Mengobati Masalah Tulang, Tanya Ini ke Dokter Ortopedi

Tahukah Anda mengenai dokter spesialis ortopedi? Dokter ortopedi adalah dokter yang memberikan layanan kesehatan di bidang tulang, otot, dan sendi. Ketika berkonsultasi, ada beberapa hal yang bisa Anda tanya dokter ortopedi.

Biasanya, jika Anda perlu menemui dokter ortopedi, dokter umum Anda akan memberikan rekomendasi. Anda bisa mendapatkan berbagai macam perawatan untuk masalah pada tulang, otot, dan sendi, ketika berobat ke dokter ortopedi. 

Kondisi yang bisa Anda tanya ke dokter ortopedi

Pada dasarnya, dokter ortopedi membantu pasien dengan masalah pada muskuloskeletal. Tugas seorang dokter ortopedi meliputi:

  • Membantu rehabilitas pasien untuk mendapatkan kembali kemampuan dalam gerakan, kekuatan, ruang gerak, dan kelenturan setelah cedera.
  • Membuat strategi untuk mencegah cedera atau komplikasi pada kondisi tertentu.
  • Mendiagnosa dan menentukan pengobatan untuk kondisi yang mempengaruhi muskuloskeletal pasien.

Ada beberapa macam kondisi yang bisa Anda tanya atau konsultasikan kepada dokter ortopedi. Beberapa kondisi itu antara lain: 

  • Patah tulang, ketegangan otot, dan radang sendi
  • Nyeri sendi atau nyeri punggung
  • Cedera pada tendon dan ligamen seperti keselo, tendonitis, dan lain-lain
  • Kelainan tungkai, seperti kaki pengkor atau kaki subur
  • Carpal Tunnel Syndrome
  • Kanker tulang

Jika dokter umum Anda mencurigai adanya tanda-tanda penyakit di atas pada Anda, maka Anda akan dirujuk ke dokter ortopedi. 

Pengobatan yang ditangani oleh dokter ortopedi

Dokter ortopedi bisa memberikan pengobatan baik berupa pengobatan bedah maupun non-bedah. Untuk pengobatan non-bedah, contohnya seperti rencana olahraga dan perubahan gaya hidup.

Kemudian, untuk metode pengobatan dengan cara bedah, dokter akan menyesuaikannya dengan kondisi pasien. Beberapa metode pengobatan dengan teknik bedah yang dilakukan oleh dokter ortopedi antara lain:

  • Penggantian sendi

Penggantian sendi dilakukan apabila sendi Anda mengalami cedera yang cukup parah. Sendi dapat diganti sepenuhnya, namun bisa juga hanya diganti sebagian.

Operasi atau pembedahan untuk penggantian sendi dilakukan dengan mengangkat sendi yang rusak, kemudian digantikan dengan sendi versi buatan. Sendi buatan itu bisa terbuat dari logam seperti baja tahan karat dan titanium, tapi bisa juga dari plastik atau keramik yang tahan banting.  

  • Fusi sendi dan fiksasi internal

Prosedur yang satu ini dilakukan dengan memanfaatkan perangkat yang menyerupai batang logam, sekrup, pelat, dan pin untuk menyatukan fragmen tulang. Anda bisa tanya ke dokter ortopedi untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai prosedur ini.

Dengan adanya prosedur ini, fragmen tulang akan disatukan, sehingga mendukung proses penyembuhan untuk menggabungkan tulang sepenuhnya dari kerusakan. 

  • Artroskopi

Metode pembedahan lainnya yang dilakukan oleh dokter ortopedi adalah artroskopi. Prosedur artroskopi dilakukan dengan memanfaatkan teknologi robotik.

Dokter akan menggunakan kamera untuk mendiagnosa dan memperbaiki robekan yang terjadi di area persendian. Bukan hanya itu, pengobatan ini juga bisa mengatasi masalah pembengkakan dan jaringan parut pada sendi. 

  • Perbaikan jaringan lunak

Upaya pembedahan lainnya yang mungkin dilakukan oleh dokter ortopedi adalah perbaikan jaringan lunak yang rusak. Jaringan lunak bisa rusak karena berbagai faktor, seperti terjadinya syok.

Perbaikan jaringan lunak dengan metode pembedahan dilakukan bagi pasien yang memerlukan reposisi tendon atau ligamen. Ini dilakukan jika tendon atau ligamen mengalami sobekan, terlalu meregang, atau cedera karena hal lain.

Ketika berobat, pastikan untuk tanya ke dokter ortopedi mengenai kondisi Anda dan rekomendasi pengobatan yang paling tepat. Dokter ortopedi bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah-masalah cedera pada otot, sendi, dan tulang Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *