Mengenal Jenis-jenis Obat Mextril

Mextril merupakan obat yang bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk. Hadir dengan bentuk tablet dan sirup. Merupakan obat bebas terbatas yang meskipun bisa Anda beli dengan bebas namun Anda tetap harus memerhatikan aturan pakai sesuai petunjuk yang tertera di kemasan.

Jenis-jenis Obat Mextril

Di Indonesia, batuk merupakan salah satu penyakit yang sering menjangkit masyarakat. Batuk merupakan respon tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang tidak seharusnya ada di paru-paru dan tenggorokan. Ada juga pemicu yang bisa membuat seseorang mengalami batuk, yaitu virus, alergi, asma, iritasi hingga infeksi bakteri.

Obat Mextril mampu membantu mengatasi batuk yang disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek maupun bronkitis. Obat ini terbagi menjadi dua yaitu tablet dan sirup. Untuk sirup memiliki tiga varian dengan kegunaan yang berbeda-beda. Agar lebih jelasnya, berikut beberapa varian obat Mextril.

  1. Tablet

Memiliki kandungan dekstrometorfan HBr, gliseril guaikolat, klorfeniramin maleat, dan fenilpropanolamin HCI. Kandungan dekstrometorfan HBR berguna untuk meredakan batuk karena iritasi tenggorokan. Ini merupakan kondisi umum yang biasanya berlangsung hanya dalam satu minggu. Iritasi tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi virus flu/ pilek, COVID-19, radang tenggorokan atau alergi yang semuanya membuat penderitanya merasakan batuk.

Kandungan guaifenesin bekerja sebagai ekspektoran yang mampu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sedangkan kandungan fenilpropanolamin HCI dan klorfeniramin maleat mampu meredakan gejala dan reaksi alergi seperti bersin, pilek, mata berair dan ruam.

  1. Antitussive Syrup

Salah satu varian sirup dari Mextril yang mampu batuk kering atau batuk alergi dengan kemasan berwarna merah. Dengan kandungan utama yaitu dextromethorphan HBr dan chlorpheniramine maleate. Dextromethorphan HBr berperan sebagai penekan batuk yang mampu mengurangi keinginan Anda untuk batuk. Kandungan tersebut juga mampu meredakan batuk yang disebabkan oleh jenis infeksi seperti sinusitis atau flu biasa. 

Sedangkan kandungan chlorpheniramine maleate atau yang biasa dikenal sebagai CTM berperan sebagai anti alergi yang mampu meredakan mata merah, hidung berair, bersin, tenggorokan gatal dan pilek yang disebabkan oleh alergi, demam atau flu biasa.

  1. Expectorant 

Masih varian sirup yang kali ini mampu mengatasi batuk berdahak dengan kemasan berwarna biru. Memiliki kandungan bromhexine dan guaiphenesin yang keduanya berfungsi sebagai expectorant atau pengencer dahak. Bromhexine digunakan pada orang yang memiliki dahak kental di saluran udara. Bekerja sebagai mukolitik yang mampu meredakan batuk berdahak dengan mengencerkan dahak di saluran pernapasan sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Sedangkan guaifenesin berguna untuk mengobati batuk dan hidung tersumbat yang disebabkan oleh pilek, bronkitis dan penyakit pernapasan lainnya. Kandungan ini bekerja sebagai ekspektoran yang mampu mengencerkan dan melonggarkan lendir yang berada di saluran udara sehingga membuat Anda dapat bernapas dengan lebih mudah.

  1. Batuk Pilek

Varian satu ini mampu mengatasi gejala flu seperti batuk, hidung tersumbat, pilek dan bersin-bersin. Memiliki zat aktif dextromethorphan HBr, phenylpropanolamine, guaifenesin dan chlorpheniramine maleate (CTM). Dextromethorphan HBr berperan sebagai penekan batuk karena iritasi tenggorokan. 

Phenylpropanolamine merupakan dekongestan yang mampu menyempitkan pembuluh darah di sinus, hidung dan dada guna melancarkan pernapasan.

Guaifenesin bekerja sebagai ekspektoran yang mampu mengencerkan dahak di dada dan tenggorokan sehingga bisa membuat Anda bernapas lebih lega. Kandungan ini digunakan oleh penumpukan lendir yang disebabkan oleh pilek, infeksi maupun alergi.

Kandungan terakhir di Mextril Flu dan Batuk adalah Chlorpheniramine maleate atau yang masyarakat kenal sebagai CTM. Kandungan ini mampu meredakan gejala alergi seperti mata merah, gatal, berair, hidung berair, bersin, tenggorokan gatal dan pilek yang disebabkan oleh alergi, demam atau flu biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *