Mengenal Black Hairy Tongue Serta Faktor Penyebabnya

Black hairy tongue merupakan kondisi lidah yang tampak sedikit gelap hingga menghitam serta berbulu. Kondisi ini adalah hasil dari penumpukan sel-sel kulit mati yang berada tonjolan kecil (papila) di permukaan lidah. Kondisi papila di permukaan lidah yang seharusnya berwarna putih kemerahan, menjadi berwarna sedikit gelap hingga menghitam saat penderita terkena black hairy tongue. Meskipun kondisi ini terlihat mengkhawatirkan, sebenarnya black hairy tongue bukanlah suatu penyakit yang serius. Ia tidak menimbulkan rasa sakit atau rasa tidak nyaman pada area mulut. Namun, jika terus dibiarkan, kondisi ini jelas akan menurunkan kepercayaan diri penderita. 

Ciri-ciri black hairy tongue:

Black hairy tongue cukup mudah dikenali. Orang yang mengidap black hairy tongue umumnya memiliki ciri lidah seperti berikut:

1. Perubahan warna lidah menjadi cukup gelap hingga menghitam

2. Tampilan lidah menjadi berbulu

3. Timbul rasa seperti logam pada mulut

4. Bau mulut

5. Terdapat sensasi tersedak atau menggelitik pada papila 

Apa sebenarnya penyebab black hairy tongue?

Hingga saat ini belum diketahui pasti apa penyebab utama black hairy tongue. Namun, bakteri dan gaya hidup tidak sehat merupakan faktor yang dipercaya dapat mempengaruhi kondisi ini terjadi.

1. Kebersihan mulut yang kurang baik

Kebersihan mulut yang buruk jelas bisa jadi salah satu faktor yang dapat mengakibatkan black hairy tongue terjadi. Tidak membersihkan gigi dengan rutin menyikat gigi hingga jarang merawat gigi pada dokter mampu mengakibatkan bakteri menumpuk pada lidah dan gigi yang akhirnya mampu mengakibatkan black hairy tongue terjadi.

2. Penggunaan obat

Penggunaan obat seperti antibiotik yang mampu menghambat pompa proton serta obat yang mempengaruhi keseimbangan bakteri pada mulut dinilai mampu menyebabkan black hairy tongue terjadi. konsultasikan penggunaan obat pada dokter merupakan salah satu hal yang dapat Anda lakukan. 

3. Kebiasaan minum kopi dan teh

Zat kimia yang terdapat didalam kopi dan teh tak hanya mampu mengubah warna gigi menjadi lebih kusam dan kuning dari warna asli, begitupun lidah. Penggunaan kopi dan teh secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang dapat mempengaruhi warna dan kondisi lidah. 

4. Penggunaan obat kumur yang mengandung zat pengoksidasi

Obat kumur yang memiliki fungsi untuk menjaga mulut agar tetap bersih ini ternyata bisa menyebabkan lidah gelap hitam. Ini disebabkan oleh obat kumur yang mengandung zat pengoksidasi seperti peroksida, menthol, serta witch hazel didalam kandungan obat kumur. 

5. Penggunaan rokok

Tembakau pada rokok bukan hanya mempengaruhi warna gigi, namun juga lidah. Penggunaan rokok secara terus menerus inilah yang akhirnya mampu menyebabkan lidah berubah warna menjadi kecoklatan.

6. Mulut kering

Liur pada mulut berfungsi untuk menjaga keseimbangan bakteri pada mulut. Saat kadar air liur berkurang atau sedikit, hal ini kemudian dapat mempengaruhi bakteri untuk terus menumpuk di area mulut termasuk papila. Saat bakteri pada papila terus menumpuk, kondisi warna papila yang kemudian berubah menjadi coklat hingga kehitaman pun tak dapat dihindari.

Lalu bagaimana cara mengatasi black hairy tongue?

Perubahan gaya hidup dinilai ampuh untuk mengatasi black hairy tongue. Sebab, saat mulut terus dalam kondisi yang baik dan bersih, keluhan ini pun akhirnya dapat diminimalisir. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan dirumah untuk mengatasi black hairy tongue: 

1. Jaga kebersihan gigi 

Bersihkan gigi dengan menyikat gigi dengan benar 2x sehari pada pagi dan malam. Selain itu Anda juga bisa menggunakan flossing di area gigi yang sulit terjangkau setiap habis menyikat gigi. 

2. Rutin bersihkan lidah

Untuk membantu mengatasi black hairy tongue, Anda juga harus menjadikan menyikat lidah sebagai kebiasaan baru Anda. Bersihkan lidah menggunakan alat pembersih lidah khusus tiap kali selesai menyikat gigi. Membersihkan lidah mampu membantu menghilang kuman dan bakteri yang menempel di area lidah sehingga membantu lidah agar tetap dalam kondisi baik dan steril. 

3. Hentikan obat yang mempengaruhi 

Jika black hairy tongue disebabkan oleh penggunaan obat, hentikan penggunaan obat berpengaruh yang dikonsumsi. Agar lebih aman, konsultasikan tentang penggunaan obat yang mampu menimbulkan gejala pada dokter.

4. Kurangi penggunaan teh dan kopi sementara waktu

Hal selanjutnya yang juga harus Anda lakukan adalah mengurangi penggunaan teh dan kopi untuk sementara waktu. Sebaiknya perbanyak konsumsi air putih dan hindari minuman berwarna seperti teh dan kopi hingga keluhan black hairy tongue benar-benar membaik. 

5. Hentikan kebiasaan merokok 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, nikotin tak hanya menyebabkan gigi menjadi lebih gelap hingga hitam. Nikotin pada rokok juga mampu menyebabkan lidah menjadi lebih gelap hingga hitam. Oleh karena itu kebiasaan merokok harus Anda hentikan agar kondisi black hairy tongue dapat diatasi. 

6. Banyak minum air

Jangan sepelekan peran air bagi kesehatan tubuh termasuk area mulut. Air berperan penting untuk membantu keadaan dan kondisi tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Perbanyak minum air putih dengan minum setidaknya 2 liter (8 gelas) perhari agar mulut terhindar dehidrasi yang mampu mengganggu keseimbangan bakteri pada mulut. 

Itulah beberapa informasi mengenai penyakit black hairy tongue pada lidah. Meski penyakit ini tidak berbahaya namun kondisi ini sebenarnya tidak boleh disepelekan. Jika kondisi black hairy tongue pada lidah mulai menunjukkan rasa tidak nyaman seperti muncul sensasi terbakar, Anda dapat menggunakan obat khusus seperti antibiotik yang bisa didapat oleh resep dokter. Segera kunjungi dokter spesialis untuk mendapat pemeriksaan serta perawatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *