Hati-hati Gangguan Keseimbangan, Lakukan Tes Posturografi

Gangguan keseimbangan dapat menyebabkan pusing dan membuat Anda seperti berputar atau bergerak mesikipun Anda sedang berdiri atau duduk diam. Sebagai hasilnya, Anda merasa tidak enak dan mual, yang mana akan sangat mengganggu kehidupan aktivitas sehari-hari Anda. Dalam beberapa kasus, gangguan keseimbangan juga dapat menyebabkan seseorang terjatuh, mengakibatkan patah tulang dan cidera lain. Gejala utama adanya gangguan keseimbangan adalah Anda merasa goyah saat berjalan atau berdiri. Apabila Anda merasa kesulitan berjalan akibat hal tersebut, segera lakukan beberapa jenis tes gangguan keseimbangan seperti tes darah, tes pergerakan mata, dan posturografi untuk membantu dokter memberikan diagnosa dan perawatan yang tepat. Namun, apa sebenarnya gangguan keseimbangan tersebut?

Apa yang menyebabkan gangguan keseimbangan?

Beberapa penyebab gangguan keseimbangan di antaranya adalah infeksi pada telinga, gangguan telinga dalam, cidera kepala, sirkulasi darah yang buruk, penggunaan beberapa obat-obatan tertentu, ketidakseimbangan kimiawi di otak, tekanan darah rendah dan tinggi, kondisi saraf tertentu, penuaan, dan arthritis. Agar mendapatkan diagnosa yang tepat, Anda perlu melakukan beberapa rangkaian tes seperti posturografi. Beberapa diagnosa yang dapat dibuat di antaranya adalah:

  • Vertigo. Kondisi ini dapat menyebabkan penderita pusing saat menggerakkan kepala mereka. Gejala ini biasanya muncul ketika Anda mencoba melihat ke belakang atau menengadah ke atas guna mengambil sesuatu yang terletak di atas kepala.
  • Infeksi atau peradangan telinga dalam. Kondisi ini dapat membuat Anda pusing dan goyah saat berjalan. Penyakit flu atau infeksi sistem pernapasan atas dapat menyebabkan kondisi ini.
  • Penyakit Meniere. Penyakit jenis ini mengubah volume cairan yang ada di dalam telinga Anda dan menyebabkan gangguan keseimbangan, hilangnya kemampuan dalam mendengar, dan bunyi dering nyaring di telinga. Hingga saat ini, penyebab penyakit ini masih belum diketahui.
  • Cidera kepala dapat disebabkan oleh aktivitas fisik yang keras, infeksi telinga, dan perubahan tekanan udara. Kondisi-kondisi tersebut akan menyebabkan bocornya cairan dalam telinga ke telinga tengah, mengakibatkan gangguan keseimbangan.
  • Perjalanan laut yang dapat menyebabkan gangguan keseimbangan yang membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk benar-benar hilang.
  • Tumor. Kondisi seperti neuroma akustik dapat menyebabkan gangguan keseimbangan.

Faktor risiko dan diagnosa

Anda memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita gangguan keseimbangan terutama apabila Anda sedang dalam masa pengobatan, memiliki infeksi virus, mengalami masalah telinga dalam, atau sedang dalam masa pemulihan setelah mendapatkan cidera kepala. Apabila Anda berumur 65 tahun atau lebih dan memiliki penyakit arthritis dan tekanan darah tinggi atau rendah, Anda memiliki risiko tinggi memiliki gangguan keseimbangan. Selain itu, bepergian menggunakan perahu atau kapal juga dapat menyebabkan gangguan keseimbangan sementara.

Gangguan keseimbangan memang cukup sedikit sulit untuk didiagnosa mengingat kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Dokter mungkin akan bertanya mengenai gejala dan meninjau riwayat kesehatan Anda untuk mencari kondisi atau penggunaan obat-obatan yang dapat memicu kondisi gangguan keseimbangan. Dalam beberapa kasus, Anda akan dirujuk pada dokter ahli THT. Mereka akan melakukan beberapa jenis tes seperti tes darah, tes pendengaran, tes pergerakan mata, pemindaian pencitraan pada kepala dan otak (MRI atau CT scan), dan posturografi (studi postur tubuh). Gangguan keseimbangan dapat menjadi sebuah masalah sementara ataupun jangka panjang, tergantung dengan penyebab kondisi tersebut. Untuk kasus infeksi telinga, biasanya gangguan ini akan sembuh setelah mendapatkan perawatan yang cukup. Namun, dalam kasus-kasus tertentu (misalnya disebabkan karena kondisi kronis atau penuaan), proses penyembuhan akan memakan waktu yang sangat lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *