Melihat Hukum Masturbasi pada Perempuan dalam Islam

Masturbasi merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dalam memenuhi hasrat seksualnya sendiri. Mereka melakukannya dengan sengaja untuk mendapatkan kepuasan tersendiri. Tidak hanya terjadi pada pria, tapi ada juga masturbasi pada wanita

Meski begitu, menurut penelitian, masturbasi lebih banyak dilakukan oleh laki-laki, dibanding perempuan.

Dalam dunia medis, masturbasi memang tidak dilarang. Akan tetapi, risiko melakukan masturbasi ini lebih banyak dari pada manfaatnya. Sehingga sebaiknya tidak melakukan masturbasi terlalu sering agar tidak kecanduan.

Masturbasi untuk wanita secara klitoral

Hukum Masturbasi dalam Islam

Onani atau masturbasi merupakan tindakan yang tidak bai, bahkan hal ini termasuk dosa besar karena syara’. 

Allah SWT mengharamkan orang yang bercumbu selain pada istri atau suaminya. Maka ketika terjadi masturbasi pada wanita atau onani pada pria hanya untuk membangkitkan syahwat semata, maka hukumnya dalam Islam jelas haram. 

Sebab, kegiatan ini bisa mendorong seseorang untuk melakukan hubungan seksual selanjutnya dan sangat dilarang dalam agama. 

Namun, bila masturbasi dilakukan untuk menekan nafsu atau syahwat serta takut akan berzina, maka hukumnya diperbolehkan.

Sebab, melakukan yang terlarang di tengah darurat karena tingkat mudharatnya lebih ringan daripada jika tidak dilakukan.

Berbeda dengan mazhab Imam Syafi’i yang melarang masturbasi meskipun khawatir akan melakukan zina. 

Sedangkan Imam Ahmad menyebut bahwa onani atau masturbasi diperbolehkan dengan syarat karena dia khawatir akan melakukan perbuatan zina, tidak punya uang untuk membeli budak, atau tidak punya mahar untuk wanita merdeka.

Efek Melakukan Masturbasi pada Wanita

Sebenarnya, manfaat masturbasi pada wanita atau onani pada pria ini lebih sedikit dibanding risikonya yang lebih banyak. 

Biasanya orang yang sering masturbasi atau onani memiliki tubuh yang kurus, wajahnya pucat, serta matanya cekung dan membiru.

Selain itu, onani atau masturbasi ini bisa menyebabkan efek negatif tidak hanya bagi kesehatan, tapi juga bagi rohani dan kejiwaan.

Bahaya masturbasi bagi rohani:

  • Seseorang jadi bersikap selalu meremehkan agama, tidak berusaha mensucikan diri dan melakukan perbuatan menyimpang
  • Hilangnya sifat istiqamah dalam menjalankan agama Islam, sebab hati kecilnya akan menyadari bahwa tindakan tersebut sangat tidak terpuji.

Bahaya mastubasi bagi kejiwaan”

  • Masturbasi yang berlebihan bisa menyebabkan urat syarat tidak stabil, hilangnya kepercayaan diri, hidup menyendiri akibat malu yang sudah tertanam dalam dirinya
  • Merasa bahwa dirinya bersalah dan berbuat dosa. Namun, karena ketagihan mereka terus mengulanginya. Sedangkan perbuatan tersebut bertentangan dengan hati kecilnya sehingga membuat jiwanya jadi gelisah
  • Kesenangan onani atau masturbasi yang melampaui batas bisa menyebabkan kecanduan, lalu terbawa arus sehingga akan mengikuti hawa nafsu.

Bahaya masturbasi untuk kesehatan:

  • Sering masturbasi pada wanita akan membuat badan cepat lelah
  • Bisa menyebabkan luka dan infeksi pada kelamin karena terjadinya gesekan yang terus menerus
  • Dapat berpengaruh pada hubungan intim ketika sudah menikah. Sebab, sudah terbiasa ejakulasi dengan masturbasi sendiri, maka akan merasa tidak puas dan tidak bergairah ketika berhubungan seksual dengan pasangan suami atau istri.
  • Berisiko jadi kecanduan masturbasi sehingga dia tidak fokus pada aktivitas dan bahkan cenderung menarik diri dari lingkungannya.

Tips Menghindari Kecanduan Masturbasi

Untuk menghindari kecanduan dari masturbasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Hindari benda atau gambar yang bisa memicu masturbasi
  • Rajinlah berolahraga setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental
  • Usahakan agar lebih banyak bersosialisasi dengan kerabat dan juga keluarga
  • Isi waktu dengan aktivitas yang positif, bisa dengan membantu orang tua, jualan online, atau ikut kelas online yang bermanfaat lainnya.

Jadi jelas bahwa masturbasi pada wanita atau onani pada pria diharamkan. Lagipula aktivitas ini lebih banyak mendatangkan bahaya dibanding manfaatnya. Islam pun mengajarkan untuk berpuasa dalam mengendalikan hawa nafsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *