Inilah Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Menyusui

Setelah menjalani masa kehamilan, wanita memasuki tahap menyusui. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan selama menjalani masa menyusui, salah satunya termasuk mengkonsumsi makanan tertentu. Ada berbagai kandungan yang bermanfaat bagi ibu menyusui untuk menjaga kondisinya dan bayi mereka, salah satunya termasuk asam folat. Asam folat untuk ibu menyusui memiliki peran yang sama ketika mereka menjalani masa kehamilan.

Pemahaman Tentang Asam Folat

Asam folat juga disebut sebagai vitamin B9 dimana kandungan tersebut mampu memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan ibu menyusui dan bayi mereka.

Jika Anda merupakan seorang ibu yang menjalani tahap menyusui, Anda perlu pahami bahwa khasiat tubuh akan lebih optimal jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat setiap hari. Kebutuhan asam folat yang direkomendasikan adalah 500 mcg per hari.

Jika asupan makanan berkualitas dan mencukupi, Anda dan bayi Anda akan mendapatkan kebutuhan nutrisi yang baik sehari-hari.

Asam Folat Untuk Ibu Menyusui

Berikut adalah manfaat asam folat untuk ibu menyusui:

  1. Membuat sel-sel baru

Asam folat memiliki kegunaan dalam membuat DNA yang dapat mendukung pertumbuhan sel manusia. Tidak hanya itu, asam folat juga dapat memperbaiki sistem saraf yang rusak. Oleh karena itu, asam folat memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan regenerasi sistem saraf pusat.

  1. Menjaga suasana hati

Setelah melakukan persalinan, banyak ibu yang mengalami depresi. Hal tersebut merupakan hal yang wajar terjadi. Untuk mengatasi masalah seperti ini, ibu menyusui dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, karena kandungan tersebut juga dapat memperbaiki suasana hati (mood).

Kebutuhan asam folat yang tidak mencukupi dapat meningkatkan risiko depresi. Sebuah penelitian menyatakan bahwa asam folat dapat meningkatkan 3 zat, antara lain dopamin, norepinefrin, dan serotonin. Depresi terjadi karena ibu menyusui mengalami kekurangan zat-zat tersebut.

  1. Mengatasi anemia

Sebuah penelitian menyatakan bahwa asam folat memiliki kegunaan dalam pembentukan dan regenerasi sel darah merah. Pembentukan sel darah merah membutuhkan asam folat. Jika asupan asam folat berkurang, maka produksi sel darah merah tidak berjalan dengan baik sehingga tubuh ibu menyusui berisiko terhadap anemia.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Asam folat diklaim dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Penyakit jantung terjadi karena seseorang mengalami tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menyatakan bahwa asam folat mampu menurunkan tekanan darah dengan baik. Tidak hanya itu, penelitian lain menyatakan bahwa asam folat mampu mengatur kontraksi dan relaksasi pembuluh darah dan enzim pembeku darah supaya berada di tingkat yang normal.

Asam Folat Untuk Bayi

Ketika bayi berusia di antara 0 hingga 5 bulan, asam folat didapatkan bayi melalui ASI (air susu ibu). Ketika bayi berusia di antara 6 bulan hingga 3 tahun, asam folat diperoleh melalui MPASI (makanan pendamping ASI). Asam folat yang direkomendasikan kepada bayi adalah 80 hingga 160 mcg.

Berikut adalah manfaat asam folat untuk bayi:

  1. Membantu perkembangan saraf

Asam folat dapat membantu perkembangan saraf bayi sehingga hal tersebut dapat mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

  1. Membantu perkembangan otak

Asam folat dapat membantu perkembangan otak bayi seperti daya ingat dan kemampuan kognitifnya.

  1. Membantu pertumbuhan

Asam folat juga memiliki peran dalam pertumbuhan bayi supaya bayi dapat tumbuh dengan optimal.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Ada berbagai makanan yang mengandung asam folat. Contohnya adalah telur, asparagus, brokoli, pisang, dan pepaya.

Kesimpulan

Asam folat untuk ibu menyusui dan bayi dapat membantu menjaga kondisi tubuh mereka. Hal tersebut juga dapat mengurangi risiko penyakit seperti penyakit jantung pada ibu menyusui. Oleh karena itu, Anda dan bayi Anda sebaiknya konsumsi asam folat secara rutin selama menjalani tahap menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *