Efektifkah Kandungan Kolagen Dalam Nourish Skin Ultimate?

Kolagen adalah protein utama di dalam tubuh manusia, ditemukan di kulit, tendon, ligamen, dan jaringan penghubung lainnya. Ada 28 jenis kolagen yang telah diidentifikasi, dengan tipe 1, 2, dan 3 ada dalam jumlah paling banyak di tubuh manusia, mengisi sekitar 80-90 persen dari kolagen total. Tipe 1 dan 3 utamanya banyak ditemukan di kulit dan tulang, sementara tipe 2 umumnya ditemukan di persendian. Tubuh Anda memproduksi kolagen secara alami, namun suplemen seperti Nourish Skin Ultimate tersedia untuk membantu meningkatkan kelenturan kulit, sementara banyak suplemen lainnya mendukung kesehatan persendian, membentuk otot, membakar lemak, dan lain-lain. 

Salah satu kandungan dalam Nourish Skin Ultimate adalah kolagen. Kebanyakan suplemen kolagen mendapatkan sumber dari hewan, terutama ikan dan sapi. Komposisi suplemen bervariasi, namun biasanya mengandung kolagen jenis 1, 2, 3, atau campuran dari ketiganya. Kolagen juga dapat ditemukan dalam tiga bentuk utama berikut ini, seperti:

  • Kolagen terhidrolisis. Bentuk ini, juga dikenal dengan sebutan collagen peptide, diurai dalam fragmen protein yang lebih kecil yang dikenal dengan sebutan asam amino. 
  • Gelatin. Kolagen dalam gelatin hanya diurai sebagian menjadi asam amino. 
  • Mentah. Dalam bentuk yang mentah, protein kolagen tetap berada dalam bentuk yang utuh. 

Dari ketiganya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh Anda dapat menyerap kolagen terhidrolasi paling efisien. Meskipun demikian, semua bentuk kolagen akan diurai menjadi asam amino dalam proses pencernaan kemudian diserap dan digunakan untuk membentuk kolagen dan protein lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Faktanya, Anda tidak memerlukan suplemen kolagen untuk memproduksi kolagen, tubuh akan melakukan hal ini secara alami menggunakan asam amino dari protein apapun yang Anda konsumsi. Namun, beberapa studi menyatakan bahwa konsumsi suplemen kolagen seperti Nourish Skin Ultimate dapat meningkatkan produksi dan memberikan manfaat kesehatan yang unik. 

Kolagen jenis 1 dan 3 merupakan komponen utama kulit Anda, menyediakan kekuatan dan juga struktur. Meskipun tubuh Anda memproduksi kolagen secara alami, studi menyatakan bahwa jumlah kolagen di kulit dapat berkurang 1 persen setiap tahunnya, yang mana kemudian akan berkontribusi terhadap penuaan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen seperti Nourish Skin Ultimate dapat meningkatkan level kolagen di dalam kulit, mengurangi keriput, dan meningkatkan kelenturan dan hidrasi kulit. Pada sebuah studi pada 114 wanita paruh baya, konsumsi 2,5 gram suplemen, dengan kandungan kolagen terhidrolasi jenis 1 di dalamnya, setiap hari selama 8 minggu dapat mengurangi volume jerawat hingga 20 persen. 

Dalam studi lain pada 72 wanita usia di atas 35 tahun, konsumsi 2,5 gram suplemen dengan kandungan kolagen terhidrolasi jenis 1 dan 2 setiap hari selama 12 minggu mengurangi kedalaman keriput hingga 27 persen dan meningkatkan hidrasi kulit sebesar 28 persen. Meskipun penelitian awal menunjukkan hasil yang menjanjikan, penelitian lanjutan masih dibutuhkan guna menentukan seberapa efektif suplemen kolagen untuk kesehatan kulit dan suplemen mana yang dapat bekerja dengan cara paling efektif dan terbaik. Selain itu, penting untuk diingat bahwa beberapa studi yang tersedia seputar hal ini didanai oleh para produsen suplemen kolagen, yang mana dapat meningkatkan risiko adanya sumber bias yang tidak dapat dipercayai. 

Suplemen yang mengandung kolagen seperti Nourish Skin Ultimate memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit Anda. Bukti ilmiah menyatakan bahwa penggunaan suplemen kolagen dapat mengurangi keriput di wajah. Selain itu, suplemen kolagen juga dapat mengurangi nyeri persendian yang dihubungkan dengan osteoarthritis, namun studi dengan kualitas lebih tinggi mengenai hal ini masih dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *