Penjelasan Stereotip Seputar Kepribadian Anak Berdasarkan Urutan Lahir

Penjelasan Stereotip Seputar Kepribadian Anak Berdasarkan Urutan Lahir

Beberapa orang tua mungkin sering melabelkan kepribadian anak berdasarkan urutan lahir, seperti anak sulung yang cenderung lebih dewasa atau anak bungsu yang dianggap anak manja.

Seorang psikolog Amerika Serikat, Frank Sulloway, Ph.D., mengungkapkan bahwa ungkapan tersebut bukanlah sebuah stereotip belaka. Ia menegaskan bahwa urutan lahir anak berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian anak. Walau memang, pengaruhnya hanya sebagian kecil dari berbagai faktor yang membentuk kepribadian anak.

Frank Sulloway juga menambahkan bahwa pembentukan kepribadian anak tidak hanya bergantung pada urutan dilahirkannya anak tersebut, namun juga terdapat faktor lain, seperti lingkungan sekitar ketika ia bergaul dengan saudara kandungnya. Pada hakikatnya, kepribadian anak bersifat dinamis dan akan mengalami perubahan.

Kepribadian anak akan menentukan bagaimana ia akan berperilaku atau berperan dalam keluarganya sendiri. Di bawah ini, terdapat penjelasan lengkap hubungan antara urutan lahir dengan kepribadian anak.

Hubungan kepribadian anak dengan urutan lahir

  • Anak sulung

Stereotip kepribadian anak sulung, antara lain cenderung lebih banyak mengatur dan sering kali memberikan arahan pada adiknya. Dalam buku The Birth Order Book: Why You Are the Way You Are (Revell) dari Kevin Leman, PhD, mengatakan bahwa ketika anak sulung bersikap demikian, hal tersebut didorong oleh keinginan yang tak sengaja ia internalisasi untuk mengikuti jejak dan peran orang tua mereka sendiri.

Di samping itu, anak sulung juga dikenal lebih penurut dan patuh terhadap orang tua. Tidak jarang, kebanyakan mereka juga sering kali diasosiasikan sebagai individu yang konservatif. Anak sulung dianggap lebih percaya diri dan acap kali mengambil peran penting untuk membimbing adiknya. Kondisi ini diduga menjadi alasan, bahwa anak sulung memiliki lebih banyak potensi untuk lebih berprestasi.

  • Anak tengah

Sesuai dengan urutan lahirnya, kepribadian anak tengah cenderung lebih memiliki jalannya sendiri dalam mengambil keputusan dan menunjukkan perannya dalam keluarga. Anak tengah akan cenderung mengambil peran yang berlawanan dengan kakaknya.

Sebagai anak tengah, individu ini cenderung untuk bersikap netral dan lebih mengutamakan kedamaian dalam keluarga. Beberapa sifat yang sering kali menempel pada identitas anak tengah, yaitu bersifat setia dan menjadi pengikut suara setuju bersama dengan anggota keluarga lain.

Berdasarkan artikel yang diterbitkan oleh Huffington Post, terdapat sebuah literatur pada tahun 2010 yang mengungkapkan kepribadian anak tengah yang mudah bergaul dengan orang yang lebih tua maupun lebih muda, bersikap setia terhadap suatu hubungan dan juga pandai dalam menjaga keharmonisan hubungan.

  • Anak bungsu

Stereotip yang kerap kali ditempelkan pada anak bungsu adalah individu yang lebih disayang dan diperhatikan oleh orang tua dan sering kali bersikap manja. Tidak jarang, individu ini juga terkadang dicap manipulatif, karena menginginkan untuk selalu menjadi pusat perhatian orang-orang di sekitarnya.

Kepribadian anak bungsu bertolak belakang dengan kakak-kakaknya yang cenderung memiliki keunikan tersendiri. Peran anak bungsu dalam keluarga tidak begitu signifikan, karena pos peran telah diisi oleh kakak-kakaknya sendiri. Hal tersebut didorong oleh fakta bahwa tanggung jawab yang dimiliki oleh anak bungsu terhitung lebih sedikit.

Sikap yang lekat dengan kepribadian anak bungsu, antara lain lebih riang, suka bersenang-senang, mudah bergaul, ceria, dan lebih santai.

Tentunya hal tersebut tidak menjadi justifikasi kepribadian anak bungsu secara keseluruhan. Pasalnya, beberapa anak bungsu tidak memiliki kepercayaan diri akibat tekanan akan harapan yang berdasar atas prestasi yang telah diraih oleh kakak-kakaknya. Meskipun begitu, anak bungsu memiliki caranya sendiri untuk tetap menunjukkan kemampuan dan perannya dalam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *