Kenapa Gusi Sering Berdarah? Ini Penyebabnya!

Kenapa Gusi Sering Berdarah? Ini Penyebabnya!

Gusi berdarah mungkin sudah sering Anda alami. Terkadang memang kondisi ini bisa terjadi secara tiba-tiba bahkan saat tidak masalah pada gusi. Jika Anda termasuk sering mengalami gusi berdarah secara tiba-tiba, Anda patut waspada. Seringkali kejadian gusi berdarah disebabkan oleh trauma pada gusi.

Misalnya, aktivitas sikat gigi yang terlalu kuat dan penggunaan benang gigi yang baru. Jika gusi berdarah disebabkan oleh dua hal tersebut, maka kejadian ini bisa dicegah. Namun, jika Anda tidak sedang sikat gigi atau menggunakan bedang gigi tetapi tiba-tiba Anda mengalami gusi berdarah, maka Anda perlu mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Apalagi, jika kondisi ini terjadi berulang-ulang kali.

Simak beberapa penyebab gusi berdarah yang terjadi tiba-tiba tanpa adanya trauma atau penyakit pada gusi Anda:

  1. Kekurangan vitamin K

Kurangnya asupan vitamin K dalam tubuh, bisa membuat darah lebih sulit untuk menggumpal atau dengan kata lain, jika terjadi pendarahan, maka dara akan lebih sulit untuk berhenti.

  • Leukemia

Leukemia merupakan salah satu jenis kanker darah. Kondisi ini biasanya akan membuat penderita memiliki kandar trombosit yang rendah. Hal ini menyebabkan terjadinya penderahan secarah mudah bahkan teradi secara tiba-tiba. Ketika terjadi, biasanya juga akan lebih sulit berhenti.

  • Trombositopenia

Trombositopenia merupakan kondisi dimana trombosit dalam darah kurang dari jumlah normalnya. Kondisi ini bisa terjadi pada penderita leukimia ataupun pada mereka yang tidak memilki leukemia. Kondisi ini bisa membuat pendarahan mudah terjadi. Penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyakit dengan salah satu tanda trombositopenia.

  • Hemofilia atau penyakit Von Willebrand

Gangguan darah hemofilia atau penyakit Von Willebrand juga bisa menjadi penyebab gusi berdarah berulang pada Anda. Jika Anda ingin memastikan benar atau tidaknya, Anda perlu melakukan pemeriksaan darah lebih lanjut.

  • Diabetes

Gusi berdarah adalah salaha satu ciri diabetes 1 dan 2 yang juga perlu Anda sadari. Penderita diabetes tidak bisa melawan kuman atau bakteri, yang bisa menyebabkan berbagai gangguan di tubuh, termasuk radang gusi, yang bisa membuat gusi menjadi lebih mudah berdarah.

Jika Anda sering mengalami gusi berdarah yang terus-menerus, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terdekat. Lebih cepat diketahui penyebabnya, maka lebih cepat juga Anda ditangani dan mencegah gusi berdarah terulang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *