Ingin Berolahraga dengan Cara yang Menyenangkan? Yuk Coba Senam Irama

Apakah Anda pernah mendengar tentang senam irama? Senam irama atau yang juga disebut dengan senam ritmik adalah gerakan senam yang dipraktikkan diiringi irama musik. Senam irama di dalamnya juga termasuk latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

senam irama

Jika Anda pernah melihat tayangan pertandingan Olimpiade, mungkin Anda familier dengan olahraga senam irama yang dilakukan menggunakan pita. Walaupun pada dasarnya jenis olahraga ini dapat dilakukan dengan alat lainnya, seperti ganda, tongkat, bola, topi, atau simpai, bahkan dapat dilakukan tanpa alat apa pun.

Apa saja manfaat senam irama?

Senam irama yang termasuk dalam kategori olahraga senam cukup berbeda jika dibanding dengan olahraga lain, seperti berenang atau jogging. Olahraga ini tidak membutuhkan kekuatan paru-paru maupun jantung, sehingga lebih aman untuk dipraktikkan oleh siapa pun. Dengan begitu, manfaat senam irama dapat dirasakan oleh siapa saja. Apa saja manfaat senam irama?

  • Melatih keseimbangan

Gerakan senam irama banyak yang memerlukan kekuatan keseimbangan tubuh. Melatih keseimbangan tubuh dapat bermanfaat untuk membantu memperbaiki postur tubuh, bahkan mengurangi risiko terjadinya pembengkokan tulang belakang.

  • Baik untuk kesehatan mental

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik tubuh, namun senam irama juga dapat berdampak positif untuk kesehatan mental Anda. Hal ini didukung oleh fakta hasil dari sebuah penelitian yang menegaskan bahwa anak-anak yang secara rutin melakukan gerakan senam, memiliki kemampuan lebih dalam memecahkan masalah dan konsentrasi lebih baik dibanding dengan anak-anak yang tidak senam. Kelebihan kemampuan tersebut dapat mempengaruhi performa akademis.

Di samping itu, manfaat senam irama bagi orang dewasa dipercaya dapat mengurangi stres secara efektif.

  • Mengurangi risiko cedera

Manfaat senam irama yang selanjutnya adalah mengurangi risiko terkena cedera. Gerakan senam irama banyak yang berkaitan dengan kekuatan kelenturan tubuh. Otot dan persendian tubuh yang dilatih secara rutin akan menjadi lebih lentur, sehingga terhindar dari risiko cedera, walaupun Anda melakukan aktivitas berat sekalipun.

Gerakan apa saja yang dapat dilakukan ketika olahraga senam irama?

Terdapat beberapa jenis gerakan yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Menggunakan tali: gerakan dengan alat bantu tali serupa dengan gerakan lompat tali. Namun, gerakan ini lebih bervariasi, karena menggabungkan gerakan berayun, melempar, membentuk angka 8, hingga berotasi.
  • Alat bantu tongkat: gerakan ini dilakukan dengan mengentak-entakkan tongkat, lalu melempar dan menangkapnya, atau Anda juga dapat memodifikasi gerakan yang seirama dengan ritme musik.
  • Menggunakan bola karet: Anda membutuhkan bola karet yang berukuran 18-20 centimeter. Gerakan ini dilakukan dengan melempar, memantulkan, dan menggulingkan bola sambil bergerak mengikuti ritme musik.
  • Bantuan simpai: simpai adalah alat bantu yang berbentuk lingkaran besar yang terbuat dari plastik atau rotan. Alat bantu ini dapat Anda gunakan seperti Anda menggunakan hula hoop. Anda juga dapat menggunakan simpai untuk membentuk angka 8, atau melempar dan menangkap kembali simpai.
  •  Tanpa alat bantu: gerakan ini cocok untuk dilakukan bagi para pemula. Gerakan ini memiliki fokus pada gaya, teknik, dan juga kemampuan menari Anda.

Senam irama dapat dilakukan secara mandiri atau dengan bantuan instruktur senam. Jika Anda baru melakukan jenis olahraga senam untuk yang pertama kali, disarankan untuk meminta bantuan instruktur senam terlebih dulu, sebelum akhirnya Anda dapat melakukan senam irama secara mandiri. Nantinya, instruktur senam tidak hanya akan mencontohkan gerakan senam irama, namun juga ia akan menjelaskan manfaat dari tiap gerakan yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *