Penyebab-penyebab Leher Seperti Tercekik

Leher seperti tercekik adalah sensasi yang membuat kita merasa seakan-akan bagian tenggorokan terasa penuh sampai mengganggu pernapasan. Kondisi tersebut bisa terjadi karena disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa penyebab tersebut memang perlu diketahui dan pelajari agar kita tidak salah mengira dan ini berkaitan juga dengan cara mengatasi agar sensasi leher seperti tercekik hilang. 

Sakit leher sebelah kanan dapat disebabkan oleh saraf kejepit.

Penyebab pertama yang membuat leher sakit adalah adanya cedera pada pita suara. Kondisi tersebut biasanya diawali dengan adanya benjolan atau polip di bagian pita suara. Di samping itu, orang yang pita suaranya cedera kerap kali mengalami rasa sakit pada tenggorokan dan suara menjadi serak. Adapun pita suara bisa cedera karena sebelumnya mengeluarkan suara secara berlebihan atau berteriak. 

Selain karena cedera pada pita suara, orang bisa mengalami sensasi sakit di bagian leher apabila pita suaranya mengalami peradangan. Jika kondisi itu yang terjadi, maka dampaknya bisa membuat si penderita mengalami serak, bahkan pada beberapa kasus membuat suara menjadi hilang sesaat. 

Kedua, jika pembaca merasakan munculnya sensasi leher seperti tercekik, maka dapat pula itu terjadi karena anda sedang mengalami gastroesophageal reflux disease atau GERD. Berbagai sumber menerangkan, kondisi tersebut terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan. Pada banyak kasus GERD memang muncul diiringi sama gejala leher terasa tercekik, sesak napas, dan tenggorokan terasa penuh. 

Penyebab ketiga leher seperti tercekik atau bahkan sakit diakibatkan adanya penyakit radang di amandel. Kerap kali, radang pada amandel ini bisa membuat amandel menjadi bengkak. Bahkan, pembekakan tersebut dapat pula diraba di bagian leher. Nah, jika seseorang mengalami kondisi tersebut, maka sensasi sakit pada leher besar kemungkinan dirasakan. 

Lebih lanjut, selain radang pada amandel, radang tenggorokan juga memberikan sensasi sakit di sekitar leher. Biasanya orang yang sakit radang tenggorokan ini mengalami kesulitan dalam menelan. Di sisi lain, bagi anda yang mulai merasakan sensasi nyeri di bagian leher, maka anda perlu waspada karena itu merupakan salah satu gejala radang tenggorokan. 

Adapun penyebab leher seperti tercekik yang berikutnya adalah adanya gangguan pergerakan otot leher. Kondisi itu biasanya membuat orang yang mengalaminya jadi susah untuk menengok. Gangguan pergerakan otot leher ini salah satunya bisa disebut sebagai salah bantal. 

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat leher seperti tercekik. Tentu saja dalam menentukan kondisi anda, anda tidak bisa melakukannya seorang diri. Jika leher anda seperti tercekik, ada baiknya anda langsung menemui dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti apa penyebabnya. Langkah ini memang tidak boleh diabaikan karena jika anda sendiri yang menentukan penyebabnya, maka bisa jadi anda malah salah dalam mengobatinya. 

Salah pengobatan ini sesuatu yang perlu dihindari karena bisa membahayakan kesehatan anda. Di sisi lain, salah pengobatan juga dapat membuat penyakit yang anda alami bisa saja lebih parah daripada kondisi sebelumnya. Oleh karena itu, jika merasa leher seperti tercekik, sebaiknya menemui dokter untuk mencari tahu secara pasti apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya. 

Demikian penjelasan singkat yang dapat diberikan tentang penyebab-penyebab yang mungkin saja bikin leher seperti tercekik. Tentu artikel singkat ini diharapkan bisa menambah pengetahuan dan membantu pembaca. Akan tetapi, pembaca pun disarankan untuk membaca artikel lain dan tidak menjadikan ini sebagai rujukan satu-satunya. 

Saran tersebut dikemukakan karena lebih banyak referensi, maka informasi yang diperoleh mengenai penyebab leher seperti tercekik lebih komprehensif. Di samping itu, membandingkan satu tulisan dengan tulisan yang lain memang penting agar meminimalisir kekeliruan dalam memahami sesuatu hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *