Ketahui Layanan Tes Hematologi di Parahita Makassar

Hematologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang darah dan kaitannya dengan kesehatan dan penyakit terutama pada manusia. Tes hematologi yang merupakan salah satu layanan di Parahita Makassar ini pada umumnya memiliki tujuan yaitu untuk memahami bagaimana suatu penyakit bisa terjadi, bagaimana gangguan atau masalah tersebut memengaruhi kesehatan seseorang, dan bagaimana cara mengobatinya.

Hematologi merupakan salah satu tes yang penting, karena darah memainkan peran penting dalam kesehatan manusia, termasuk:

  • mengangkut zat-zat penting, seperti oksigen dan nutrisi, ke seluruh tubuh
  • membantu mengontrol keseimbangan air dan keasaman tubuh
  • membantu melawan penyakit.

Jika terdapat gangguan pada darah, maka akan dapat memengaruhi beberapa sistem tubuh, seperti sistem limfatik, jaringan jaringan dan organ yang membersihkan limbah. Gangguan pada darah terkadang juga berasal dari masalah dengan sumsum tulang, di mana tubuh membuat sebagian besar sel darah di tempat tersebut.

Tes Hematologi

Tes hematologi biasanya dilakukan oleh petugas medis atau ahli hematologi yang merupakan dokter medis yang spesialis dalam mendiagnosis dan mengobati masalah dengan darah dan struktur terkait, seperti sumsum tulang.

Tes dan prosedur tes hematologi yang merupakan salah satu layanan Parahita Makassar  pada umumnya meliputi:

Tes Hitung Darah Lengkap

Tes hitung darah lengkap atau tes FBC adalah tes rutin yang mengevaluasi tiga komponen utama yang ditemukan dalam darah yaitu sel darah putih, sel darah merah dan trombosit. Ada banyak alasan untuk tes hitung darah lengkap, tetapi alasan umumnya yaitu infeksi, anemia dan dugaan penyakit hemato-onkologis.

Pengujian Sel Darah Putih (WBC)

Sel darah putih memiliki fungsi untuk membantu pertahanan tubuh dalam melawan penyakit. Perhitungan banyaknya sel darah putih dalam darah terbukti sangat membantu untuk proses diagnosis dan mengobati berbagai kondisi gangguan kesehatan. Peningkatan sel darah putih pada umumnya terjadi pada orang yang sedang melawan infeksi atau menderita anemia.

Pengujian Sel Darah Merah (RBC)

Jumlah sel darah merah dalam tubuh dapat meningkat karena kondisi dehidrasi, stres dan kecemasan, atau gangguan pada sumsum tulang. Sel darah yang berkurang dapat disebabkan oleh pengobatan kemoterapi, penyakit inflamasi kronis, kehilangan darah dan beberapa jenis kanker.

Tes Hemoglobin

Tanpa hemoglobin, oksigen tidak akan dapat didistribusikan pada sel-sel di seluruh tubuh.. Hemoglobin sangat penting untuk fungsi tubuh manusia, tetapi jumlahnya dapat meningkat atau menurun yang dipengaruhi berbagai kondisi. Suatu kondisi seperti dehidrasi, gagal jantung kongestif, dan penyakit paru obstruktif kronik semuanya dapat menyebabkan peningkatan kadar hemoglobin, sementara kehilangan darah, anemia, penyakit hati, dan limfoma dapat menyebabkan penurunan hemoglobin.

Hematokrit dan Trombosit

Hematokrit, atau HCT seperti yang biasa dikenal di kalangan medis, adalah rasio plasma darah terhadap sel darah merah. Plasma merupakan komponen cairan dalam darah. Tes HCT biasanya dilakukan ketika tingkat hidrasi dan anemia diduga menyebabkan masalah kesehatan. Tingkat HCT dapat dipengaruhi dengan cara yang sama seperti kadar hemoglobin. Jika dicurigai pasien menderita anemia, biasanya dokter melakukan pemeriksaan sel darah merah, hemoglobin, dan hematokrit secara bersamaan.

Sedangkan trombosit memiliki peran dalam proses pembekuan darah. Kadar trombosit dalam darah bisa meningkat yang dapat disebabkan oleh kondisi peradangan seperti trauma, infeksi akut, dan sejumlah kanker ganas. Sedangkan penurunan kadar trombosit dapat terjadi akibat anemia, gangguan koagulasi seperti anemia sel sabit, keracunan alkohol dan infeksi.

Tes Mononukleosis

Mononukleosis menular atau yang kerap disebut sebagai mono, merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh virus Epstein Barr. Mono isa menjadi kondisi serius dan sangat menular. Tes mononukleosis melibatkan pencarian antibodi yang dibuat oleh sistem kekebalan saat bekerja untuk melawan infeksi.

Tes Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat membuat penderita merasa kelelahan, lemas dan menjadi tidak bertenaga. Tes darah sederhana dapat mendeteksi apakah kadar vitamin B12 telah menurun. Vitamin B12 Ini sangat penting untuk membuat sel darah yang sehat, saraf yang sehat dan DNA yang stabil. Jika kekurangan vitamin B12 terdeteksi, kondisi ini mudah dikelola dengan suplemen, perubahan diet dan suntikan vitamin.

Profil Ginjal

Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring dan membuang limbah yang terbentuk di dalam tubuh. Profil ginjal dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai bagaimana ginjal Anda berfungsi. Tes darah untuk profil ginjal akan mencakup pengujian kadar kreatinin dan nitrogen urea darah, di mana kedua hal tersebut bertanggung jawab untuk fungsi ginjal yang sehat.

Tes Kolesterol

Tingkat kolesterol yang tinggi sangat terkait dengan risiko penyakit jantung dan kondisi fatal lainnya. Oleh karena itu, tes kolesterol dapat memberikan gambaran pada dokter apakah pasien perlu mengambil tindakan untuk menurunkan kolesterol darah dan apakah perawatan lebih lanjut diperlukan. Tes darah untuk tes kolesterol itu sendiri melibatkan pengujian Kolesterol Total, Kolesterol LDL (buruk), Kolesterol HDL (baik), Trigliserida dan rasio risiko pasien.

Tes Glukosa Darah

Tes glukosa darah digunakan untuk menunjukkan seberapa baik pasien mampu mengontrol diabetesnya selama beberapa bulan terakhir. Tes glukosa darah adalah tes non-puasa yang menunjukkan tingkat nilai glukosa dalam darah. Tes ini juga sering disebut sebagai pengujian A1c, Glycohemoglobin atau HbA1c. Meskipun tes glukosa darah adalah tes yang sangat akurat, tes ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti tes glukosa harian rutin.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan tes hematologi, Anda bisa menghubungi rumah sakit atau klinik terdekat seperti Parahita Makassar yang berlokasi di Jalan Gunung Latimojong No.123, Maradekaya, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90151. Laboratorium Klinik Parahita Makassar memiliki jam operasional yaitu Senin sampai Jumat pukul 07.00 hingga 19.00, sedangkan untuk hari Sabtu buka mulai pukul 07.00 hingga 16.00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *