Perbedaan Oral Hairy Leukoplakia dan Leukoplakia Adalah

Apakah Anda mempunyai bercak putih pada bagian mulut? Kemungkinan besar Anda terkena oral hairy leukoplakia? Oral hairy leukoplakia adalah salah satu penyakit mulut yang mempunyai ciri berupa warna putih keabuan, terdapat rambut pada tepi lidah, dan mempunyai permukaan karpet lidah yang kasar.

Penyakit ini karena mempunyai ciri umum berupa bercak putih sering disamakan dengan leukoplakia.

Padahal dalam beberapa hal keduanya berbeda. Lalu apa saja perbedaan keduanya? Simak di bawah ini sampai tuntas!

Riwayat kesehatan

Riwayat kesehatan atau juga dikenal sebagai rekam medis merupakan salah satu cara untuk dapat melihat perbedaan antara kedua penyakit mulut dalam ini.

Riwayat kesehatan ini tentunya didapat melalui sejumlah wawancara dengan penderita kedua penyakit tersebut yang kemudian dapat dijadikan acuan selanjutnya.

Adapun pada Oral Hairy Leukoplakia adalah penyakit yang biasanya menyerang orang-orang yang menderita HIV, leukemia dengan penekanan respons imun atau imunosupresi, pasien yang sedang menjalani kemoterapi, dan yang sedang menjalani transplantasi organ. Penyebab utama OHL adalah virus Epstein Barr.

Sedangkan pada leukoplakia menyerang pada orang-orang yang gemar mengisap tembakau secara berlebihan atau perokok berat, pecandu alkohol, mempunyai cedera pada bagian dalam pipi, gigi patah, bergerigi, tajam yang sering menimbulkan gesekan pada lidah, pengguna gigi palsu, sifilis tersier, anemia sidrofenik, dan xerostomia.

Namun dari semua itu sebanyak 80% penyebab leukoplakia adalah melalui pengisapan tembakau secara berlebihan.

Gambaran bentuk

Selain riwayat kesehatan, perbedaan antara oral hairy leukoplakia dan leukoplakia adalah juga dilihat berdasarkan gambaran mengenai bentuknya.

Gambaran pada OHL umumnya tidak beraturan, unik, memiliki warna putih sama dengan leukoplakia namun berwarna keabuan, dan mempunyai rambut pada bagian tepi lidah, dan permukaan karpet lidah yang kasar.

Sedangkan pada leukoplakia adalah beragam. Bentuknya bisa kecil, namun juga bisa besar. Ada yang hanya menetap dalam satu area saja, namun ada juga yang menyebar kemudian terpisah-pisah dalam rongga mulut.

Selain itu, leukoplakia mempunyai ciri umum yang dapat bersifat homogen, nonhomogen, dan proliferatif.

Pada homogen, warna leukoplakia adalah berwarna putih dan bercak halus. Pada nonhomogen warna putih kemerahan dan permukaan bercak tidak beraturan.

Lalu bagaimana dengan yang proliferatif? Pada jenis leukoplakia biasanya bersifat agresif, berwarna putih, tidak beraturan, dan sering tanpa gejala.

Tempat terjadinya penyakit

Pada OHL lokasi atau tempat terjadinya penyakit adalah bercak pada bagian bilateral dan unilateral di bagian pinggir lidah. 

Itu berarti bercak ini tidak mengenai mukosa mulut, yaitu bukal dan labial, dasar mulut, palatum lunak, dan orofarings.

Sedangkan leukoplakia terjadi pada mukosa bukal, mukosa mandibula, pipi, mukosa rahang bawah, dan sulkus.

Gambaran histopatologis 

Gambaran histopatologis juga dapat melihat perbedaan antara OHL dan leukoplakia. Histopatologis diperlukan sebagai gambaran untuk diagnosis penyakit.

OHL biasanya mempunyai gambaran histopatologis berupa hiperkeratosis atau penebalan kulit yang tidak teratur karena adanya rambut, hiperplasia epitel yang disertai dengan gangguan kulit, adanya vakuol sel serta edema pada jaringan epitel bawah. Untuk leukoplakia adalah adanya hiperkeratosis, displasia epitel, dan infiltrasi sel radang.

Diagnosis

Meskipun terdapat perbedaan, kedua penyakit ini mempunyai persamaan dalam hal diagnosis. Adapun diagnosis yang biasanya dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik dan lisan yang kemudian dilanjutkan dengan biopsi.

Pemeriksaan biopsi ini adalah untuk memastikan penyebab awal munculnya oral hairy leukoplakia dan leukoplakia sekaligus mengetes awal terjadinya kanker mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *