Tips Memilih Celana Yoga yang Nyaman dan Adem

Olahraga yoga menjadi salah satu latihan yang sangat cocok untuk semua usia, bahkan anak-anak. Yoga merupakan olahraga yang memiliki risiko cedera cukup rendah dibandingkan dengan latihan lainnya. 

Akan tetapi, supaya Anda semakin nyaman saat bergerak, ada baiknya memerhatikan semua yang dikenakan, seperti pemilihan celana yoga, sport bra, hingga matras. 

Celana yoga menjadi salah satu pelengkap yang sangat menentukan kebebasan dalam bergerak. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba gunakan saat memilih celana yoga supaya tetap nyaman saat bergerak.

celana yoga terbaik

1. Pilih celana yoga sesuai jenis latihan

Menemukan celana yoga terbaik akan tergantung pada jenis yoga yang ingin Anda latih, serta preferensi pribadi.

Hot yoga

Bagi Anda yang ingin melakukan hot yoga sebaiknya hindari pilihlah celana yoga yang mudah dikenakan, berukuran pendek dan memudahkannya bernapas. Legging panjang bisa membuat Anda menjadi lebih panas dan membatasi ruang gerak selama melakukan yoga. 

Selain itu, sebelum membeli jenis celana yoga apapun, sebaiknya saat mencobanya, cobalah untuk duduk dan membungkuk. Cara ini dapat menyelamatkan Anda dari ketidaknyamanan karena mengekspos lebih banyak kulit daripada hanya mencoba dengan cara berdiri dan berjalan.

Akan tetapi, jika Anda sama sekali tidak merasa nyaman dengan celana pendek, tidak apa-apa. Namun, pastikan Anda menemukan bahan celana yoga terbaik untuk memastikan tidak terlalu panas dan nyaman menggunakan celana yang lebih panjang.

Flow yoga 

Jika Anda berlatih flow yoga yang intens, celana yoga terbaik untuk Anda adalah sesuatu yang praktis, yang memungkinkan Anda melakukan urutan yoga dengan mudah dan tanpa harus terus-menerus menyesuaikan pakaian Anda. Karena itu, Anda bisa memilih celana yoga berukuran pendek maupun panjang, asalkan nyaman digunakan. 

2. Celana yoga yang pas 

Pada akhirnya, ini adalah pertanyaan tentang apa yang Anda rasa paling nyaman dan apa yang menurut Anda terbaik untuk bentuk tubuh. Jika terlalu ketat, Anda mungkin merasa tidak nyaman tetapi jika terlalu longgar, Anda akan terus-menerus perlu menyesuaikannya kembali selama latihan. Cobalah untuk mengingat beberapa hal ini:

Jika Anda tidak ingin celana yoga super ketat

Jika Anda adalah seseorang yang lebih menyukai celana yoga yang tidak memamerkan setiap lekuk tubuh, ada banyak pilihan untuk Anda seperti celana berpotongan lurus. Jenis Ini cenderung lebih menonjolkan pinggul dan dapat menyeimbangkan bentuk tubuh Anda lebih dari celana yoga yang pas.

Jika Anda melakukan restorative yoga

Jika latihan yoga Anda adalah tentang memperlambat tubuh dan pikiran, celana yoga terbaik adalah celana yang nyaman, longgar dan akan menjaga tubuh Anda pada suhu yang tepat untuk iklim tempat Anda berlatih.

Jika Anda menginginkan kenyamanan, celana berpinggang tinggi juga merupakan pilihan yang tepat karena celana ini dapat menahan bagian tengah tubuh dengan baik daripada celana berpinggang rendah.

Jika berlatih vinyasa yoga

Umumnya, celana yoga yang pas dengan bentuk tubuh akan menjadi celana yoga terbaik untuk Anda. Alasan utamanya adalah celana yoga yang pas memungkinkan Anda untuk bergerak lebih bebas melalui urutan yoga dan memudahkan untuk memantau gerakan, postur, dan gerakan Anda. Jenis celana yoga ini mungkin sangat penting jika Anda melakukan aliran yoga yang lebih cepat, seperti gerakan vinyasa atau ashtanga, di mana gerakan itu sangat penting. Meskipun celana yoga pas adalah gaya yang direkomendasikan untuk gaya yoga yang lebih intens, pastikan bahannya fleksibel! 

3. Bahan

Saat menemukan celana yoga terbaik untuk rutinitas, Anda harus menemukan bahan yang nyaman untuk beraktivitas. Jika Anda menginginkan celana yoga untuk segala jenis olahraga yang melibatkan keringat, Anda juga harus mencari bahan yang menyerap kelembapan dengan mudah — bahan semacam ini menyerap keringat dari kulit, yang dapat membantu Anda tetap kering dan lebih dingin.

Di sisi lain, beberapa bahan cenderung lebih mudah menyerap keringat, artinya jika Anda memakainya untuk berolahraga, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman dan berkeringat. Pertimbangkan bahan-bahan berikut saat Anda mencoba mencari celana yoga:

Campuran sintetis

Umumnya, bahan sintetis dianggap sebagai bahan terbaik saat melakukan olahraga apa pun yang menguras keringat karena cenderung lebih cepat kering dan bernapas lebih bebas daripada bahan alami seperti katun.

Beberapa bahan sintetis yang umum digunakan untuk celana yoga adalah campuran elastane (spandex), yang populer sebagai bahan pakaian aktif karena melar dan memudahkan tubuh Anda bergerak.

Campuran katun

Katun murni alami dan nyaman sehingga bisa menjadi bahan yang baik jika Anda berniat menggunakan celana yoga sebagai pakaian santai daripada untuk yoga. Namun, karena pakaian ini berpotensi menahan kelembapan sehingga mungkin bukan pilihan terbaik jika Anda melakukan bikram yoga atau cenderung berkeringat.

Jika Anda melakukan yoga yang lembut atau menenangkan, seperti hatha atau yin, campuran katun adalah pilihan yang baik. Bahan ini lembut dan tidak akan membatasi Anda dalam pose yang berlangsung untuk waktu yang lama. Sebagai alternatif, pilih campuran seperti katun dan elastane.

Bambu

Banyak brand kini memproduksi celana yoga yang merupakan perpaduan bambu. Bahan ini populer karena lembut, nyaman dan bernapas jauh lebih mudah daripada campuran katun. Bahan ini juga diyakini untuk mengusir bau lebih mudah daripada kapas atau merek sintetis.

5. Ketebalan

Faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan saat memilih celana yoga terbaik  adalah apakah leggingnya terlalu tebal. Jika Anda pernah berolahraga dengan legging yang sedikit melar dan sangat tebal, maka Anda mungkin tahu betapa tidak nyaman dan frustasinya hal ini.

Celana yoga terbaik untuk berlatih harus ringan dan memungkinkan Anda bergerak dengan mudah dan nyaman melalui pose yoga serta tidak terlalu tembus pandang! Salah satu cara untuk memastikan bahwa celana tersebut adalah celana yoga terbaik untuk Anda adalah dengan melakukan sedikit gerakan latihan di ruang ganti saat Anda mencoba celana tersebut. 
Jika Anda dapat menekuk lutut atau membungkuk dengan mudah — dan tanpa terlihat di kulit maka seharusnya celana yoga tersebut baik-baik saja. Bagi Anda yang cenderung berbelanja online, periksa ulasan produk sebelum membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *