Kaki Linu? Ini Cara Untuk Mengatasinya!

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang melakukan banyak pekerjaan cukup banyak. Kaki harus menopang berat tubuh Anda selama berjam-jam saat Anda berdiri dalam waktu yang lama. Kaki juga melakukan pekerjaan berat saat Anda berolahraga seperti berlari. Terkadang hal tersebut bisa menyebabkan kaki linu yang tentu membuat Anda tidak nyaman.

Perawatan untuk Kaki Linu

Kaki linu bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari cedera, obesitas hingga mengenakan sepatu yang kurang pas. Kaki linu, pegal maupun nyeri bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Berikut beberapa perawatan dan pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi linu pada kaki.

Makanan untuk penderita pengapuran tulang perlu dicermati agar tingkat keparahan sakit sendi bisa dikurangi
  1. Kompres Air Dingin

Anda bisa meredakan linu maupun nyeri pada kaki Anda dengan mengompresnya dengan air dingin atau es batu. Hal ini berguna bagi Anda yang mengalami nyeri pada persendian kaki akibat cedera, infeksi, peradangan, radang sendi atau asam urat.

Namun jangan mengompresnya langsung pada kulit, gunakan handuk atau kain kecil. Anda bisa mengompresnya selama 15 hingga 20 menit.

Anda juga dapat menggunakan botol air dingin lalu gulingkan pada bagian kaki yang linu.

  1. Peregangan

Lakukan peregangan khususnya pada bagian kaki Anda yang sakit. Anda juga bisa melakukan peregangan pada salah satu area kaki seperti tumit atau jari kaki. Peregangan dapat mencegah kram sekaligus meningkatkan fleksibilitas. Beberapa gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan seperti:

  • Melenturkan jari-jari kaki Anda, lalu tekuk dan luruskan, ulangi hingga beberapa kali.
  • Duduk di kursi dengan kaki berada di atas handuk, ambil handuk tersebut hingga membuat kaki Anda tertarik ke arah tubuh.
  • Duduk dan rentangkan kaki, gerakan pergelangan kaki Anda dengan memutarnya searah jarum jam dan berlawanan dari arah jarum jam.

Anda bisa melakukan peregangan tersebut beberapa kali dalam sehari.

  1. Pijat

Siapa yang tidak suka pijat? Bagi orang Indonesia, pijat adalah salah satu cara untuk mengatasi pegal dan linu. Memijat kaki bisa mengatasi linu dan meningkatkan sirkulasi darah. Anda bisa memijat kaki dengan menggunakan lotion untuk minyak untuk memudahkan memijat.

  1. Gunakan Sepatu yang Sesuai

Salah satu penyebab kaki linu adalah menggunakan sepatu dengan ukuran yang terlalu kecil atau besar. Sepatu yang tidak pas akan membuat kaki Anda tidak nyaman. Dengan menggunakan ukuran sepatu yang pas bukan hanya meminimalisir sakit pada kaki, namun juga bisa mencegah kuku kaki tumbuh ke dalam.

Selain menggunakan sepatu dengan ukuran yang sesuai, khusus untuk wanita gunakan sepatu dengan hak yang rendah. Hal ini bisa membantu mengatasi kaki bengkak dan nyeri pada lengkung kaki, ini sangat berguna terutama saat masa kehamilan.

Sedangkan dengan orang yang menderita plantar fasciitis (sakit pada tumit bagian bawah), gunakan sepatu yang lebih lebar dengan sol tebal dan empuk.

  1. Minum Obat Pereda Nyeri

Guna mengurangi kaki linu, sakit atau nyeri Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen. Obat NSAID juga mampu mengurangi peradangan serta mengurangi nyeri pada penderita radang sendi hingga asam urat. Obat tersebut juga bisa membantu mengatasi bengkak pada kaki.

  1. Terapkan Metode RICE

Jika kaki linu yang Anda rasakan karena terkilir atau keseleo, Anda bisa mencoba metode RICE (rest, ice, compression, dan elevation. Metode RICE meliputi:

  • Rest (istirahat) mengistirahatkan kaki dari berlari, berolahraga atau berjalan guna mencegah cedera semakin memburuk.
  • Ice (es) saat kaki Anda terkilir, langsung kompres dengan air dingin. Kompres beberapa kali dalam 48 jam pertama selama 15 hingga 20 menit.
  • Kompresi, balut kaki yang cedera dengan perban. Usahakan perban harus pas namun jangan terlalu erat.
  • Elevation, angkat kaki Anda saat berbaring sehingga kaki yang cedera lebih tinggi dari tubuh Anda. Ini berguna untuk mengurangi pembengkakan pada kaki Anda.

Jika beberapa cara di atas tidak mampu mengatasi kaki linu yang Anda alami, segera temui dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *