Perawatan Psoriasis Menggunakan Argan Oil, Benarkah Terbukti Efektif?

Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyerang kulit di badan, kulit kepala, kuku, dan terkadang persendian. Penyakit ini menyebabkan sel-sel di kulit tumbuh lebih cepat dibandingkan waktu normal. Kulit akan mengalami ruam, gatal-gatal, pecah-pecah, bersisik, bahkan sampai sakit dan berdarah. 

Sistem imun penderita menyerang diri sendiri dan akan semakin parah jika terpapar faktor lain seperti terkena sinar matahari, stres, konsumsi alkohol berlebihan, atau merokok. Untuk menjaga kulit agar tidak kering, bersisik, dan pecah-pecah diperlukan pelembab, salah satunya argan oil. Meskipun, terdapat berbagai manfaat lain argan oil selain sebagai pelembab saja. 

Apakah psoriasis bisa disembuhkan?

Pada dasarnya, tidak ada obat untuk menyembuhkan psoriasis sehingga membutuhkan perawatan seumur hidup. Fakta ini menyebabkan penderita semakin stres, cemas, depresi, bahkan kehilangan produktivitas. Perawatan psoriasis bertujuan untuk mengurangi gejalanya saja, namun tidak mampu mengatasi sumber penyakitnya. 

Beberapa obat mampu mengurangi peradangan dan menghentikan pertumbuhan sel yang berlebihan. Banyak penderita psoriasis menggunakan perawatan tambahan seperti pelembab kulit untuk meredakan kondisinya. 

Manfaat argan oil bagi penderita psoriasis

Argan oil didapatkan dari hasil perasan biji pohon Argania Spinosa di Afrika Utara. Daerah setempat telah menjadikan argan oil sebagai bagian dari budaya selama ribuan tahun. Kegunaannya bermacam-macam, mulai dari untuk dikonsumsi sampai keperluan kosmetik. Argan oil termasuk sebagai minyak nabati termahal di dunia. 

Argan oil mengandung vitamin E, squalene, dan asam lemak. Sebuah studi menyebutkan, argan oil mampu membantu mengatasi penuaan pada kulit. Sedangkan studi lainnya menunjukkan bahwa argan oil dapat meningkatkan elastisitas kulit pada perempuan yang telah memasuki fase menopause. Selain itu, bisa juga memperbaikin level hidrasi kulit.  

Efek hidrasi argan oil meringankan gejala kulit kering dan rapuh pada pendreita psoriasis. Vitamin E merupakan senyawa esensial argan oil yang akan membuat kulit menjadi lebih sehat. Squalene juga sering digunakan sebagai campuran kosmetik karena memiliki efek melembabkan. Tak hanya itu, squalene ternyata juga memiliki sifat antioksidan, antiradang, bahkan antitumor. 

Anda juga bisa menggunakan pengobatan medis untuk membantu perbaikan kondisi agar semakin cepat. Dokter mungkin menyarankan penggunaan krim kortikosteroid yang berguna untuk meredakan kemerahan, kulit kering, serta iritasi. Pelemabab hipoalergenik juga bisa membantu menenangkan kulit. Anda juga dapat menggunakan perawatan topikal atau oles yang dijual secara bebas atau Over The Counter (OTC). 

Manfaat argan oil lainnya

Argan oil terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Akan tetapi, argan oil juga memiliki beberapa khasiat lainnya. Berikut ini khasiat-khasiat argan oil yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif meredakan atau mengurangi masalah ksehatan:

  1. Meningkatkan kesehatan jantung
  2. Membantu meredakan gejala diabetes
  3. Memiliki efek anti kanker
  4. Membantu mempercepat penyembuhan luka 
  5. Melembabkan kulit kepala dan rambut
  6. Mencegah stretch mark pada ibu hamil
  7. Membantu mengatasi masalah jerawat
  8. Mengurangi infeksi di kulit

Cara pengaplikasian argan oil tidak hanya sebagai obat luar saja, tapi juga dapat dikonsumsi. Namun, pastikan argan oil yang Anda pakai mengandung 100% argan oil agar manfaatnya bekerja secara optimal. Anda bisa menambahkan argan oil ke dalam campuran salad, tetapi kurang cocok jika digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi. Manfaat yang didapatkan akan terasa jika digunakan atau dikonsumsi secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *