Daftar Pemeriksaan Ibu Hamil Gratis di Puskesmas Kelapa Gading

Menjelang persalinan, ibu hamil wajib melakukan serangkaian pemeriksaan di fasilitas kesehatan. Tujuannya sebagai salah satu solusi efektif dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Kabar baiknya, Anda bisa mendapatkan pemeriksaan kehamilan ini di Puskesmas Kelapa Gading secara gratis. Pihak puskesmas akan membantu untuk meningkatkan pertolongan persalinan yang dilakukan oleh tenaga medis terlatih yang disediakan oleh fasilitas pelayanan kesehatan.  

Jangan dulu menganggap remeh fasilitas kesehatan tingkat pertama ini, sebab telah banyak Puskesmas Kelapa Gading yang sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk ibu hamil. 

Apa saja pemeriksaan ibu hamil yang bisa didapatkan secara gratis di Puskesmas Kelapa Gading? 

1. Pemeriksan Kehamilan Pertama

Tahukah Anda bahwa pemeriksaan kehamilan pertama bisa Anda peroleh secara gratis di puskesmas? Kalau Anda berdomisili di Kelapa Gading, maka setelah mendapatkan hasil test pack positif, sebaiknya segera kunjungi Puskesmas Kelapa Gading untuk mengetahui kondisi Anda.

Saat pemeriksaan ini, Anda akan mendapatkan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), buku berwarna merah muda yang wajib dimiliki ibu. 

Biasanya pemeriksaan hanya dilakukan oleh bidan. Jangan lupa untuk selalu mengingat-ingat kapan mulai dan selesai menstruasi terakhir sebelum kehamilan untuk menentukan perkiraan usia kehamilan, ya!

2. Pemeriksaan Tekanan Darah dan Kondisi Perut

Pemeriksaan kehamilan gratis lainnya yang bisa dilakukan di Puskesmas Kelapa Gading adalah cek darah dan kondisi perut. Bidan atau dokter kandungan nantinya akan melakukan pengecekan tekanan darah, mengukur lingkar lengan, serta memeriksa kondisi perut ibu hamil. 

Di Puskesmas Kelapa Gading tidak ada pemeriksaan USG. Gantinya adalah pemeriksaan dengan fetal doppler yaitu alat yang mirip seperti radio, lalu ditaruh di perut yang fungsinya untuk mendengarkan detak jantung bayi. Tenang saja, prosedur ini sama baiknya dengan USG, kok! 

3. Vitamin dan Makanan Tambahan 

Terkadang makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil belum tentu mencukupi kebutuhan gizi setiap hari. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi sejumlah suplemen untuk menunjang pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Tak perlu mengeluarkan dana lebih, Anda bisa memperoleh vitamin gratis dari Puskesmas Kelapa Gading. Dokter kandungan umumnya akan memberikan resep suplemen asam folat, kalsium, hingga tablet tambah darah. Bidan akan menyesuaikan vitamin yang dibutuhkan sesuai dengan usia kandungan ibu hamil.  

Selain vitamin, Anda juga akan mendapat makanan tambahan berupa biskuit dengan krim rasa stroberi. Puskesmas Kelapa Gading biasanya akan memberi beberapa karton biskuit untuk persediaan beberapa minggu. Biskuit tersebut sebaiknya dikonsumsi 2 sampai dengan 3 keping perhari. 

4. Pemeriksaan Laboratorium

Meski merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama,  Puskesmas Kelapa Gading kini telah dilengkapi dengan laboratorium. Untuk menekan jumlah kematian ibu dan bayi, pemerintah melalui Puskesmas di sejumlah daerah telah mewajibkan pemeriksaan laboratorium bagi ibu hamil. 

Pemeriksaan tersebut meliputi, tes darah, tes HIV-AIDS, dan pemeriksaan kadar gula. Pemeriksaan laboratorium tersebut wajib dijalani ibu hamil minimal dua kali selama masa kehamilan. Semuanya gratis tanpa biaya.  

5. Konsultasi gizi

Terakhir, ibu hamil juga bisa mendapatkan fasilitas untuk mengunjungi poli gizi gratis di Puskesmas Kelapa Gading. Ahli gizi yang bertugas akan memberikan sejumlah saran kepada ibu hamil sesuai dengan hasil pemeriksaan laboratorium.

Ibu hamil juga boleh menanyakan apa saja yang ingin diketahui terkait kebutuhan gizi untuk dirinya dan calon buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *