Cara Mudah Melakukan Relaksasi Otot Progresif

Cara Mudah Melakukan Relaksasi Otot Progresif

Tekanan hidup karena aktivitas yang telalu padat menyebabkan tubuh dan pikiran menjadi terlalu tegang. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mencoba teknik relaksasi otot progresif. Teknik apakah itu? Relaksasi otot progresif adalah teknik relaksasi yang melibatkan pergantuan antara tegangan dan relaksasi otot utama pada tubuh. Umumnya, teknik relaksasi otot progresif akan dillakukan bersamaan dengan teknik relaksasi lainnya seperti desensitisasi sistematik. Selain itu, relaksasi otot progresif biasanya akan dilakukan di tempat yang tenang dan bebas dari distraksi. Bagaimana cara melakukan relaksasi otot progresif? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Kaki bagian bawah

Pertama, kencangkan otot-tot pada bagian bawah kaki dan jari kaki dengan memberikan ketegangan secara perlahan. Kedua, lepaskan perlahan ketegangan tersebut sambil menghitung hingga angka  30. Anda bisa memperhatikan sensasi rileks yang muncul dan bernapaslah dengan pelan dan teratur. Lakukan teknik relaksasi otot progresif pada kaki bagian bawah sambil bersandar di kursi. 

  • Kaki bagian atas

Relaksasi otot progresif pada kaki bagian atas dimulai dengan memberi tegangan pada paha depan dan betis selama 15 detik. Kencangkan sekuat mungkin kemudian lepaskan tegangan tersebut secara perlahan dengan menghitung angka 1 hingga 30, dan perhatikan sensasi rileks yang muncul. 

  • Dahi

Kerutkan otot dahi hingga terasa kencang dan tegang. Tahan 15 detik kemudian lepaskan perlahan. Hitung 1 hingga 30 ketika melepaskan ketegangan otot dahi sambil perhatikan sensai yang muncul. Pastikan semua tegangan terlepas dan mulailah bernapas dengan teratur dan perlahan. Anda dapat melakukan relaksasi otot progresif pada dahi sambil berbaring di kasur.

  • Leher dan bahu

Untuk bagian leher da bahu, Anda dapat melakukanya sambil duduk tegak namun rileks. Angkat bahu ke arah telinga dan berikan tegangan yang cukup kuat pada area leher dan bahu. Tahan selama 15 detik. Setelah itu, lepaskan tegangan dengan menghitung 30 detik dan lakukan perlahan. Perhatikan sensasi rileks yang muncul.

  • Lengan dan tangan

Pertama, tarik kepalan tangan menuju dada. Kedua, remas tangan sekencang mungkin dan tahan selama 15 detik. Ketiga, lepas dengan perlahan kepalan tangan Anda sambil menghitung selama 30 detik. Keempat perhatikan sensasi yang muncul dari relaksasi otot progresif pada lengan dan tangan.

  • Rahang

Anda juga dapat melakukan relaksasi otot progresif pada bagian rahang. Katupkan rahang dengan kencang selama 15 detik. Hal itu akan membuat otot rahang mengencang dengan sendirinya. Setelah itu, lepaskan tegangan dengan perlahan selama 30 detik. Perhatikan sensasi rileks yang muncul. Bernapaslah dengan tenang dan perlahan setelah tegangan pada otot rahang menghilang.

  • Bokong

Untuk bagian bokong sama saja dengan bagian lainnya. Anda hanya perlu memberi tegangan secara kuat pada area bokong selama 15 detik kemudian melepaskannya secara perlahan. Anda juga perlu mengalami sensasi rileks yang muncul. Lanjutkan dengan bernapas secara perlahan dan konstan.

Melakukan relaksasi oto progresif dapat memberikan beberapa manfaat, lho! Salah satunya yaitu dapat mengatasi berbagai gangguan psikologis seperti kecemasan dan stres. Selain itu, dengan melakukan relaksasi otot progresif, Anda juga dapat mengatasi beberapa nyeri di bagian tubuh tertentu. Relaksasi otot progresif pun dipercaya ampuh dalam mengatasi gangguan tidur berupa insomnia. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba relaksasi otot progresif? Namun ingat selalu untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terutama jika Anda menderita penyakit fisik tertentu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *