurang dan dapat menyebabkan mata kering, mata tegang, dan masalah penglihatan lainnya.

Kondisi ini, jika dibiarkan terus-menerus, bisa menyebabkan masalah mata lainnya yang lebih serius, termasuk di antaranya mata cekung.

Mata kering dan mata tegang

Mata kering adalah kondisi awal yang perlu diperhatikan. Mata kering terjadi ketika air mata tidak mencukupi untuk menyehatkan mata, padahal air mata penting untuk memberikan penglihatan yang jelas.

Air mata juga berfungsi untuk membasuh benda asing  dan membantu mengurangi risiko infeksi mata. Gejala mata kering antara lain iritasi, air mata berlebihan, penglihatan kabur, dan seolah-olah terasa ada benda asing di mata.

Otot-otot mata lalu akan menjadi tegang dan menyebabkan penglihatan kabur, penglihatan ganda, bahkan sakit kepala. Ketegangan mata ini juga bisa disebabkan oleh dehidrasi.

Kedua kasus ini, baik mata kering maupun mata tegang, bisa coba diatasi dengan minum banyak air. Air akan membantu membuang garam dalam tubuh dan melembabkan mata.

Penyebab mata cekung

Nah jika kondisi mata kering dan mata tegang dibiarkan terus-menerus tapa penanganan yang layak, lama kelamaan kondisi mata akan memburuk dan terjadilah mata cekung.

Kasus ini lebih sering terjadi pada anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa. Jika mata cekung dibarengi dengan diare dan muntah, berarti kondisinya sudah cukup parah.

Tentu Anda harus segera menemui dokter jika gejala-gejala di atas terlihat jelas. Itu adalah pertanda dehidrasi serius yang tidak bisa dipandang remeh.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tentu, mata kering, mata tegang, atau mata cekung yang disebabkan oleh dehidrasi bisa diatasi dengan meminum air dalam jumlah yang cukup

Anda mungkin pernah mendengar anjuran minum 8 gelas air sehari, tapi itu tidak sepenuhnya benar. Kondisi setiap orang berbeda-beda, tergantung kegiatan fisik sehari-hari.

Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board, anjuran minum air putih yang tepat adalah  2,7 liter per hari bagi wanita dan 3,7 liter per hari bagi pria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *