Nyeri pada Gigi? Ini 5 Obat Sakit Gigi untuk Anak Secara Alami

Nyeri pada Gigi? Ini 5 Obat Sakit Gigi untuk Anak Secara Alami

Sakit gigi menjadi hal yang sangat menyebalkan bagi siapapun, tak terkecuali bagi orang dewasa, apalagi bagi anak-anak. Anak-anak memang rentan terhadap sakit gigi, karena mereka sangat menyukai permen atau cokelat yang mungkin bisa menjadi penyebab sakit gigi. 

Tidak hanya itu, memberikan obat sakit gigi untuk anak pun bukanlah hal yang mudah. Pun beberapa anak sulit untuk mengonsumsi obat-obatan. Nah, berikut beberapa cara mengobati sakit gigi pada anak secara alami. 

Obat sakit gigi untuk anak secara alami

  1. Air asin

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit gigi adalah mengurangi pembengkakan pada mulut. Jika anak cukup besar dan bisa meludah, mereka dapat menggunakan larutan air asin hangat untuk mengurangi peradangan. American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD), menyarankan untuk membuat larutan air garam tersebut dengan mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir kecil air hangat. Larutan air garam ini dapat dioleskan pada gigi yang sakit atau untuk kumur-kumur. 

  1. Kompres dingin

Obat sakit gigi untuk anak lainnya adalah dengan mengompres air dingin atau es batu pada pipi bagian luar Si Kecil, dekat dengan area yang sakit. Kompres dingin akan menyebabkan pembuluh darah di area tersebut mengerut, sehingga rasa sakit tidak terlalu parah. 

  1. Bawang putih

Bawang putih bertindak sebagai antibiotik alami. Hancurkan beberapa siung bawang putih, diamkan beberapa saat dan oleskan di area yang terkena. Minta anak Anda untuk membilas mulut mereka dengan air hangat. Jika anak masih terlalu kecil, cari alternatif lain untuk pengobatan, karena bisa saja mereka tidak menyukai karena bawang putih terlalu pedas. 

  1. Peppermint

Ambil beberapa daun peppermint dan letakkan langsung di gigi. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial peppermint dengan mengoleskan pada bagian yang sakit menggunakan kapas. 

  1. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh bertindak sebagai analgesik topikal dan juga memiliki sifat antibakteri. Oleskan minyak ke area yang terkena menggunakan kapas. Cengkeh juga bisa bekerja sebagai pereda nyeri untuk sakit gigi. Pastikan untuk mengencerkan minyak cengkeh dengan sesuatu yang aman untuk makanan seperti minyak almon. 

Cengkeh memang populer di antara obat sakit gigi buatan sendiri, dan bisa digunakan untuk anak-anak. Namun Anda perlu hati-hati. Bahan aktif (eugenol) yang membuatnya bisa meredakan rasa nyeri, bila digunakan terlalu sering atau dalam konsentrasi yang terlalu tinggi dapat memperburuk nyeri dan bahkan merusak saraf. Meskipun demikian, beberapa tetes minyak cengkeh pada kapas dapat membantu anak yang menderita sakit gigi yang parah. 

Penyebab sakit gigi pada anak

Sakit gigi pada anak bisa menunjukkan masalah serius yang perlu ditangani oleh dokter gigi anak. Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit gigi pada anak, berikut beberapa penyebab umum nyeri pada gigi:

  • Gigi berlubang akibat kerusakan gigi dan mudah diperbaiki dengan tambalan
  • Peradangan, ditandai dengan merah dan gusi bengkak
  • Erosi enamel yang disebabkan oleh bakteri atau asam yang mengekspos pulpa gigi
  • Bruxism, juga dikenal sebagai gerinda gigi
  • Periodontitis, infeksi gusi yang menyebabkan gusi surut dan menyebabkan kehilangan gigi
  • Masalah sinus, jika anak Anda memiliki masalah sinus, kemungkinan besar itu adalah penyebab sakit giginya
  • Gigi baru, hal ini terutama terjadi pada anak-anak yang berusia kurang dari sepuluh tahun. Saat mereka kehilangan gigi susu, gigi baru dapat menyebabkan tekanan pada saraf saat tumbuh
  • Diet, kekurangan vitamin (seperti vitamin C untuk gusi dan vitamin D untuk gigi) menyebabkan masalah gigi dan mulut. Selain itu, makanan yang sangat asam atau manis juga menyebabkan sakit gigi. 

Sakit gigi pada anak bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk gigi berlubang. Beberapa obat sakit gigi untuk anak secara alami di atas dapat Anda terapkan jika Si Kecil mengalami sakit gigi. Namun, jika dalam beberapa hari perawatan tersebut tak juga kunjung membaik, ada baiknya untuk mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *