Manfaat Tidur Siang Bagi Anak yang Jarang Diketahui

Manfaat Tidur Siang Bagi Anak yang Jarang Diketahui

Tanpa kita sadari, ternyata tidur siang bagi anak memiliki banyak manfaat. Walaupun terkadang Si kecil tidak berhenti bermain dari pagi, lompat ke sana kemari dan belum menunjukan rasa lelah, seorang ibu perlu untuk mengajak anak untuk tidur siang. Bagi para orangtua pasti sangat familiar dengan situasi seperti ini, ketika anak menolak untuk tidur. Padahal, manfaat dari tidur siang sangat signifikan.

Tidak hanya baik untuk kesehatan, tidur siang bagi anak juga bisa mempengaruhi perilaku Si kecil dan prestasi akademisnya di sekolah. Jika melihat manfaat tidur siang bagi anak secara instan, tentu akan berkaitan dengan mood yang membaik hingga energi akan kembali pulih. Namun sayangnya, masih banyak anak-anak yang menolak dan memiliki untuk terus bermain dibandikan tidur siang.

Manfaat tidur siang bagi anak

Para peneliti dari University of Pennysylvania dan University of California menggali lebih dalam tentang manfaat tidur siang bagi anak. Mereka meneliti sedikitnya 3,000 anak yang duduk di kelas 4,5 dan 6 SD berusia 10-12 tahun. Tema utama penelitian ini mencari hubungan antara tidur siang dengan rasa bahagia, pengendalian diri, mengurangi masalah perilaku, dan IQ yang lebih tinggi terutama bagi anak yang duduk di kelas 6 SD.

Hasil dari penelitian ini adalah anak-anak yang tidur siang sekitar 30-60 menit setiap pekannya mengalami peningkatan performa akademis hingga 7,6%. Sementara anak-anak yang merasa mengantuk di siang hari akibat kurang tidur ternyata berdampak pada setidaknya 20% anak-anak yang dilibatkan dalam penelitian.

Berbagai manfaat tidur siang untuk anak-anak

  • Tidur siang membantu anak-anak dalam proses belajar
  • Tidur siang membuat anak-anah tetap bugar
  • Tidur siang berpengaruh besar pada suasana hati yang baik

Bagaimana cara untuk membuat anak bisa tidur siang secara rutin?

Beberapa tips yang orangtua bisa lakukan untuk membuat anak tidur siang secara rutin adalah dengan menciptakan suasana yang tenang sekitar 15 hingga 30 menit sebelum waktu tidur siang, jangan berbicara dengan suara yang keras di dekat tempat tidur anak, perhatikan tanda-tanda bahwa anak sudah mulai siap tidur siang dan memberikannya makanan sehat, kurangi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula. Perut yang sedang lapar juga membuat anak-anak kesulitan untuk tidur siang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *