Cek Penyebab Faringitis Akut Berikut Ini

Cek Penyebab Faringitis Akut Berikut Ini

Faringitis akut merupakan sindrom peradangan yang terjadi pada bagian tenggorokan dimana gangguan tersebut disebabkan oleh beberapa kelompok mikroorganisme yang berbeda. Faringitis akut juga bisa terjadi karena adanya infeksi pada bagian saluran pernafasan.

Faringitis akut akan memberikan dampak yang lebih buruk dibandingkan dengan faringitis biasa. Faringitis akut bisa dialami seseorang secara tiba-tiba, dan kondisi yang dialami penderita akan memburuk dengan cepat.

Penyebab

Faringitis akut disebabkan oleh berbagai jenis virus seperti influenza, rhinovirus, dan coronavirus. Tidak hanya itu, faringitis juga bisa disebabkan oleh bakteri seperti Group A streptococcal pharyngitis (GAS). Bakteri tersebut dapat menyerang anak-anak yang berusia di antara 3 hingga 14 tahun.

Radang tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang dapat menular. Seseorang bisa mengalami gangguan seperti ini ketika orang lain batuk atau pilek di depan mereka.

Gejala

Seseorang yang mengalami faringitis akut akan mengalami gejala yang berbeda. Berikut adalah gejala-gejala yang bisa dialami penderita berdasarkan penyebabnya:

  • Faringitis akut akibat virus

Jika penderita mengalami faringitis akut akibat virus, maka gejala yang timbul adalah tenggorokan merah, konjungtivitis (mata merah), pilek, dan diare.

  • Faringitis akut akibat bakteri

Jika penderita mengalami faringitis akut akibat bakteri, maka gejala yang timbul adalah tenggorokan merah, sakit kepala, kelenjar leher terasa lunak, ruam berwarna merah atau ungu pada bagian mulut, dan sakit perut.

  • Faringitis akut akibat komplikasi lokal abses peritonsil

Jika penderita mengalami faringitis akut akibat komplikasi lokal abses peritonsil, maka gejala yang timbul adalah adanya nanah pada bagian tenggorokan, nyeri, suara serak atau hilang, demam, dan trismus (kesulitan membuka mulut).

Diagnosis

Jika Anda merupakan salah satu orang yang mengalami faringitis akut, Anda sebaiknya periksa diri ke dokter. Dokter akan melakukan diagnosis terhadap kondisi Anda melalui tes berikut:

  • Tes fisik

Tes fisik dapat dilakukan dokter dengan memeriksa kondisi tenggorokan Anda jika tenggorokan Anda mengalami kondisi tertentu seperti bengkak.

  • Tes darah

Tes darah dapat dilakukan dokter jika Anda mengalami faringitis akut karena penyebab lain. Selain itu, tes darah juga dapat menentukan apakah Anda mengalami mononukleosis (demam kelenjar) atau tidak.

Pengobatan

Setelah mengetahui kondisi yang Anda alami, dokter dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab faringitis akut:

  • Faringitis akut akibat virus

Jika Anda mengalami faringitis akut akibat virus, Anda dapat melakukan pengobatan sederhana berupa istirahat, minum air putih yang banyak, berkumur dengan air garam, konsumsi air kaldu hangat, dan konsumsi makanan bergizi dengan tekstur yang lembut.

  • Faringitis akut akibat bakteri

Jika Anda mengalami faringitis akut akibat bakteri, maka Anda dapat menggunakan obat-obat antibiotik berupa penisilin, amoksisilin, dan makrolida.

  • Faringitis akut akibat komplikasi lokal abses peritonsil

Jika Anda mengalami faringitis akut akibat komplikasi lokal abses peritonsil, maka Anda dapat menggunakan obat pereda nyeri dan antibiotik.

Kesimpulan

Faringitis akut merupakan salah satu penyakit yang dapat menimbulkan berbagai gejala pada tubuh. Meskipun demikian, orang-orang yang mengalami gejala tersebut dapat mengatasinya dengan berbagai pengobatan yang disebutkan di atas. Jika Anda mengalami gangguan seperti ini, atau jika Anda sudah mencoba cara-cara yang disebutkan di atas, namun kondisi tidak membaik, Anda sebaiknya hubungi dokter.

Dokter dapat membantu Anda mengatasi gangguan tersebut. Mungkin saja Anda mengalami kondisi lain sehingga dapat membuat gejala yang dialami akibat faringitis akut semakin memburuk. Untuk informasi lebih lanjut tentang faringitis akut, Anda dapat konsultasikan persoalan tersebut dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *