Mengenal Tanda dan Gejala Seseorang Mengalami Moon Face

Pernahkah Anda mendengar istilah medis moon face? Istilah ini merujuk pada kondisi di mana wajah membengkak secara bertahap hingga membulat. Hal ini disebabkan karena menumpuknya lemak berlebih pada sisi wajah yang berkaitan dengan obesitas atau sindrom cushing.

Kondisi medis ini tentu akan menurunkan tingkat kepercayaan diri penderita. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut seputar penyakit moon face ini.

Mengenal Kondisi Moon Face

Kondisi medis yang membuat wajah seseorang jadi membengkak hingga menjadi bulat berkaitan dengan sindrom cushing. Sindrom ini terjadi karena jumlah hormon kortisol terlalu banyak. Ini bisa disebabkan karena konsumsi obat kortikosteroid dalam jumlah besar sehingga kadar hormon kortisol pun meningkat dalam tubuh.

Kondisi moon face ini memang tidak berbahaya, akan tetapi bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang karena kondisi wajahnya. Bisa jadi penderita akan merasa malu ketika bersosialisasi dengan orang lain atau bahkan sekadar untuk keluar rumah sekalipun.

Kortisol atau hormon stres berfungsi sebagai respons tubuh terhadap stres, keberadaan hormon ini penting bagi tubuh dalam jumlah normal. Jika kadarnya sudah berlebihan, maka bisa memunculkan gejala buruk. 

Penyebab Terjadinya Moon Face

Ada beberapa kondisi sehingga menyebabkan hormon kortisol seseorang menjadi tinggi sehingga menyebabkan terjadinya moon face ini. Berikut beberapa kondisi tersebut.

  1. Konsumsi obat kortikosteroid dalam jangka lama

Obat kortikosteroid seperti prednisone yang dikonsumsi jangka lama juga bisa menyebabkan efek samping seperti moon face. Biasanya obat ini untuk penderita penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis dan lainnya.

  1. Tingginya kadar hormon ACTH dalam tubuh

Hormon ACTH ini dihasilkan oleh kelenjar pituitari yang memicu kelenjar adrenal untuk menghasilkan kortisol. Hal ini terjadi saat adanya kelainan kelenjar pituitari sehingga menghasilkan hormon ACTH dan tumor di organ lain, seperti misalnya di paru-paru atau pankreas. Sehingga ini bisa menyebabkan tingginya kadar hormon ACTH dalam tubuh.

  1. Tumor pada kelenjar adrenal

Kelenjar adrenal ini berguna untuk menghasilkan kortisol. Saat ada tumor pada kelenjar ini akan menyebabkan tingginya produksi hormon kortisol dalam tubuh.

Berbagai Tanda dan Gejala Seseorang Mengalami Moon Face

Gejala utama yang paling terlihat dari moon face ini adalah wajah jadi bulat, berisi, dan penuh yang terjadi secara bertahap. Kondisi ini disebabkan karena penumpukan lemak di wajah. Sehingga ketika dilihat dari depan, telinga tidak terlihat.

Ada beberapa gejala yang mungkin dialami juga oleh penderita moon face, yaitu:

  • Peningkatan berat badan
  • Adanya tumpukan lemak di area antara bahu belakang
  • Penimbunan lemak di wajah dan bahu belakang atau disebut punuk kerbau
  • Stretch mark berwarna keunguan yang muncul di lengan, dada, perut, hingga paha
  • Mudah mengalami memar
  • Muncul jerawat
  • Luka sulit sembuh
  • Tubuh jadi melemah
  • Kulit jadi menipis
  • Tekanan darah jadi tinggi

Pengobatan Masalah Moon Face

Sebenarnya untuk pengobatan atau penanganan moon face sendiri bergantung pada penyebab yang mendasarinya. Sehingga akan berbeda-beda pengobatan pada masing-masing penderita.

Jika kondisi moon face terjadi karena tumor, biasanya dokter akan merekomendasikan untuk menjalani operasi pengangkatan tumor. Atau bisa dengan terapi lain seperti terapi radiasi. 

Sedangkan bila wajah bengkak akibat penggunaan obat kortikosteroid jangka panjang, caranya tentu dengan emngurangi dosis atau bahkan menghentikan penggunaan obat untuk meminimalisir gejala. Dokter pun bisa menyarankan berbagai jenis terapi lain jika yang sudah dilakukan tidak mengatasi kondisi moonface yang dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *