Ini Perbedaan Omega 3, 6, dan 9 dari Sisi Manfaat

Asam lemak esensial atau omega memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, Anda mesti memahami bahwa ada perbedaan dari tiap asam lemak esensial yang Anda konsumsi. Setidaknya, ada tiga jenis asam lemak esensial atau omega yang diperlukan tubuh, yaitu omega 3,6, dan 9. 

Walaupun sama-sama berjenis asam lemak esensial, terdapat perbedaan omega 3,6,9 dari sisi strukturnya. Karena itulah, manfaat yang dihasilkan pun tidak sama. Meskipun demikian, manfaat asam lemak apapun itu sama-sama penting bagi kesehatan Anda. 

Yuk, kenali perbedaan omega 3,6, dan 9 dari segi manfaatnya. Apa saja manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi berbagai asam lemak esensial tersebut. 

Manfaat Omega 3

Asam lemak esensial yang berjenis omega tiga memiliki manfaat yang sangat penting bagi jantung dan sistem aliran darah. Pasalnya, omega 3 mengandung docohexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) yang merupakan nutrisi sangat baik bagi kesehatan jantung. 

Nutrisi inilah yang menjadi perbedaan omega 3,6, dan 9 yang paling mendasar. Nutrisi dari omega 3 bis memperlambat perkembangan plak di pembuluh darah. Tidak hanya itu, nutrisi omega 3 juga bisa mengurangi pembentukan trigliserida yang merupakan bagian dari kolesterol yang membentuk kadar lemak dalam darah. Kemampuan ini berpengaruh pada semakin rendahnya risiko terkena serangan jantung ataupun stroke. 

DHA maupun EPA yang dimiliki oleh omega 3 juga mampu mengurangi tingkat irama jantung tidak normal pada organ tubuh Anda. Ini karena omega 3 mampu menaikkan tekanan darah sehingga memulihkan kondisi darah rendah pada seseorang. Darah yang terlalu rendah sendiri bisa menjadi sumber penyakit jantung, khususnya terkait irama jantung yang tidak normal. 

Manfaat Omega 6 

Perbedaan Omega 3,6, dan 9 semakin jelas terlihat ketika Anda mengetahui manfaat dari omega 6. Sepintas, omega 6 memang memiliki manfaat untuk kesehatan jantug juga, seperti yang bisa dilakukan oleh omega. Namun karena unsur pembentuknya berbeda, manfaat yang bisa disajikan omega 3 juga lebih beragam. 

Jenis asam lemak esensial yang satu ini mengandung asam arakidonat tinggi yang sangat mampu menstimulasi perkembangan saraf dan otak. Karena alasan inilah, menu MPASI disarankan berisi makanan yang mengandung omega 6 untuk mendukung pertumbuhan otak bagi agar optimal. Mengonsumsi makanan dengan kandungan omega 6 juga mampu mencegah masalah hiperaktif pada anak.  

Omega 6 juga berperan meningkatkan korrdinasi perkembangan anak. Dengan begitu, anak-anak yang rutin mengonsumsi makanan kaya omega 6 umumnya lebih terhindar dari keterlambatan berbicara, berjalan, hingga membaca. 

Kemampuan omega 3 dalam mendukung perkembangan otak dan mental anak sudah terbukti secara ilmiah. Bayi yang diberi susu formula dengan asam arakidonat dan asam docosahexaenoic selama 4 bulan pertama kehidupan tidak memiliki skor IQ yang lebih tinggi, tetapi mampu memproses informasi lebih cepat.

Tidak hanya itu, omega 6 juga bisa sangat mendukung kesehatan mata Anda. Mengonsumsi makanan dengan asam lemak esensial yang satu ini bisa meningkatkan produksi air mata sehingga risiko iritasi mata yang parah bisa diminimalkan. 

Manfaat Omega 9 

Lalu bagaimanakah manfaat omega 9? Secara umum, omega 9 juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Sama seperti omega 3, omega 9 menjaga kesehatan jantung dengan mencegah pembentukan plak di dalam darah. 

Namun, manfaat utama dari omega 9 lebih kea rah suasana hati. Anda bisa merasakan suasana hati yang membaik apabila mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan asam lemak esensial yang satu ini. Suasana hati yang membaik pada akhirnya bisa menghindarkan Anda dari risiko berbagai macam masalah mental ataupun depresi yang tidak terkendali. 

Di samping itu, mengonsumsi makanan kaya omega 9 sebagai menu sarapan sangat disarankan. Pasalnya, omega 9 mampu meningkatkan dan menjaga energi Anda. Mengonsumsi makanan kaya omega 9 di waktu sarapan akan memastikan energi Anda lebih terjaga sepanjang hari untuk menjalankan sejumlah aktivitas.

*** 

Meskipun perbedaan omega 3,6, dan 9 dari sisi manfaat cukup banyak; ternyata ketiganya juga memiliki kesamaan dari sisi menjaga kesehatan jantung. Lalu, manakah yang lebih layak dikonsumsi? Karena perbedaan manfaat ketiganya, tentu saja baiknya Anda mengonsumsi ketiganya pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *