Manfaat Birch Sap, Getah Pohon Birch yang Luar Biasa untuk Kecantikan

Birch sap atau getah pohon birch, sering disebut juga air birch memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, terutama bagi kecantikan kulit. Proses pengambilan getah birch ini sama dengan pengambilan getah pada pohon lainnya, yaitu melalui proses penyadapan. 

Panen getah birch biasanya terjadi pada awal musim semi tepat ketika pohon birch mulai tumbuh daun. Sedangkan selama sisa musim, pohon birch akan beristirahat. Selain bagi kecantikan, getah birch ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan detoksifikasi hati. Dan berikut beberapa manfaat lainnya. 

Manfaat birch sap untuk kecantikan

  • Peningkatan hidrasi kulit

Saat dioleskan pada kulit, getah pohon birch akan menciptakan pelindung yang mencegah sel-sel kulit mati menjadi kering. Akibatnya, beberapa masalah kulit yang paling umum terkait kekeringan dapat diatasi, seperti pengelupasan, bersisik, dan gatal. Hidrasi yang ditawarkan oleh getah pohon birch ini juga dapat membantu mencegah garis-garis halus dan kerutan.

  • Memperbaiki kulit yang rusak

Seperti disebutkan sebelumnya, getah pohon birch mengandung asam amino, yang merupakan pembangun protein, yang dibutuhkan untuk perbaikan dan pemeliharaan kulit. Oleh karen itulah, banyak krim kosmetik atau serum anti penuaan mengandung getah birch, karena sangat efektif untuk memperbaiki kulit. 

  • Tanda-tanda penuaan

Manfaat lain dari getah birch adalah anti penuaan yang banyak memgandung antioksidan untuk menetralkan radikal bebas yang dapat merusak kulit yang sehat. Dengan penggunaan secara rutin, proses penuaan kulit akan tertunda, ditambah lagi hal ini juga bisa memperbaiki tanda-tanda penuaan yang sudah ada.

  • Meratakan warna kulit

Getah birch disukai karena kemampuannya untuk menghilangkan jerawat pada kulit, serta memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah pigmentasi. Tidak hanya itu, hal ini pun dapat membantu menghilangkan area gelap pada tubuh, seperti lutut atau siku. Banyak wanita menggunakan getah pohon birch ini untuk mengatsai bintik-bintik akibat penuaan.

  • Meningkatkan pertumbuhan rambut

Selain mengatasi berbagai masalah kulit dan kecantikan, birch sap ini pun sangat baik untuk meingkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini karena birch sap mampu untuk merangsang folikel rambut. tidak hanya itu, getah birch dapat menghindari seseorang dari kebotakan, rambut menipis, serta membantu Anda untuk mendapatkan rambut yang sehat serta lebat.

  • Birch sap dan tekanan darah

Getah birch mengandung magnesium dalam jumlah yang banyak, mineral yang dikenal untuk mengatur tekanan darah tubuh kita. Asupan magnesium yang baik akan membantu Anda melawan hipotensi dan tekanan darah tinggi. Meski begitu, jangan sampai anda mengonsumsi melebihi batas aman yang diizinkan.

  • Getah pohon birch melawan kelelahan

Orang yang lelah seing disarankan untuk membuat obat getah pohon birch. Berkat komposisinya yang kaya mineral esensial, air birch pun dapat memabntu mineralisasi tubuh. Tetapi minuman ini juga mengandung asam amino esensial, elemen jejak, dan vitamin yang menjadikannya sebagai minuman energi bagi  mereka yang ingin kembali bugar. 

  • Lawan gangguan pencernaan

Getah pohon birch sering kali digunakan untk melawan gangguan pencernaan, khususnya perut kembung. Nutrisi dan mineral yang ada dalam getah birch memabntu sistem pencernaan untuk kembali berfungsi secara optimal. Tetapi mereka juga akan memabntu meringankan gangguan pencernaan yang umum terjadi dan lebih serius, seperti tukak lambung. 

Kemungkinan efek samping yang bisa terjadi adalah karena Anda terlalu banyak mengonsumsi birch sap yang akan menimbulkan konsekuensi kesehatan. Beberapa orang bahkan bisa mengalami mual hingga diare, jika gejala tersebut muncul, kurangi atau hentikan penggunanaan dan dapatkan bantuan medis jika keadaan tidak membaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *