Prodia Medan dan Berbagai Tes Kesehatan Jantung

Prodia sudah terkenal sebagai laboratorium terpercaya yang menyediakan banyak layanan pemeriksaan kesehatan yang lengkap. Cabang Prodia pun sudah di mana-mana. Salah satunya ada Prodia Medan yang berlokasi di Jalan Jenderal Gatot Subroto Nomor 129, Sei Sikambing C. II, Medan Helvetia. Salah satu layanan unggulan dari cabang Prodia yang satu ini adalah pengecekan elektrokardiogram yang merupakan salah satu jenis tes kesehatan jantung. 

Tentunya, pengecekan kesehatan jantung bukan hanya bisa lewat elektrokardiogram. Banyak tes lainnya yang dapat memperlihatkan ada tidaknya masalah di jantung Anda. 

Berikut ini adalah beberapa tes kesehatan jantung yang mungkin suatu saat perlu Anda jalani. Pengecekan kesehatan jantung secara dini pada dasarnya bisa meminimalkan risiko keparahan penyakit jantung sehingga kualitas hidup Anda dapat lebih terjaga. 

Echocardiogram 

Echocardiogram merupakan tes yang menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar jantung Anda. Tes umum ini memungkinkan dokter melihat bagaimana jantung Anda berdetak dan bagaimana darah bergerak melalui jantung Anda. Gambar dari echocardiogram juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi berbagai kelainan pada otot dan katup jantung. Tes ini dapat dilakukan saat Anda sedang istirahat atau dengan olahraga untuk meningkatkan detak jantung. 

TEE

TEE merupakan singkatan dari trans esofageal echocardiogram. Secara umum, tes ini sangat mirip dengan echocardiogram. Hanya saja, gelombang suara yang digunakan untuk menghasilkan gambar lebih khusus, yaitu berjenis ultrasonik. Lewat TEE, gambar jantung yang ditampilkan jauh lebih jelas daripada echocardiogram standar yang dilakukan di dada Anda. Biasanya tes jantung yang satu ini baru direkomendasikan apabila hasil echocardiogram standar tidak cukup jelas untuk membuat diagnosis atas suatu kecurigaan. 

Elektrokardiogram 

Ini dia tes jantung yang paling umum. Anda pun dapat melakukan tes ini di berbagai laboratorium, tidak terkecuali di Prodia Medan. Tes elektrokardiogram merupakan tes yang mengukur aktivitas listrik detak jantung untuk memberikan dua jenis informasi. Pertama, dengan mengukur interval waktu pada elektrogradiogram atau EKG, dokter dapat menentukan berapa lama gelombang listrik melewati jantung Anda. Selain itu, tes ini juga bisa menunjukkan apakah aktivitas listrik di jantung normal, lambat, cepat, atau tidak teratur. Lewat tes ini pula, dokter ahli jantung dapat mungkin dapat mengetahui apakah bagian jantung terlalu besar atau terlalu banyak bekerja.

CT Scan 

CT scan yang merupakan pencitraan sinar X identik dengan pemeriksaan untuk kepala. Namun sejatinya, tes ini juga bisa dilakukan untuk memantau kondisi berbagai organ tubuh Anda, tidak terkecuali jantung. Tes CT scan dapat digunakan untuk memeriksa jantung dan pembuluh darah Anda memiliki masalah atau tidak, yang tergambar lewat hasil pencitraan sinar X yang dilakukan. 

MRI 

Sesuai namanya, MRI atau singkatan dari magnetic resonance imaging menggunakan medan magnet dan gelombang frekuensi radio untuk membuat gambar detail organ dan struktur di dalam tubuh Anda. Ini dapat digunakan untuk memeriksa jantung dan pembuluh darah Anda sehingga dokter dapat melakukan identifikasi terkait masalah yang Anda alami. Beberapa kondisi jantung yang bisa tergambar dari tes MRI adalah pengkajian struktur jantung sampai fungsi katup jantung. 

Tes Stres Jantung 

Tes stres jantung atau latihan jantung dapat menunjukkan apakah suplai darah jantung Anda cukup dan apakah irama jantung Anda normal selama berolahraga di treadmill atau sepeda stasioner. Tes ini memantau tingkat kelelahan, detak jantung, pernapasan, tekanan darah, dan aktivitas jantung Anda saat berolahraga. Tes ini dapat dilakukan dalam kombinasi dengan pencitraan nuklir atau echocardiogram. 

***  

Periksalah kesehatan Anda secara rutin di Prodia Medan maupun fasilitas kesehatan lainnya. Dengan pemeriksaan yang rutin, risiko keparahan suatu penyakit, termasuk kondisi jantung Anda, bisa dikurangi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *