Radiologi RS Banyumanik, Apa Itu Sinar-X?

Sinar-X, atau X-ray, merupakan tes pencitraan yang umum dilakukan dan telah digunakan selama berpuluh-puluh tahun. Sinar-X merupakan bagian dari fasilitas radiologi di RS Banyumanik. Prosedur ini dapat membantu dokter melihat bagian dalam tubuh tanpa harus membuat bukaan atau sayatan. Hal ini tentunya dapat mempermudah dokter dalam mendiagnosis, memantau, dan merawat berbagai macam kondisi atau gangguan kesehatan.

Profil | RS Banyumanik

Jenis sinar-X yang berbeda digunakan untuk tujuan yang berbeda pula. Misalnya, dokter Anda dapat melakukan mammogram untuk memeriksa payudara. Atau dokter dapat menggunakan sinar-X dengan sebuah barium enema untuk melihat saluran gastrointestinal dengan lebih jelas. Namun, ada beberapa risiko dalam prosedur sinar-X. Namun, bagi kebanyakan orang, potensi manfaat yang didapatkan dari sinar-X melebihi risiko tersebut. 

Anda bisa mendapatkan sinar-X di RS Banyumanik apabila dokter ingin memeriksa daerah di mana Anda merasakan rasa nyeri atau ketidaknyamanan, memantau perkembangan penyakit yang telah terdiagnosa seperti osteoporosis, dan memeriksa seberapa baik perawatan yang telah diresepkan bekerja. Kondisi yang memerlukan sinar-X di antaranya adalah kanker tulang, tumor payudara, jantung yang membesar, pembuluh darah yang tersumbat, kondisi yang mempengaruhi paru-paru, gangguan pencernaan, retak tulang, infeksi, osteoporosis, arthritis, gigi berlubang, dan perlu mengeluarkan benda yang tertelan. 

Persiapan dan prosedur

Sinar-X adalah prosedur standar. Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak membutuhkan langkah-langkah khusus untuk mempersiapkan prosedur ini. Tergantung daerah tubuh yang dokter dan radiologist periksa, Anda mungkin ingin memakai pakaian yang longgar dan nyaman yang membuat Anda dapat bergerak dengan mudah. Dokter juga mungkin akan meminta Anda untuk melepaskan perhiasan atau benda-benda logam pada tubuh Anda sebelum sinar-X dilakukan. Selalu beritahu dokter atau radiologist apabila Anda memiliki implant logam di dalam tubuh. Implant tersebut dapat menghambat sinar-X untuk menembus tubuh dan menciptakan gambar yang jelas. 

Dalam beberapa kasus, Anda perlu mengonsumsi bahan pengontras atau “contrast dye” sebelum prosedur sinar-X. Zat ini dapat meningkatkan kualitas gambar yang diambil. Zat tersebut dapat mengandung iodine atau senyawa barium. Tergantung alasan mengapa sinar-X perlu dilakukan, contrast dye dapat diberikan dalam beberapa cara, seperti lewat cairan yang Anda telan, disuntikkan ke dalam tubuh, atau diberikan sebagai enema sebelum tes dilakukan. Apabila Anda akan mendapatkan sinar-X untuk memeriksa saluran gastrointestinal, dokter dapat meminta Anda untuk melakukan puasa selama beberapa waktu sebelum prosedur. Anda perlu menghindari makan apapun saat puasa. Dan Anda juga perlu membatasi atau menghindari minum cairan tertentu sepenuhnya. Dalam beberapa kasus, mereka akan meminta Anda untuk minum obat-obatan untuk membersihkan usus. 

Dokter atau radiologist dapat melakukan sinar-X di departemen radiologi di rumah sakit seperti di RS Banyumanik. Dokter akan memberitahu posisi tubuh untuk menciptakan gambar yang jelas. Dokter dapat meminta Anda untuk duduk, berbaring, atau berdiri dalam beberapa posisi pada saat pemeriksaan. Tes selesai ketika radiologist puas dengan gambar yang mereka dapatkan. Sinar-X menggunakan radiasi untuk menciptakan gambar dalam jumlah kecil. Level paparan radiasi dianggap aman bagi kebanyakan orang dewasa, namun tidak aman untuk bayi yang sedang berkembang. Apabila Anda sedang hamil, beritahu dokter sebelum melakukan prosedur sinar-X. Dokter dapat menyarankan metode pencitraan yang lain, misalnya MRI. Apabila Anda mendapatkan sinar-X untuk membantu diagnosis kondisi yang menyakitkan, misalnya tulang yang patah, Anda dapat merasakan rasa nyeri atau tidak nyaman pada saat tes berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *