Papiloma Intraduktal, Apakah Harus Diangkat?

Papiloma intraduktal adalah tumor jinak yang tumbuh dalam saluran ASI dalam payudara. Lantas, apakah tumor ini harus dan bisa diangkat?

Ada beberapa jenis tumor payudara, papiloma intraduktal adalah salah satunya. Tumor ini berbentuk seperti kutil yang tumbuh di dalam saluran ASI, terdiri dari kelenjar bersama dengan jaringan fibrosa dan pembuluh darah.

Pertumbuhan tumor ini jinak dan biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri. Namun, ada kemungkinan keluar cairan yang tidak biasa dari puting, ini lah yang perlu Anda waspadai.

Papiloma intraduktal mungkin terjadi di salah satu payudara, mungkin juga di kedua payudara. Ada pula kemungkinan munculnya beberapa papiloma di saluran susu alias duktus.

Penyebab papiloma intraduktal

Papiloma intraduktal dapat terjadi baik pada wanita maupun pada pria. Kasus ini lebih sering terjadi pada usia 35-55 tahun.

Penyebab pasti papiloma intraduktal tidak diketahui. Meski begitu, diketahui bahwa pertumbuhan sel-sel di duktus lebih cepat dari biasanya, sehingga membentuk benjolan kecil.

Sejauh ini, ada beberapa faktor risiko papiloma intraduktal yang dipercaya, yaitu:

  • Riwayat keluarga
  • Terapi penggantian hormon
  • Menggunakan kontrasepsi hormonal
  • Paparan estrogen

Gejala papiloma intraduktal

Sebagian besar papiloma intraduktal tidak menunjukkan gejala sama sekali. Gejala yang paling umum dan yang paling mudah dideteksi adalah keluarnya cairan tidak biasa dari puting.

Selain itu, gejala umum papiloma intraduktal sangat mirip dengan gejala jenis tumor payudara lainnya. Sebaiknya segera menemui dokter Anda jika merasakan benjolan di payudara.

Berikut beberapa gejala yang bisa Anda perhatikan:

  • Muncul benjolan kecil berukuran 3 mm hingga 2 cm
  • Keluar cairan tidak biasa dari puting (bisa bening, bisa bercampur darah)
  • Rasa nyeri atau tidak nyaman pada payudara

Diagnosis papiloma intraduktal

Jika Anda khawatir mengalami papiloma intraduktal, dokter mungkin akan meminta Anda melakukan serangkaian tes untuk memastikan kondisi Anda. Berikut beberapa tes yang mungkin perlu Anda lakukan:

  • Pemeriksaan fisik. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari kemungkinan adanya benjolan dan perubahan tekstur yang tidak normal pada payudara.
  • Scan. Anda mungkin perlu melakukan USG atau tes mammogram untuk menemukan lokasi papiloma dan memastikan ukurannya. Jika USG tidak cukup, mungkin Anda harus melakukan MRI.
  • Biopsi jarum halus. Dokter mungkin menyarankan biopsi untuk memastikan benjolan payudara Anda bukanlah kanker. Jika benjolan papiloma sangat terasa ketika diraba, biopsi jarum halus perlu dilakukan.
  • Biopsi. Jika tidak dirasakan adanya benjolan, Anda mungkin perlu melakukan biopsi. Dokter akan membuat sayatan kecil untuk mengambil jaringan payudara dan melakukan tes.

Mengobati papiloma intraduktal, apakah harus diangkat?

Untuk mencegah kondisi semakin buruk dan menganulir kemungkinan munculnya kanker, dokter bakal merekomendasikan operasi untuk mengangkat papiloma tersebut selama masih terasa.

Pada umumnya operasi akan dilakukan ketika benjolan sudah terasa nyeri dan mengganggu aktivitas harian Anda. Ada beberapa metode operasi untuk pengangkatan papiloma intraduktal, yaitu:

  • Biopsi eksisi. Bisa dilakukan dengan bius lokal atau bius umum. Pembedahan dilakukan dengan sayatan kecil yang cukup untuk mengangkat tumor.
  • Biopsi eksisi dengan vakum. Biasanya dilakukan bius lokal sebelum membuat sayatan kecil. Lalu dokter akan menggunakan alat berongga semacam vakum untuk menyedot tumor tersebut.

Setelah operasi, Anda mungkin merasakan sakit hingga beberapa hari. Dokter mungkin meresepkan antibiotik dan menginstruksikan perawatan luka untuk mencegah infeksi.

Selanjutnya Anda mungkin perlu menempuh tes lanjutan untuk memastikan bahwa operasi telah mengangkat benjolan sepenuhnya. Tes perlu dilakukan untuk benar-benar menyingkirkan potensi kanker.

Jika Anda kembali mengalami keluarnya cairan dari puting, segera temui dokter untuk kembali menganalisis papiloma intraduktal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *