Minyak Angin dan Bahan Herbal Atasi Pilek

Minyak Angin dan Bahan Herbal Atasi Pilek

Anda mulai merasa tidak enak badan disertai badan terasa agak menggigil, batuk, juga hidung tersumbat? Bisa jadi Anda tengah mengalami pilek. Masalah kesehatan ini sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, tentu rasanya tidak nyaman, bukan? 

Anda bisa mempercepat penyembuhan dengan menghirup dan membalur tubuh menggunakan minyak angin agar merasa lebih hangat. Selain itu, perhatikan pula asupan makanan Anda untuk mencetak imunitas tubuh yang tinggi sehingga infeksi penyebab pilek bisa lekas teratasi. 

Yang tidak kalah ampuh, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa herbal untuk mengatasi pilek. Tentunya penggunaan herbal sebagai obat pilek lebih minim efek samping dibandingkan Anda berusaha menyembuhkan pilek menggunakan obat-obatan kimia. Berikut ini adalah beberapa bahan herbal yang terbukti efektif mengatasi pilek. 

Jahe 

Jahe sudah dikenal sejak berabad-abad yang lalu sebagai tanaman herbal penyembuh berbagai penyakit. Anda pun bisa mengandalkan jahe untuk meringankan gejala pilek yang Anda alami. Beberapa iris jahe mentah yang direbus dalam air mendidih terbukti dapat membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan. Racikan yang sama juga dapat meredakan gejala mual yang begitu sering menyertai pilek. 

 Jeruk 

Jeruk adalah buah dengan kandungan vitamin C tinggi. Mengonsumsi satu jeruk per hari hampir bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan. Vitamin C dalam jeruk sendiri dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Secara tidak langsung, ini bisa berpengaruh ke kemampuan tubuh mengusir berbagai infeksi. Mengonsumsi segelas jus jeruk tiap pagi pun akan sangat besar pengaruhnya ke kecepatan pemulihan Anda dari gejala pilek yang meresahkan. 

Cabai 

Minyak angin sebagai pereda gejala pilek itu sudah biasa. Namun, pernahkan Anda berpikir cabai juga bisa menyembuhkan Anda dari pilek? Nyatanya, cabai juga efektif dijadikan obat pilek. Ini karena cabai kaya akan vitamin C dan capsaicin. Vitamin C pada cabai meningkatkan imunitas tubuh Anda. Sementara itu, capsaicin memberikan efek panas yang menghangatkan tubuh. Efek dari capsaicin ini sekaligus bisa merangsang metabolisme tubuh dan detoksifikasi meningkat melalui keringat yang bercucuran ketika Anda mengonsumsinya. 

Bawang Putih 

Manfaat kesehatan dari bawang putih sangatlah banyak. Herbal ini juga bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menghambat atau membunuh berbagai mikroba. Dalam sebuah penelitian, bawang putih bahkan bisa melawan virus penyebab pilek. Salah satu alasannya karena bawang putih meningkatkan ekspektorasi yang membantu Anda mengeluarkan lendir. Gejala pilek pun menjadi berkurang dengan menyantap bawang putih lewat sop atau makanan lainnya. 

Madu 

Madu memiliki berbagai sifat antibakteri dan antimikroba. Minum madu dalam teh dengan lemon dapat meredakan pilek. Dalam sebuah penelitian, didapati fakta bahwa memberikan 10 gram madu atau setara dengan dua sendok makan kepada anak-anak dapat mengurangi keparahan gejala pilek. Namun, Anda tidak boleh memberikan madu kepada anak di bawah setahun karena bahan alami ini mengandung spora botulinum.

Chamomile 

Minum teh chamomile juga efektif meredakan pilek, walaupun tidak langsung. Soalnya, chamomile yang masuk dalam tanaman kategori krisan ini memiliki efek penenang. Mengonsumsi teh chamomile nyatanya akan membuat gangguan pencernaan hilang dan tidur lebih nyenyak. Alhasil, imunitas tubuh Anda meningkat dan beragam gejala pilek dapat terempas. 

Oregano 

Suka dengan makanan dengan campuran bumbu oregano? Jenis herbal yang satu ini tidak hanya melezatkan makanan, melainkan juga efektif meredakan pilek. Ini karena oregano memiliki kandungan antiseptik yang berpotensi membunuh bakteri penyebab pilek. Herbal ini juga bersifat menghangatkan dan dapat membantu meredakan sesak dan otot kaku yang kerap menjadi gejala pilek. 

Minyak angin dan bahan herbal lain memang cukup efektif mengurangi gejala pilek. Namun, jika masalah kesehatan tidak juga mereda lebih dari seminggu, alangkah lebih baik Anda segera berkonsultasi ke dokter. 

Reference 

https://toko.sehatq.com/produk/cap-kapak-minyak-angin-14-ml
https://www.hgtv.com/outdoors/flowers-and-plants/herbs/14-herbal-cold-remedies-pictures
https://www.healthline.com/health/cold-flu/home-remedies
https://www.prevention.com/health/g20493406/30-herbs-that-fight-cold-and-flu/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *