Potensi Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh

Daun binahong, yang memiliki nama latin Anredera cordifolia, merupakan tanaman merambat yang dapat tumbuh hingga panjang 6 meter. Daun binahong berasal dari Amerika Serikat, dan diklasifikasikan sebagai bagian keluarga Basellaceae. Di Indonesia, daun binahong sering digunakan sebagai obat tradisional karena manfaat daun binahong yang dapat mengobati diabetes, meredakan sesak napas, menstabilkan tekanan darah, mengatasi batuk dan muntah darah, serta mempercepat proses penyembuhan luka akibat.

daun binahong

Manfaat daun binahong tersebut ada berkat senyawat aktif yang terkandung di dalamnya, seperti saponin, polifenol, flavonoid, alkaloid, dan glycoside. Senyawa-senyawa tersebut memiliki efek proses penyembuhan luka.

Ekstrak daun binahong dibuat untuk mendapatkan kandungan senyawa aktif  yang memiliki sifat anti peradangan, antioksidan, anti bakteri, dan analgesic. Beberapa penelitian telah dilakukan guna membuktikan manfaat daun binahong. Adapaun manfaat dari daun bermanfaat tersebut adalah:

  • Mempercepat proses penyembuhan luka

Studi menunjukkan bahwa manfaat daun binahong salah satunya adalah untuk menyembuhkan luka. Ekstrak daun binahong terbukti memberikan efek positif terhadap proses penyembuhan luka rahim kelinci pasca persalinan; penyembuhan luka akibat infeksi S. aureus pada tikus; berkurangnya luka bakar pada daerah permukaan kulit pada tikus Sprague Dawley; dan mempercepat proses penyembuhan luka gores pada tikus swiss Webster. Untuk mendapatkan manfaat penyembuhan luka tersebut, Anda hanya perlu menghaluskan daun binahong dan mengoleskannya pada kulit yang luka. Dengan senyawa antioksdan yang terkandung di dalamnya, manfaat daun binahong dapat menutup jaringan luka. Sifat antiseptik daun binahong juga dapat mencegah terjadinya infeksi atau peradangan pada daerah luka.

  • Mencegah penyakit ginjal dan kanker

Selain efektif dalam mempercepat penyembuhan luka, manfaat daun binahong lain adalah kemampuannya dalam mencegah beberapa penyakit kronis berbahaya, seperti penyakit ginjal dan kanker. Seperti yang Anda tahu, ginjal memainkan peran yang penting dalam kesehatan fungsi tubuh, yaitu menjaga kadar kreatinin dalam keadaan normal. Apabila sesuatu terjadi pada ginjal, level kreatinin akan meningkat. Dengan konsumsi jus daun binahong, Anda dapat menurunkan kadar kreatinin tersebut.

Daun binahong juga memiliki manfaat dalam mencegah penyakit kanker, berkat senyawa antioksidan yang dimilikinya, seperti lutein, zeaxanthin, dan betakaroten.

  • Menyehatkan wajah, rambut, dan kulit

Manfaat daun binahong tidak berhenti dalam menjaga kesehatan tubuh saja, tetapi juga dapat mempercantik tampilan kulit dan rambut. Daun binahong dapat membuat wajah tampak lebih cerah berkat kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat melawan radikal bebas. Daun binahong juga tidak hanya akan membuat kulit semakin cerah, tetapi juga kencang, bebas keriput, dan tampak awet muda. Anda bisa menghaluskan daun binahong dan menggunakannya sebagai masker setelah mandi. Diamkan masker selama 30 menit sebelum membilasnya dengan bersih.

Karena daun binahong memiliki sifat antibakteri, masker daun binahong efektif menjadi perawatan jerawat yang mengganggu. Senyawa antibakteri tersebut akan membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit dan membuat kulit menjadi lebih mulus. Tidak hanya wajah dan kulit saja, rambut juga bisa mendapatkan manfaat daun binahong. Kandungan nutrisi yang melimpah di daun tersebut dapat membuat rambut menjadi lebih sehat, tidak rontok, dan lebih kuat.

Penting diingat meskipun manfaat daun binahong bagi kesehatan dan kecantikan tubuh melimpah, penggunaan daun ini perlu berhati-hati mengingat ada efek samping yang perlu dihindari. Hindari konsumsi daun ini bersamaan dengan kopi ataupun teh karena dapat menyebabkan pusing, mual dan muntah, insomnia atau sulit tidur, jantung yang berdebar, dan kegelisahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *