Pilihan Obat Alergi untuk Anda, Bantu Ringankan Gejala Alergi

Obat alergi tersedia dalam bentuk pil, sirup, inhaler, semprotan hidung, hingga obat tetes mata. Obat-obat ini sangat penting untuk membantu mengurangi reaksi alergi.

Ada berbagai macam bentuk alergi, setiap orang mungkin mengalami masalah berbeda-beda. Pasalnya, alergi sangat umum terjadi. Ada begitu banyak orang yang mengalami masalah alergi.

Alergi atau reaksi alergi terjadi ketika sistem imun tubuh Anda bereaksi terhadap sesuatu  yang seharusnya tidak mengancam kesehatan Anda. Pemicu ini disebut alergen, dapat mencakup debu, serbuk sari, bulu hewan, hingga makanan tertentu.

Reaksi alergi yang umum terjadi adalah kulit gatal-gatal, hidung tersumbat, mengi, dan ruam. Misalnya, ada banyak orang mengalami alergi bulu kucing, ada pula yang mengalami alergi makanan, misalnya terhadap kacang.

Nah reaksi alergi dimulai ketika Anda bersentuhan dengan alergen tersebut, entah terhirup, tertelan, atau menyentuh kulit Anda.

Lantas, tubuh Anda memproduksi protein yang disebut lgE. Protein ini menangkap alergen, kemudian histamin dan bahan kimia lain dilepas ke aliran darah Anda. Inilah yang menyebabkan terjadinya gejala.

Nah saat gejala muncul, Anda membutuhkan obat alergi untuk meringankan gejala tersebut.

Gejala alergi

Gejala alergi juga berbeda-beda, tergantung bagaimana proses Anda terpapar. Bisa melalui udara, makanan, atau misalnya terkena sengatan serangga. Artinya, obat alergi juga berbeda-beda.

Jika Anda memiliki alergi yang dipicu oleh sesuatu yang Anda hirup, ada beberapa gejala umum yang mungkin terjadi:

  • Mata gatal dan berair
  • Bersin-bersin
  • Hidung gatal dan berair

Lalu bagi Anda yang memiliki alergi kulit terhadap benda asing tertentu, biasanya Anda akan mengalami gatal-gatal, ruam, hingga bercak merah yang menonjol. Alergi makanan dapat menyebabkan kram perut, muntah-muntah, hingga diare.

Anda dapat mengalami gejala ringan hingga gejala berat. Sebagian besar gejala tersebut akan hilang begitu Anda tidak lagi terpapar dengan alergen.

Memilih obat alergi

Obat alergi bisa Anda dapatkan dengan bebas di apotek, tetapi ada juga beberapa obat yang memerlukan resep dokter.

Perlu Anda ketahui, secara umum tidak ada obat alergi yang dapat menyembuhkan, tetapi ada beberapa obat yang dapat membantu meringankan dan mengobati gejala yang mengganggu seperti hidung tersumbat dan pilek.

Obat-obat tersebut dibagi dalam beberapa kelompok, yaitu antihistamin, dekongestan, kortikosteroid, dan beberapa lainnya.

1. Antihistamin

Antihistamin telah dipercaya selama bertahun-tahun untuk meringankan gejala alergi. Ada dalam bentuk pil, sirup, nasal spray, atau tetes mata.

Cara kerja

Ketika Anda terekspos dengan alergen, sistem kekebalan tubuh Anda akan terpicu. Reaksi imun tubuh Anda cenderung berlebihan dan akan mengeluarkan zat yang disebut histamin. Histamin menyebabkan pembesaran pembuluh darah, kemrehan, bengkak, dan gatal. Nah, antihistamin bekerja dengan cara memblokir histamin tersebut.

Efek samping

Ada beberapa obat antihistamin dapat menyebabkan kantuk, ada pula yang tidak.

Contoh obat

  • Clorphenamine
  • Hydroxyine
  • Promethazine
  • Cetrizine
  • Fexofenadine
  • Loratadine

2. Dekongestan

Dekongestan adalah obat yang dapat meredakan hidung tersumbat dan sering diresepkan bersama dengan antihistamin untuk mengatasi reaksi alergi. Obat ini juga tersedia dalam bentuk nasal spray, tetes mata, dan pil.

Cara kerja

Selama terjadi reaksi alergi, jaringan di hidung Anda mungkin membengkak sebagai reaksi terhadap kontrak dengan alergen. Pembengkakan ini menghasilkan cairan dan lendir. Nah, dekongestan bekerja dengan cara mengecilkan pembengkakan jaringan hidung dan pembuluh darah tersebut. Lantas gejala hidung bengkak, tersumbat, dan ingus akan berkurang.

Efek samping

Dekongestan mungkin meningkatkan tekanan darah. Akibatnya, obat ini tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki masalah tekanan darah atau glaukoma.

Contoh obat

  • Pseudoephedrine
  • Phenylephrine
  • Oxymetazoline

3. Kortikosteroid

Steroid diperlukan untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat reaksi alergi. Obat ini juga dapat membantu Anda meringankan gejala hidung tersumbat, bersin-bersin, dan gatal-gatal pada wajah.

Cara kerja

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi peradangan di dalam saluran hidung, sehingga dapat meredakan gejala alergi yang terjadi di hidung Anda. Steroid sangat efektif untuk mengatasi alergi, tetapi harus diminum secara teratur untuk mendapatkan efek maksimal.

Efek samping

Penggunaan steroid dalam jangka panjang mungkin menimbulkan berbagai efek samping, tergantung penggunaannya.

Contoh obat

  • Beclomethasone
  • Ciclesonide
  • Fluticasone furoate
  • Budesonide
  • Fluticasone
  • Triamcinolone
  • Dexamethasone

4. Mast Cell Stabilizers

Mast cell stabilizer dapat digunakan untuk mengatasi gejala rinitis dan alergi mata. Obat ini dapat mengatasi peradangan ringan hingga sedang. Obat ini tersedia dalam bentuk tetes mata untuk mengatasi mata merah dan semprotan hidung untuk gejala alergi hidung.

Cara kerja

Mast cell stabilizer mencegah pelepasan histamin dari mast cells. Sebagian obat ini juga memiliki efek antiinflamasi, meski tidak sebaik steroid.

Efek samping

Obat ini dapat menyebabkan berbagai reaksi efek samping seperti iritasi tenggorokan, batuk, dan ruam kulit. Obat dalam bentuk tetes mata juga dapat menyebabkan sensasi terbakar atau perih.

Contoh obat

  • Cromolyn sodium
  • Lodoxamide-tromethamine
  • Nedocromil
  • Pemirolast

5. Allergy shots

Allergy shot adalah suntikan alergi untuk membantu tubuh Anda membiasakan diri menghadapi alergen. Sebenarnya suntikan alergi tidak termasuk obat, tapi ini dapat membantu mengurangi gejala Anda.

Suntikan alergi juga biasa disebut imunoterapi. Biasanya cara ini diambil ketika obat-obatan tidak cukup untuk mengatasi reaksi alergi Anda.

Seberapa sering?

Pada awalnya, mungkin Anda perlu mendapatkan suntikan alergi dua pekan sekali selama beberapa bulan. Dosis akan meningkat, tubuh Anda membiasakan diri, dan setelahnya jarak antar suntikan bisa melebar jadi beberapa bulan sekali, bahkan hingga hitungan tahun.

Efektivitas

Secara umum, efektivitas suntikan alergi juga bergantung pada seberapa parah gejala Anda. Umumnya suntikan alergi dapat mengatasi masalah alergi terhadap sengatan lebah, serbuk sari, tungau, dan bulu hewan.

Sayangnya, suntikan alergi tidak dapat digunakan untuk mengatasi alergi makanan atau alergi terhadap obat-obatan.

Nah itu dia pilihan obat alergi yang bisa Anda coba untuk meringankan gejala alergi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *