Manfaat Minum Air Putih Sebelum dan Setelah Berolahraga

Manfaat minum air putih sangat banyak. Pentingnya air putih tidak dapat cukup dipungkiri. Sangat penting untuk minum air setelah berolahraga dan aktivitas fisik. Saat berolahraga, Anda kehilangan air melalui keringat. Artinya, Anda memerlukan air putih untuk menggantikan semua cairan yang terbuang agar kesehatan Anda tetap optimal setelah berolahraga.

Sekitar 75% dari berat tubuh Anda terdiri dari air. Air ini sebagian besar ditemukan di sel-sel Anda dan sisanya di pembuluh darah dan ruang diantara sel-sel tubuh. Ketika Anda merasa dehidrasi, ini adalah tanda bahwa Anda kehilangan lebih banyak air daripada yang Anda minum. Saat berolahraga, Anda akan kehilangan sebagian besar kehilangan air di dalam tubuh melalui keringat.

Saat berkeringat, tubuh Anda bisa kehilangan banyak air saat mencoba mendinginkan diri. Hanya jalan cepat dalam cuaca hangat, misalnya, dapat membuat Anda kehilangan satu pon air dalam tubuh Anda mencoba untuk kembali ke suhu normal. Anda perlu minum setelah berolahraga untuk mengganti kehilangan air ini.

Untuk aktivitas olahraga dan olahraga yang intens, menurut American College of Sports Medicine, Anda harus mulai minum cairan sekitar 2 jam sebelum berolahraga. Air putih akan membantu menghidrasi tubuh dan memungkinkan tubuh Anda untuk mengeluarkan air yang tidak dibutuhkan. Selain itu, Anda juga dapat minum air di awal latihan dan kemudian secara teratur di sepanjang aktivitas Anda. Penting untuk minum air pada tingkat yang sama seperti Anda kehilangan cairan melalui keringat.

Tanda-tanda dehidrasi

Waspadai tanda-tanda spesifik dehidrasi saat berolahraga. Ini adalah indikasi bahwa Anda perlu meningkatkan asupan air dalam tubuh. Hal yang juga paling jelas adalah mekanisme rasa haus. Jika Anda haus artinya tubuh membutuhkan air secepatnya. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan mencoba menghemat air dengan mengurangi keluaran urin. Pada saat dehidrasi, Anda mungkin memperhatikan bahwa urin Anda lebih kuning dan pekat.

Tanda dan gejala dehidrasi lainnya saat berolahraga adalah jantung berdebar, kram otot, dan mual. Keringat Anda mungkin berhenti dan mata serta mulut Anda mungkin menjadi kering saat mengalami dehidrasi. Jika sangat dehidrasi, Anda mungkin merasa bingung dan lemah karena sirkulasi darah yang tidak tepat ke otak dan organ lainnya.

Tetap terhidrasi sebelum, selama dan setelah berolahraga

Cara terbaik untuk melindungi dari kemungkinan dehidrasi adalah merencanakannya setiap hari. Jika Anda tahu bahwa Anda akan melakukan olahraga berat, mulailah minum air di pagi hari untuk memastikan tubuh Anda memiliki cadangan dan untuk mendapatkan manfaat minum air putih. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk mengeluarkan kelebihan sebelum latihan rutin. Selalu siapkan botol air saat Anda berolahraga. 

Saat Anda berkeringat banyak, tubuh Anda juga kehilangan natrium dan kalium. Pastikan untuk mengganti nutrisi ini. Selain air minum, Anda dapat menyelidiki minuman olahraga untuk melihat apakah yang tepat untuk Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengganti nutrisi yang hilang ini setelah berolahraga saat makan.

Berapa banyak minum setelah berolahraga?

Untuk terhidrasi yang cukup setelah sesi latihan Anda, usahakan untuk minum satu setengah kali cairan yang hilang saat berolahraga. Jangan minum ini semua sekaligus. Berikan jeda selama dua hingga enam jam berikutnya.

Anda perlu minum lebih banyak cairan daripada yang hilang saat berolahraga karena Anda terus kehilangan cairan melalui keringat dan buang air kecil selama beberapa waktu setelah menyelesaikan sesi latihan. Jadi, jangan pernah melewatkan berbagai manfaat minum air putih setelah berolahraga, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *