Ciri-Ciri Hamil 1 Minggu yang Sering Tidak Disadari

ciri-ciri hamil 1 minggu setelah berhubungan intim termasuk mual, muntah, kram perut

Awal kehamilan merupakan saat-saat yang membingungkan bagi seseorang yang baru  pertama kali hamil, karena mereka akan merasakan banyak perubahan pada dirinya. Meski bisa, tetapi biasanya ciri-ciri hamil 1 minggu belum bisa terlihat atau dirasakan. 

Setiap wanita umumnya harus tahu apa saja tanda dan gejala yang muncul pada masa awal kehamilan. Pasalnya, ada beberapa tanda-tanda hamil yang muncul di awal tetapi sering tidak disadari. Ini penting, pasalnya hamil yang terdeteksi lebih dini ternyata dapat menyelamatkan ibu dan bayi dari masalah yang tidak diinginkan yang mungkin berisiko untuk nantinya.

Ada beberapa indikasi kehamilan, tetapi tidak mampu ditangkap oleh si ibu atau orang-orang di sekitarnya. Pasalnya, tanda-tanda itu kurang umum. Berikut adalah ciri-ciri hamil yang  jarang terjadi pada wanita saat masa pertama kehamilan:

  • Perasaan Tidak Stabil

Perubahan perasaan secara tiba-tiba atau lebih dikenal dengan istilah mood swing masuk ke dalam daftar tanda seseorang tengah mengalami sesuatu yang besar di dalam dirinya, termasuk kehamilan. Hal ini terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh. Terkadang, Anda mungkin ceria, tapi tak berapa lama kemudian justru Anda merasa ingin marah atau menangis tersedu-sedu. Tanda-tanda hamil ini umumnya terjadi pada wanita yang baru pertama kali hamil.

  • Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil merupakan salah satu tanda awal kehamilan yang paling sering tidak disadari. Padahal, kondisi ini cukup umum dialami banyak wanita yang tengah hamil muda. Saat Anda hamil, perubahan hormon membuat kandung kemih jadi lebih sensitif sehingga Anda lebih sulit menahan buang air kecil. Tindakan-tindakan spontan, seperti bersin, batuk, atau tertawa juga mungkin dapat membuat Anda ngompol tanpa sadar.

  • Sembelit

Sembelit atau sulit buang air besar mungkin juga termasuk ke dalam salah satu tanda-tanda hamil. Ciri-ciri hamil muda ini muncul karena kenaikan hormon progesteron. Ketika hormon progesteron tinggi, pergerakan usus jadi lebih lambat untuk menyalurkan makanan hingga ke ujung anus. Maka feses Anda lebih sulit dikeluarkan. 

Selain sembelit, masalah perut lainnya yang juga muncul di sebagai tanda-tanda hamil adalah perut kembung dan begah. Tanda kehamilan ini bisa terjadi di minggu awal kehamilan, dan bahkan bisa berlanjut sampai beberapa bulan ke depan.

  • Mimisan atau gusi berdarah

Jika Anda tak pernah atau jarang sekali mimisan, tetapi secara tiba-tiba mengalami kondisi tersebut, cobalah diam dan berpikir sejenak. Apalagi jika itu terjadi tak lama setelah Anda dan pasangan bersanggama. Meski tak selalu terjadi, bisa saja mimisan atau gusi berdarah itu timbul sebagai ciri-ciri hamil 1 minggu.

Hal ini bisa terjadi lantaran sepanjang trimester pertama, jantung Anda bekerja lebih keras sehingga jumlah dan volume darah yang beredar di tubuh meningkat. Peningkatan jumlah dan volumenya ini termasuk yang mengalir ke hidung dan mulut. 

Lapisan dalam hidung serta bagian dalam gusi dipenuhi oleh pembuluh darah kecil yang rapuh dan rentan pecah. Aliran darah yang datang dengan deras dan secara tiba-tiba bisa menjebol dinding pembuluh hingga menyebabkannya mimisan atau gusi.

***

Biasanya para ibu sulit menentukan ciri-ciri hamil 1 minggu, karena terkadang gejalanya belum atau tidak dirasakan dan terlihat. Apalagi, tanda kehamilan tiap orang bisa berbeda-beda. Jika Anda penasaran, cobalah memastikan secara sederhana dengan testpack. Setelah itu Anda bisa memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan akan kondisi kehamilan Anda yang sebenar-benarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *