Selain Bedak Salicyl, Ini Cara Atasi Biang Keringat

Selain Bedak Salicyl, Ini Cara Atasi Biang Keringat

Biang keringat juga dikenal dengan sebutan heat rash atau miliaria tidak hanya merupakan sebuah kondisi yang menyerang bayi saja, tetapi juga dapat terjadi pada orang dewasa, terutama pada saat cuaca panas dan sangat lembap.

Biang keringat terjadi ketika pori-pori yang tersumbat (kelenjar keringat) memerangkap perpirasi di bawah kulit. Gejalanya bervariasi, mulai dari lepuhan kecil hingga benjolan kemerahan.

Beberapa bentuk biang keringat dapat terasa seperti tusukan-tusukan kecil ataupun sangat gatal. Biang keringat biasanya akan hilang dengan sendirinya, terutama apabila Anda menggunakan bedak salicyl untuk membantu meredakan gejala yang timbul. Bentuk parah dari kondisi ini membutuhkan perawatan medis, namun cara terbaik untuk meredakan gejala yang ditimbulkan adalah dengan mendinginkan kulit dan mencegah keringat. 

Gunakan bedak salicyl segera apabila Anda menderita gejala biang keringat. Orang dewasa biasanya memiliki biang keringat di lipatan kulit dan di mana kulit sering mendapatkan gesekan terhadap pakaian. Untuk anak-anak, ruam biasanya ditemnukan di leher, pundak, dan dada. Ruam juga dapat muncul di ketiak, siku, dan selangkangan. Jenis biang keringat atau miliaria diklasifikasikan tergantung pada seberapa dalam saluran keringat yang tersumbat. Gejala dan tanda bervariasi dari satu jenis ke jenis lainnya. 

  • Bentuk biang keringat paling ringan (miliaria crystallina) memengaruhi kelenjar keringat di lapisan atas kulit. Bentuk ini ditandai dengan lepuhan dan benjolan berisi cairan dan bening yang mudah pecah. 
  • Jenis yang terjadi lebih dalam di kulit (miliaria rubra) terkadang disebut “prickly heat”. Tanda dan gejala jenis ini di antaranya adalah benjolan berwarna merah dan rasa gatal atau tertusuk di daerah tersebut. 
  • Terkadang, kantung berisi cairan (vesicle) miliaria rubra akan meradang dan berisi nanah (pustular). Bentuk ini dikenal dengan sebutan miliaria pustulosa. 
  • Biang keringat yang lebih jarang dijumpai (miliaria profundal) memengaruhi dermis, lapisan lebih dalam kulit. Keringat yang tertampung bocor keluar dari kelenjar keringat di kulit, menyebabkan lesi berwarna seperti daging dan padat yang mirip dengan kondisi saat kulit merinding. 

Biang keringat biasanya akan sembuh dengan cara mendinginkan kulit menggunakan bedak salicyl atau menghindari paparan panas yang menyebabkannya. Namun, hubungi dokter apabila Anda atau anak menderita gejala biang keringat yang terus terjadi selama beberapa hari, atau ruam bertambah menjadi parah dan Anda melihat adanya tanda-tanda infeksi, seperti kemerahan dan pembengkakan yang menyakitkan di daerah sekitar ruam, lesi keluar nanah, kelenjar getah bening yang membengkak di leher, ketiak, dan selangkangan, serta disertai dengan demam dan tubuh menggigil. 

Menghindari panas berlebih adalah hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi ruam kulit akibat biang keringat. Setelah kulit mulai mendingin, biang keringat akan hilang dengan cepat. Bentuk biang keringat yang lebih parah membutuhkan penggunaan salep yang perlu Anda oleskan untuk mengatasi rasa tidak nyaman dan mencegah terjadinya komplikasi yang lebih parah. Contoh penggunaan perawatan topikal tersebut adalah bedak salicyl, lotion calamine untuk meredakan rasa gatal, anhydrous lanolin untuk membantu mencegah penyimbatan saluran dan menghentikan pembentukan lesi baru, dan topical steroid untuk kasus-kasus yang lebih serius. 

Selain menggunakan bedak salicyl, Anda juga bisa mengatasi gejala ruam kulit akibat biang keringat dengan cara memakai pakaian yang longgar dan sejuk saat udara panas, menghabiskan lebih banyak waktu di ruangan yang dingin, mandi menggunakan air dingin dengan sabun yang tidak embuat kering, menggunakan lotion calamine atau kompres dingin untuk menenangkan kulit yang iritasi dan gatal, dan menghindari krim dan salep yang mengandung petroleum atau minyak mineral yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *