Prosedur Perawatan Gigi Dasar di Happy Dental Clinic

Menyikat gigi adalah salah satu metode dasar untuk melakukan perawatan gigi mandiri di rumah. Namun ternyata menyikat gigi saja tidak cukup, Anda harus melakukan perawatan di dokter gigi. Salah satu dokter gigi di Jakarta Barat yang bisa Anda datangi ialah Happy Dental Clinic.

Perawatan di Happy Dental Clinic

Menyikat gigi dan menggunakan benang gigi secara teratur dapat mencegah munculnya karies, namun keduanya tidak bisa membersihkan gigi secara menyeluruh. Itu biasa membuat menumpuknya plak yang bisa menyebabkan karang gigi hingga akhirnya bisa menyebabkan gigi berlubang.

Menurut WHO, gigi berlubang dan penyakit gusi merupakan hal yang umum terjadi. Meski begitu, jangan menunggu sampai Anda memiliki gejala masalah gigi untuk mendatangi klinik gigi. Ada beberapa gejala terkait masalah gigi yang harus Anda waspadai seperti:

  • Luka di area mulut yang tidak sembuh dalam kurun waktu dua minggu.
  • Gusi berdarah atau berdarah setelah menyikat gigi.
  • Bau mulut kronis
  • Lebih sensitif saat mengonsumsi makanan atau minuman panas dan dingin.
  • Sakit pada gigi.
  • Gusi merah atau bengkak.
  • Gigi tanggal atau copot.
  • Gigi goyyang.
  • Nyeri saat mengunyah dan menggigit makanan.
  • Pipi terlihat bengkak.

Jika mengalami gejala tersebut, Anda harus langsung mendatangi dokter gigi. Karena gejala tersebut mengarah ke masalah gigi seperti gingivitis dan periodontitis. Gingivitis bisa membuat gusi membengkak dan memerah yang umumnya disebabkan oleh penumpukan plak.

Kondisi gingivitis yang tidak mendapatkan penanganan tepat dari dokter gigi akan berkembang menjadi periodontitis. Masalah tersebut bisa membuat munculnya nanah bahkan bisa membuat gigi tanggal.

Penumpukan plak tidak hanya bisa menyebabkan kedua masalah tersebut, namun juga bisa membuat gigi berlubang, gusi berdarah saat menyikat gigi hingga bau mulut.

Happy Dental Clinic, memiliki sejumlah perawatan dasar yang bisa berguna untuk mencegah penumpukan plak penyebab gingivitis dan periodontitis. Sekaligus memberikan pengobatan bagi Anda yang memiliki masalah pada gigi. Berikut rekomendasi perawatannya.

  1. Scaling

Scaling merupakan prosedur umum untuk menghilangkan plak yang mengeras. Plak yang sudah mengeras tidak dapat dihilangkan hanya dengan menyikat gigi. Biasanya scaling disarankan oleh dokter gigi sebagai salah satu cara untuk mengobati periodontal kronis.

Prosedur scaling di Happy Dental Clinic menggunakan air bertekanan ringan dari alat ultrasonic. Ada tiga jenis scaling yang tersedia di Happy Dental Clinic antara lain:

  • Regular scaling

Scaling standar dengan menggunakan alat ultrasonic kemudian dilanjutkan dengan prosedur polishing guna menghaluskan permukaan gigi agar plak tidak mudah menempel.

  • Oxygene scaling

Pasien yang sudah melakukan pembersihan karang gigi dan polishing akan diberikan oxygene mouthwash untuk berkumur guna mempercepat penyembuhan pada peradangan gusi serta meminimalisir gigi sensitif setelah prosedur scaling.

  • Oxygene scaling and protection

Prosedur gabungan dari regular dan oxygene scaling serta ditambah dengan pemberian gel berfluoride untuk memperkuat gigi serta mencegah gigi berlubang. 

  1. Tambal Gigi

Penambalan gigi berguna untuk memperbaiki gigi yang rusak atau membusuk kemudian memberikan tambalan pada area gigi yang rusak tersebut. Prosedur ini juga agar kerusakan pada gigi tidak terus terjadi.

Guna menjaga gigi yang ditambal, maka Anda harus menjaga kebersihan gigi dengan baik salah satu caranya dengan rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride.

  1. Cabut Gigi

Mencabut gigi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan gigi yang sudah membusuk. Ini dilakukan jika kerusakan gigi meluas ke pulpa yang tidak lagi bisa diobati dengan terapi saluran akar. Gigi yang membusuk bisa membuat jaringan disekitarnya mengalami infeksi dan menyebabkan pembengkakan bahkan kista.

Selain perawatan dasar diatas, Happy Dental Clinic juga menyediakan prosedur perawatan lainnya seperti perawatan gigi estetik, pemasangan kawat gigi, implan dan prosedur bedah minor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *