Mudah Beli Obat dengan Aplikasi Beli Obat Online

Mudah Beli Obat dengan Aplikasi Beli Obat Online

Sekarang ini segala sesuatu dapat dilakukan dalam genggaman. Perkembangan teknologi memudahkan siapapun untuk mengakses informasi dan layanan yang diinginkan. Selain pesan antar makanan, kini Anda juga bisa mendapatkan obat dan suplemen tanpa harus antri melalui aplikasi beli obat online.

Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan agar Anda tidak salah memilih obat atau suplemen yang sesuai dengan kondisi Anda.

Jangan sembarangan, berikut hal yang harus diperhatikan

Perusahaan rintisan (start up) dan farmasi berlomba-lomba untuk menyediakan layanan beli obat online agar memudahkan masyarakat dalam mendapatkan fasilitas yang layak. Anda dapat membeli suplemen atau obat bebas dengan atau tanpa resep dokter.

Banyaknya aplikasi beli obat yang tersedia dapat membingungkan Anda untuk mendapat yang terbaik. Sebelum memutuskan pilihan, berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli obat secara online di aplikasi beli obat.

  • Legalitas dan keamanan privasi

Tidak semua situs web atau aplikasi beli obat terdaftar dalam perusahaan legal. Meskipun telah terbukti legalitasnya, beberapa mungkin tidak aman karena tidak benar-benar menawarkan perlindungan privasi sehingga meningkatkan risiko kebocoran data.

Misalnya, mereka menggunakan langkah keamanan yang sama dengan metode yang lebih tradisional untuk meresepkan obat.

  • Risiko self-diagnosis atau mendiagnosis diri sendiri

Umumnya situs layanan kesehatan online menyertakan informasi mengenai obat, suplemen, dan penyakit dengan tujuan mengedukasi. Sayangnya masih banyak orang yang melakukan self-diagnosis akibat tersedianya fasilitas tersebut.

Beberapa juga menyediakan informasi yang salah mengenai obat dan suplemen yang dijual, sehingga sangat mungkin mendapat obat yang tidak sesuai dengan kondisi Anda.

  • Keamanan obat dan suplemen yang dijual

Website layanan kesehatan yang tidak bertanggung jawab menjual obat-obatan palsu, obat dengan kandungan berbahaya, expired, tidak terstandarisasi, atau karakteristik negatif lainnya.

Panduan membeli obat atau suplemen secara online

Sebelum membeli obat baik secara langsung atau online, diharapkan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau pelayan kesehatan profesional terlebih dahulu. Pastikan membeli obat dari website resmi dan terpercaya.

Situs atau aplikasi beli obat yang aman umumnya ditandai dengan karakteristik berikut:

  • Memiliki legalitas yang jelas. Selain mengatur izin edar obat, makanan, dan kosmetik, BPOM juga mengatur izin perusahaan farmasi.
  • Hanya memasarkan produk yang disetujui. Anda bisa mengecek izin edar dari obat-obatan yang dijual melalui website BPOM.
  • Memiliki profesional kesehatan yang berlisensi. Hal ini diperlukan untuk menjawab segala pertanyaan pengguna seputar masalah kesehatan dan penggunaan obat-obatan. Anda dapat mengajukan pertanyaan baik secara terbuka dengan mengisi form yang disediakan, atau secara pribadi.  
  • Kemudahan dalam mendapatkan obat. Produk pesanan dikirimkan dari satu titik pusat, atau bekerja sama dengan apotek lainnya di berbagai daerah. Pengiriman obat dilakukan secara cepat dan seringkali tanpa biaya pengiriman.

Berikut tips mudah membeli obat secara online:

  • Pastikan situs atau aplikasi tersebut memiliki apoteker atau profesional kesehaan berlisensi yang bersedia menjawab segala pertanyaan Anda.
  • Baca secara cermat syarat dan ketentuan situs. Pastikan mereka tidak menjual informasi pribadi Anda.
  • Jangan berikan informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit kecuali Anda yakin situs atau aplikasi beli obat tersebut akan melindunginya.
  • Laporkan situs atau aplikasi bila Anda memiliki kecurigaan atas legalitas dan kredibilitasnya.

Aplikasi SehatQ, layanan kesehatan keluarga yang terpercaya  

Dari sekian banyak situs atau aplikasi beli obat, SehatQ merupakan salah satu layanan kesehatan terbaik dengan berbagai fasilitas. Anda bisa mendapatkan obat, suplemen, kosmetik, atau alat kesehatan yang telah terdaftar dan terstandarisasi. Layanan pengirimannya pun tersedia secara luas di seluruh Indonesia.

Anda juga bisa mengajukan pertanyaan seputar masalah kesehatan melalui form tanya jawab yang telah disediakan, atau berkonsultasi langsung dengan ribuan dokter terpercaya.

SehatQ merupakan aplikasi beli obat yang komplit. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *