Pentingkah Buku Kesehatan Ibu dan Anak? Ternyata Ini Manfaatnya

Buku kesehatan ibu dan anak atau buku KIA merupakan alat untuk mendeteksi secara dini jika Anda gangguan atau masalah pada kesehatan ibu dan anak. Selain itu, buku ini dijadikan alat komunikasi untuk penyuluhan berbagai informasi kesehatan penting terkait ibu dan anak. Mulai dari, pelayanan kesehatan, gizi anak dan ibu, imunisasi serta tumbuh kembang anak. 

Begitu banyaknya manfaat buku KIA ini tentu menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang tua, terlebih bagi ibu yang sedang hamil atau baru saja melahirkan. Lalu apa lagi manfaat lain dari buku ini. Berikut penjelasan tentang buku ibu dan anak ini. 

Tentang Buku kesehatan ibu dan anak

Per tahun 2020 ini, ada perbaharuan tentang buku kesehatan ibu dan anak ini yang merupakan satu-satunya alat pencatatan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak sejak ibu hamil, melahirkan dan selama nifas, hingga bayi yang dilahirkan berusia 5 tahun, ermasuk pelayanan KB, imunisasi, gizi dan tumbuh kembang anak. 

Buku KIA dapat Anda peroleh pada Puskesmas pembantu, rumah sakit, tempat praktik bidan, dokter, dokter spesialis obstetric dan ginekologi, atau dokter spesialis anak di pusat pelayanan kesehatan, baik pemerintah maupun swasta. 

Manfaat buku KIA

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, buku KIA juga memiliki berbagai manfaat bagi ibu dan anak. Meliputi:

  • Digunakan saat melakukan pemeriksaan kehamilan dan melakukan persalinan dengan bantuan tenaga medis kesehatan di fasilitas kesehatan. 
  • Sebagai monitor kehamilan ibu
  • Informasi dan materi tentang gizi dan kesehatan ibu dan anak
  • Pencatatan dan monitoring keluarga serta masyarakat
  • Mengintegrasi surat keterangan lahir untuk mempermudah mendapatkan akta
  • Buku pegangan pendamping Program Keluarga Harapan
  • Media pemantau pertumbuhan dan perkembangan anak di PAUD
  • Bina keluarga balita 

Tidak hanya itu, buku KIA juga dimanfaatkan oleh petugas dalam melaksanakan pemeriksaan ibu dan anak serta mengurangi dan mencegah ibu hamil mengalami anemia, berat badan lahir rendah, angka kematian ibu dan bai serta mencegah terjadinya balita kurang gizi. 

Sasaran penggunaka buku KIA sendiri terdiri dari semua ibu hamil, untuk selanjutnya digunakan oleh anak hingga berusia 5 tahun. Jadi, setiap kali anak datang ke fasilitas kesehatan, baik itu bidan, dokter atau rumah sakit, terdapat berbagai keterangan riwayat kesehatan anak tersebut dari mulai kehamilan hingga sekarang. 

Jadi, buku KIA harus selalau dibawa agar semua keterangan tentang eksehatan anak dan ibu yang tercatat pada buku KIA diketahui oleh tenaga medis yang akan menangani dan menambahkan catatan baru. 

Tujuan buku KIA

Salah satu tujuan dari buku kesehatan ibu dan anak ini adalah untuk meningkatkan kemandirian keluarga dalam memelihara kesehatan ibu dan anak. Pasalnya, dalam keluarga ibu dan anak adalah kelompok yang paling rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, mulai dari cacat lahir hingga kematian. 

Oleh karena itulah buku kesehatan ibu dan anak ini dibuat. Supaya tidak adanya lagi ibu dan anak yang mengalami masalah kesehatan, baik selama hamil maupun saat tumbuh kembang si kecil. Buku ini pun merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga melalui penggunaan buku tersebut. 

Jadi, banyak sekali informasi yang ada di dalam buku kesehatan ibu dan anak ini. Oleh karena sangat pentingnya buku ini bagi ibu dan anak, maka ada baiknya untuk selalu membawa buku ini setiap kali ibu dan anak mengujungi fasilitas kesehatan, baik itu rumah sakit, klinik, puskesmas ataupun bidan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *