Penggunaan Obat Luka Dermazin Krim 1%

Luka bakar mengakibatkan sel-sel kulit mati. Dalam hal itu, penggunaan luka juga disarankan agar membantu menyembuhkan luka yang Anda alami. Salah satu obat luka yang direkomendasikan ialah Dermazin Krim 1%  yang mengandung silver sulfadiazine. 

Waktu yang tepat untuk penggunaan obat luka 

Sebelum menggunakan obat luka yang mengandung sulfadiazin perak, Anda harus beri tahu dokter dan apoteker Anda jika Anda alergi terhadap sulfadiazin perak, obat sulfa, atau obat lain apa pun. 

Selain itu, Anda harus memberi tahu dokter dan apoteker Anda terkait obat resep dan nonresep maupun vitamin apa yang sedang Anda pakai. Sangat penting juga untuk memberitahukan pada dokter ataupun apoteker anda terkait penyakit yang pernah Anda derita seperti penyakit hati atau ginjal.   

Tak hanya itu, apabila Anda sedang hamil ataupun menyusui, hubungi dokter Anda untuk mendapatkan konsultasi serta penanganan yang tepat dalam menggunakan obat luka tersebut. 

Jenis bekas luka bakar 

Luka bakar memang mengakibatkan sel kulit mati dan menimbulkan area tebal yang berwarna menjadi sebuah bekas luka. Ada pula jenis bekas luka yang perlu Anda ketahui. Di antaranya, bekas luka bisa kecil atau besar. Bekas luka bakar yang menutupi seluruh permukaan wajah atau tubuh Anda dapat mempengaruhi penampilan Anda.

Tak hanya itu, ada pula jenis luka bakar tingkat pertama yang dinilai sering sembuh dengan sendirinya tanpa jaringan parut. Sementara itu, luka bakar tingkat dua dan tiga terkadang meninggalkan bekas luka tersebut.

Ada pula jenis bekas luka yang perlu diketahui sebagai berikut. 

– Bekas luka hipertrofik biasanya menimbulkan warna merah atau ungu serta menonjol. Luka tersebut biasanya hangat saat disentuh dan terasa gatal.  

– Bekas luka kontraktur bisa berupa mengencangkan otot, kulit, otot, tendon, serta mempersulit Anda untuk bergerak. 

– Bekas luka keloid biasanya bisa membentuk benjolan mengkilap yang tidak berbulu pada spot luka Anda. 

Kapan harus ke dokter untuk mengobati luka bakar? 

Meskipun luka bakar tingkat pertama dan kedua biasanya tidak memerlukan perhatian medis, orang harus memantau luka bakar untuk tanda-tanda bahwa luka itu semakin parah. 

Luka bakar tingkat pertama dapat berkembang menjadi luka bakar tingkat dua. Kemungkinan, kulit Anda akan menunjukkan gejala kerusakan yang lebih setelah beberapa jam. Jika seseorang mengalami luka bakar tingkat dua yang tidak kunjung membaik harus segera mendapatkan penanganan medis. 

Ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Di antaranya, luka bakar yang menutupi area kulit yang lebih besar dari 3 inci, luka bakar di siku, lutut, atau persendian lainnya. Tak hanya itu, luka bakar yang mengenai wajah, kaki, tangan, hingga pantat pun harus diperhatikan.  

Luka bakar tingkat tiga dan empat memerlukan perhatian medis segera agar tidak mengancam keselamatan jiwa. Seseorang tidak boleh mencoba pengobatan rumahan ketika luka bakarnya parah.

Pengobatan bekas luka bakar dengan obat luka 

Perawatan untuk luka bakar bakar bergantung pada derajat serta ukuran luka bakar yang dialami. Jangan mencoba perawatan di rumah apa pun tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter Anda. 

Untuk luka bakar derajat dua, Anda perlu mengoleskan obat luka atau salep antibiotik tipis-tipis pada luka bakar untuk membantu menyembuhkannya. Selain itu, Anda haru menutupi luka bakar yang Anda alami dengan kain kasa steril yang antilengket. Hal itu bertujuan melindungi area tersebut agar tidak terkena infeksi sekaligus sebagai pemulihan kulit. 

Untuk luka bakar derajat tiga, Anda perlu mengenakan pakaian ketat dan mendukung yang disebut pakaian kompresi di atas luka bakar Anda guna membantu penyembuhan kulit Anda. Kemungkinan, Anda harus mengenakan pakaian kompresi sepanjang hari, setiap hari selama beberapa bulan. 

Dengan begitu obat luka yang anda aplikasikan pada luka yang Anda alami akan bekerja secara efektif. 

Penyimpanan dan pembuangan obat luka

Simpan obat luka ini dalam wadahnya, tertutup rapat, dan jauh dari jangkauan anak-anak. Simpanlah obat ini pada suhu kamar serta jauhkan obat ini dari panas dan kelembaban berlebih.

Bahkan, obat luka dengan kandungan tersebut harus dibuang dengan cara khusus agar terhindar dari jangkauan hewan hingga anak-anak. Terlebih, Anda tidak boleh membuang obat tersebut ke dalam toilet atau closed. Sebaliknya, cara terbaik untuk membuang obat Anda adalah melalui program pengambilan kembali obat atau konsultasikan dengan apoteker terlebih dulu. 

Penting untuk menjauhkan semua obat dari pandangan dan jangkauan anak-anak, termasuk obat luka yang satu ini. Karena itu, selalu kunci tutup pengaman dan segera letakkan obat luka di tempat yang aman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *