Ini Manfaat Mengonsumsi Minyak Ikan Terbaik

Minyak ikan dikenal sebagai salah satu bahan alami yang penting untuk kesehatan tubuh. Jika Anda ingin mendapatkan asupan omega 3 dengan optimal, Anda perlu memilih minyak ikan terbaik.

Ada banyak merek minyak ikan terbaik yang bisa dicoba, mulai dari Nordic Naturals DHA Xtra Omega-3 Fish Oils hingga Blackmores Odourless Fish Oil 1000.

Keuntungan dari mengonsumsi minyak ikan terbaik

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi minyak ikan. Berikut ini beberapa keuntungannya:

Menjaga kesehatan jantung

Minyak ikan terbaik mampu bekerja untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Secara tidak langsung, asupan minyak ikan bisa menurunkan risiko kondisi yang menyebabkan komplikasi berupa penyakit jantung.

Setelah dikonsumsi, minyak ikan bekerja dengan menurunkan kadar trigliserida serta meningkatkan kadar kolesterol yang baik. Selain itu, minyak ikan juga mampu memperlambat proses perkembangan pembuluh darah dan mengatasi irama jantung yang tidak normal.

Hal-hal tersebut secara tidak langsung berkontribusi juga dalam menurunkan kemungkinan penyakit jantung. 

Menurunkan berat badan

Tahukah Anda bahwa minyak ikan juga bisa membantu menurunkan berat badan? Minyak ikan bekerja dengan memperbaiki komposisi tubuh serta mengendalikan risiko penyakit jantung akibat obesitas.

Obesitas adalah istilah yang mengacu pada orang dengan indeks massa tubuh jauh melebihi normal. Saat seseorang menderita obesitas, mereka rentan mengalami berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, minyak ikan akan bekerja dengan lebih efektif ketika dikombinasikan dengan pola hidup sehat, seperti berolahraga. 

Meredakan gejala autoimun

Autoimun merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh Anda melakukan pekerjaan dengan keliru. Bukannya menyerang sel-sel jahat yang mengganggu tubuh, sistem kekebalan tubuh Anda justru menyerang sel-sel tubuh yang baik.

Penelitian telah membuktikan bahwa gejala dari penyakit autoimun bisa diredakan dengan konsumsi minyak ikan terbaik. Selain itu, minyak ikan juga bisa membantu dalam mengelola faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Kondisi autoimun yang bisa diredakan dengan minyak ikan adalah psoriasis, sindrom Raynaud, lupus, dan osteoartritis lutut.

Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat omega 3 pada minyak ikan sudah sejak lama dikenal mampu meningkatkan kesehatan mata. Karena itu, banyak penderita gangguan penglihatan yang dianjurkan untuk meningkatkan asupan minyak ikan oleh dokter mata.

Mata bekerja dengan mengandalkan lemak omega 3. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa orang-orang yang kekurangan omega 3 lebih berisiko mengalami gangguan mata.

Masalah penglihatan juga bisa terjadi seiring bertambahnya usia. Karena itu, minyak ikan juga cocok dikonsumsi oleh para lansia untuk memelihara kesehatan matanya. 

Kesehatan mental

Anda mungkin tidak tahu bahwa minyak ikan juga berkontribusi dalam memelihara kesehatan mental. Secara khusus, menurut penelitian, omega 3 pada minyak ikan mampu digunakan sebagai obat untuk penderita depresi.

Risiko depresi semakin meningkat ketika seseorang mengalami ketidakseimbangan asam lemak omega 3 dalam tubuhnya. Karena itulah, minyak ikan banyak dilibatkan sebagai salah satu bahan dasar dalam pembuatan obat antidepresan.

Sejauh ini, minyak ikan terbaik sudah digunakan untuk mengobati kondisi kesehatan mental seperti penyakit Alzheimer, gangguan bipolar, dan ADHD. 

Masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi minyak ikan. Umumnya, suplemen minyak ikan bisa Anda beli secara langsung dengan bebas tanpa memerlukan resep dokter.

Meski begitu, apabila Anda ingin mendapatkan rekomendasi yang lebih meyakinkan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis suplemen yang cocok bagi Anda. Dokter akan membantu memberikan rekomendasi minyak ikan terbaik bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *