Ketahui Jenis-jenis Layanan yang Termasuk dalam Home Care

Tidak seperti pelayanan di rumah sakit atau klinik pada umumnya, home care merupakan layanan kesehatan yang biasanya dilakukan di rumah. Perawatan secara home care yang dapat diterima pasien di rumah juga tidak terbatas. 

Layanan perawatan home care tentu harus disesuaikan pada masing-masing kondisi kesehatan pasien. Perawatan yang diperlukan berkisar dari perawatan sehari-hari hingga layanan medis khusus, seperti pemeriksaan laboratorium. Anda dan dokter bisa berdiskusi untuk menentukan rencana perawatan dan layanan yang mungkin diperlukan di rumah. Layanan home care yang bisa Anda peroleh adalah sebagai berikut.

Layanan home care di masa pandemi perlu cara yang lebih kreatif

1. Perawatan Dokter

Layanan perawatan home care dapat menyediakan seorang dokter untuk mengunjungi pasien di rumah untuk mendiagnosis dan mengobati penyakitnya. Selain itu, dokter juga bisa secara berkala meninjau kebutuhan perawatan kesehatan pasien saat di rumah.

2. Perawatan Sehari-hari

Perawatan yang disediakan melalui layanan home care ada beberapa jenis, namun akan disesuaikan tergantung pada kebutuhan pasien. Saat Anda memerlukan layanan ini, ketika konsultasi dengan dokter, maka perawat terdaftar akan membuat rencana perawatan yang disesuaikan dengan kondisi Anda.

Perawatan sehari-hari yang dilakukan oleh perawat mencakup membalut luka, perawatan ostomi, terapi intravena, pemberian obat, pemantauan kesehatan umum pasien, kontrol nyeri, dan layanan untuk mendukung kesehatan lainnya.

3. Terapi Fisik, Okupasi, dan atau Wicara

Beberapa pasien mungkin memerlukan suatu bantuan terapi untuk mempelajari kembali cara melakukan tugas sehari-hari mereka, atau memperbaiki kemampuan berbicara setelah mengalami sakit atau cedera. 

Layanan home care ini akan menyediakan seorang ahli terapi fisik yang dapat menyusun rencana perawatan, agar pasien dapat beraktivitas kembali, atau memperkuat penggunaan otot dan sendi. Terapis okupasi akan membantu pasien dengan cacat fisik, serta yang mengalami gangguan perkembangan, sosial, atau emosional untuk mempelajari kembali bagaimana melakukan kegiatan sehari-hari seperti makan, mandi, berpakaian, dan banyak lagi. Terapis wicara juga akan membantu pasien dengan gangguan bicara agar pasien bisa kembali mendapatkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas.

4. Layanan Sosial Medis

Pekerja sosial medis akan memberikan berbagai layanan untuk pasien, seperti konseling dan menemukan komunitas yang bisa membantu pasien untuk segera pulih. Beberapa pekerja sosial bisa bekerja sebagai manajer dari pasien, apalagi jika kondisi medis pasien sangat kompleks dan memerlukan koordinasi banyak layanan.

5. Perawatan dari Pembantu Kesehatan di Rumah

Pembantu kesehatan di rumah bertugas untuk membantu pasien melakukan kegiatan sehari-hari seperti bangun dari tempat tidur, berjalan, mandi, dan berpakaian. Pekerja yang membantu kebutuhan dasar pribadi pasien tersebut pada umumnya telah menerima pelatihan khusus untuk membantu pasien dengan perawatan yang lebih khusus di bawah pengawasan seorang perawat.

6. Bantuan Pekerjaan Rumah Tangga

Saat pasien dirawat secara medis di rumah, layanan home care juga memberikan bantuan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyiapkan makanan, mencuci pakaian, berbelanja bahan makanan, dan sebagainya,

7. Bantuan Nutrisi

Ahli diet atau nutrisi dapat memberikan rekomendasi mengenai diet atau menu makan yang harus dikonsumsi untuk mendukung rencana perawatan atau pengobatan.

8. Pencitraan Laboratorium dan Sinar-X

Tes laboratorium tertentu seperti tes darah dan urin dapat dilakukan di rumah pasien agar lebih nyaman. Selain itu, layanan home care juga ada yang menyediakan tes menggunakan mesin sinar-X portabel agar memungkinkan teknisi laboratorium untuk melakukan layanan ini di rumah.

9. Layanan Farmasi

Obat dan alat kesehatan juga bisa diantar ke rumah. Pada layanan home care ini, jika pasien membutuhkan, maka pelatihan dapat diberikan tentang cara mengonsumsi obat atau penggunaan peralatan medis, termasuk terapi intravena.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *