Perawatan dan Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Komedo hitam di hidung umumnya belum perlu penanganan medis dari dokter kulit, kecuali jika sudah dalam bentuk jerawat parah. Pengobatan sederhana di rumah dengan bantuan obat-obatan ataupun bahan alami bisa jadi pilihan.

Komedo hitam atau blackhead adalah titik-titik hitam di wajah yang terbentuk di kulit

Beberapa cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang disarankan seperti dijelaskan di bawah ini. Namun keberhasilannya sangat tergantung pada tingkat keparahan dan kondisi kesehatan masing-masing individu.

  • Menggunakan scrub. Cara ini tujuannya untuk mengangkat sel kulit mati penyebab komedo hitam. Namun pastikan menggunakan produk scrub yang bebas pewangi dan tidak membuat kulit kering.
  • Hindari kosmetik mengandung minyak. Agar minyak di wajah tidak berlebihan cobalah untuk mengganti kosmetik dengan yang berlabel non-comedogenic, karena jenis ini mengandung sedikit minyak.
  • Menggunakan obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan bebas yang dijual di apotik juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo hitam di hidung. Obat kulit ini umumnya berbentuk gel, patch (pore pack) atau krim dengan kandungan utama asam salisilat, benzoil peroksida atau resorcinol. Pemberian obat untuk komedo tujuannya untuk membunuh bakteri, mengurangi produksi minyak dan membantu proses pelepasan sel kulit mati. Penggunaan pore pack dalam bentuk strip termasuk yang cukup sering digunakan untuk mengangkat langsung komedo hitam di hidung.
  • Diet sehat untuk kulit. Mengatur pola makan juga dapat membantu mengurangi komedo hitam di hidung. Hindari asupan makanan tinggi gula dan lemak serta produk olahan susu serta perbanyak buah dan sayur.
  • Istirahat dan hindari stress. Stress dapat memicu produksi minyak kulit dan meningkatkan risiko munculnya komedo hitam di hidung. Untuk itu memperbanyak istirahat dan menghindari stress juga akan membantu mempercepat penyembuhan.

Jika beberapa cara di atas belum efektif menghilangkan komedo hitam di hidung, ada baiknya konsultasikan dengan dokter ahli kulit untuk penanganan yang lebih menyeluruh.

Perawatan estetika untuk hilangkan komedo hitam

Umumnya dokter kulit akan melakukan beberapa cara berikut untuk mempercepat penyembuhan komedo.

  • Pengangkatan komedo secara manual. Dokter kulit biasanya akan menggunakan alat khusus untuk mengangkat komedo hitam di hidung. Biasanya berupa logam dengan bentuk lingkaran kecil pada ujungnya. Cara ini sebaiknya jangan ditiru di rumah karena berisiko untuk kulit.
  • Chemical peels. Dokter spesialis umumnya juga melakukan pengelupasan kulit dengan bantuan bahan kimia agar sel-sel kulit mati terangkat dan komedo lebih mudah disembuhkan.
  • Terapi laser. Cara ini dilakukan untuk membasmi bakteri dan membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Terapi laser cukup ampuh mengobati komedo dan jerawat tanpa mengganggu kondisi kulit bagian luar karena dapat diarahkan langsung pada bagian dalam kulit.

Mikrodermabrasi. Cara ini umumnya menggunakan alat khusus yang dapat mengikis sel kulit mati menggunakan bantuan kristal aluminium trioksida. Kristal khusus ini akan melukai dan kemudian mengangkat sel kulit mati sehingga mempermudah pengangkatan komedo hitam dan membantu mempercepat pembentukan sel kulit baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *