Catat! Ini Dia Aksesoris Ibu Menyusui yang Wajib Dimiliki

Aksesoris ibu menyusui bukanlah untuk pajangan atau hiasan, selayaknya istilah aksesoris yang kita tahu selama ini. Aksesoris ibu menyusui ini dapat menunjang kegiatan menyusui dan memperlancar proses laktasi. 

Selama periode menyusui ini, ibu menyusui tidak jarang menemui berbagai hambatan, seperti kesulitan memproduksi ASI hingga tantangan untuk tetap memompa ASI selama di kantor dan menyusui di tempat umum. Ibu perlu tahu bahwa terdapat kelas menyusui yang tersedia di rumah sakit atau di lingkungan sekitar maupun komunitas ibu menyusui. Dengan begitu, ibu akan mendapatkan bekal ilmu dan keterampilan agar proses menyusui menjadi lebih lancar.

Aksesoris ibu menyusui didesain serupa dengan tujuan ini, yaitu untuk membantu ibu menyusui tetap merasa nyaman untuk memberikan ASI eksklusif untuk buah hati. Beberapa contoh aksesoris ibu menyusui yang paling banyak dibeli, yaitu pompa ASI, wadah penyimpanan ASI, hingga breast pad. Selain ketiga contoh tersebut, aksesoris ibu menyusui apa saja yang perlu dimiliki? 

  • Breast pad

Salah satu aksesoris ibu menyusui yang perlu dipertimbangkan untuk dimiliki, yaitu breast pad. Perlengkapan menyusui yang satu ini bertujuan untuk mencegah ASI menetes dan merembes ke pakaian ibu. Pasalnya, di awal proses menyusui, tubuh ibu akan memproduksi ASI dalam jumlah yang banyak. 

Dalam situasi tertentu, seperti ketika sedang bekerja, ke luar rumah untuk waktu yang lama, berhubungan intim, dan tidur di malam hari, ibu menyusui membutuhkan breast pad ini untuk menutup keluarnya ASI yang berlebih.

  • Nursing cover

Dikenal dengan nursing cover, kain yang biasanya digunakan untuk menutup ibu ketika menyusui di tempat umum ini perlu untuk dimiliki. Dengan begitu, ibu menyusui akan mendapatkan privasi dan kenyamanan. 

Sebagai alternatif, ibu menyusui juga dapat menggunakan kain lain, seperti selimut bayi maupun scarf. Meskipun begitu, fungsi dan desain nursing cover yang dilengkapi dengan tali yang dapat dikalungkan ke leher secara mudah, akan sangat membantu ibu untuk menyusui buah hati dengan mudah dan nyaman.

  • Pompa ASI

Aksesoris ibu menyusui yang satu ini dapat dibilang cukup penting. Manfaat yang akan didapatkan ibu, antara lain dapat mengurangi pembengkakan payudara, mengatasi produksi ASI yang berlebih, hingga menstimulasi produksi ASI. Selain itu, pompa ASI juga akan sangat berguna bagi ibu yang bekerja, karena dapat membuat cadangan ASI untuk sewaktu-waktu digunakan ketika sedang berada di luar rumah.

  • Cooler bag dan ice gel

Biasanya, ibu akan membeli cooler bag dan ice gel bersamaan dengan membeli pompa ASI untuk memenuhi perlengkapan atau aksesoris ibu menyusui. Cooler bag ini berguna sebagai tas penyimpanan botol atau kantong ASI selama ibu berada di rumah luar. Aksesoris ini dilengkapi dengan lapisan insulasi yang bermanfaat menjaga suhu ASI agar tetap dingin. Sebagai tambahan, ice gel tadi dapat ditaruh di dalam cooler bag.

  • Nipple cream

Puting ibu menyusui rawan mengalami luka akibat beberapa faktor, seperti mastitis, dermatitis, atopik, hingga penggunaan pompa ASI yang tidak tepat. Selain itu, nipple cream juga berguna untuk melembapkan dan mengatasi kulit kering di sekitar puting. 

Jika Anda sedang mencari aksesoris ibu menyusui, silakan cek di SehatQ.com untuk mendapat produk terbaik dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *