Lakukan Tes Urine Pada Laboratorium Prodia di Bekasi Untuk Pastikan Gangguan Kesehatan Yang Dialami

Banyak cara untuk mendeteksi adanya penyakit atau gangguan kesehatan yang Anda alami. Salah satu caranya adalah mendeteksi melalui pemeriksaan urine Anda. Urinalisis atau tes urine ini merupakan prosedur pemeriksaan yang bertujuan untuk melihat kondisi kimiawi, mikroskopik urine dan visual dari penyakit atau menentukan pengobatan yang akan dilakukan. Anda bisa melakukan tes urine pada laboratorium di Bekasi, salah satuya di Lab Prodia Bekasi.

Lab yang berada di Jalan Jend. Ahmad Yani No 21, Bekasi ini bisa Anda pilih untuk melakukan pemeriksaan urine. Ada bebrapa faktor yang bisa dijadikan sebagai penilaian pemeriksaan yaitu tampilan fisik seperti warna, bau, dan kejernihan, tingkat asam dan basa pada urine (tingkat pH), sampai penemuan zat – zat tertentu seperti protein, glukosa, sel darah merah dan sel darah putih, kristal, bakteri sampai bilirubin. 

Manfaat dari pemeriksaan urine ini banyak sekali. Berikut ini beberapa tujuan dilakukannya pemeriksaan urine Anda.

  1. Menentukan kehamilan

Pemeriksaan urine sebagai penentuan kehamilan adalah hal yang sangat umum. Anda bisa menggunakan sampel urine untuk mengecek Anda hamil atau tidak dengan menggunakan test pack. Pemeriksaan ini berdasarkan adanya hormon hCG pada sampel urine Anda.

  1. Mendeteksi zat berbahaya dalam tubuh

Tes ini biasanya dilakukan oleh atlet, pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran baik swasta maupun negeri sampai seseorang yang diduga sebagai pecandu narkoba. Benzodiazepine, barbiturate, phencyclidine, ganja, kokain, opioid, metamphetamine, dan amphetamine merupakan zat – zat berbahaya yang dapat terdeteksi melalui pemeriksaan urine. 

  1. Memantau perkembangan penyakit

Tidak hanya untuk mendeteksi penyakit atau zat berbahaya saja, tetapi melakukan tes urine juga dapat membantu Anda untuk memantau dan mengevaluasi dari perkembangan penyakit yang diderita. Selain itu juga bisa diketahui bagaimana respon tubuh terhadap pengobatan yang sedang atau bahkan sudah dijalani. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan bagi Anda yang mengalami diabetes, penyakit hati, lupus dan infeksi ginjal.

  1. Mendiagnosis penyakit

Jika Anda mengalami gejala seperti sakit perut, sering buang air kecil, ditemukannya darah pada urine, bahkan sampai sakit punggung, sangat disarankan untuk melakukan tes urine karena ada kemungkinan Anda mengalami infeksi saluran kemih. 

  1. Pemeriksaan kesehatan rutin

Tes urine juga bisa dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin yang Anda lakukan. Tujuan tes ini adalah untuk mengevaluasi medis rutin atau pun menilai kesehatan Anda secara menyeluruh. Skrining tahunan, penilaian kondisi sebelum operasi, sampai skrining pada penderita ginjal, diabetes melitus, penyakit hati dan hipetensi merupakan bagian dari hasil skrining tahunan yang dilakukan.

Hasil pemeriksaan dari sampel urine berupa beberapa hal berikut ini.

  1. Warna dan kejernihan

Pada kondisi normal, urine Anda akan tampak bening. Apabila ditemukan hasil urine yang berwarna sedikit keruh, berwarna cokelat atau merah, Anda perlu mewaspadainya. Hal ini karena menandakan adanya infeksi saluran kemih atau adanya darah di dalam urine Anda.

  1. Protein

Jika kadar protein dalam urine rendah, itu masih masuk dalam kategori normal. Tetapi jika kadar proteinnya sudah banyak menandakan adanya gangguan pada ginjal Anda. Tingginya kadar protein dalam urine bisa membentuk sel silinder. Jika sel silinder ini sudah terbentuk, Anda kemungkinan mengidap penyakit ginjal tertentu.

  1. Adanya darah

Apabila dalam urine Anda mengandung darah, itu artinya terdapat kemungkinan Anda menderita kandung kemih, kanker ginjal atau penyakit darah lainnya. Jumlah sel darah merah dan sel darah putih pun juga memengaruhi kesehatan Anda. Jika sel darah putih dalam kondisi abnormal menandakan adanya infeksi saluran kemih, dan jika sel darah merah yang melebihi batas normal, bisa mengakitkan penyakit ginjal dan kelainan darah.

Itulah manfaat dan tujuan dari dilakukannya tes urine untuk kesehatan. Anda bisa melakukan pemeriksaan ini pada laboratorium di Bekasi atau pun Lab Prodia terdekat yang terdapat di daerah Anda. Jika dari hasil lab ini menunjukkan adanya gangguan kesehatan, dokter akan menyarankan Anda untuk berdiskusi lebih lanjut dengan dokter urologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *