Cara Menghilangkan Tanda Lahir dengan Bantuan Dokter

Ada beberapa orang yang merasa risih karena memiliki tanda lahir. Sebab, tanda lahirnya mengganggu penampilan sehingga mengurangi tingkat kepercayaan dirinya. Dari hal itu, biasanya mereka akan mencari cara menghilangkan tanda lahir

Menghilangkan tanda lahir tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus disesuaikan dengan jenis dan kondisi kesehatan. Jika kamu memiliki tanda lahir dan merasa sangat terganggu dengan hal tersebut, simaklah penjelasan berikut agar kamu bisa lebih memahami keluhan yang dialami.

Jenis-jenis tanda lahir pada bayi cukup beragam dan dapat dibedakan berdasarkan karakteristiknya

Jenis-Jenis Tanda Lahir

Tanda lahir terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu:

  • Tanda lahir pigmen

Tanda lahir pigmen muncul dikarenakan adanya gangguan pada pigmen kulit. Pigmen merupakan zat warna yang menentukan warna kulit tubuh. Tanda lahir pigmen terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Tahi lalat

Tanda lahir berupa tahi lalat umumnya berukuran kecil dan berwarna cokelat atau kehitaman. Bentuknya bisa datar atau sedikit menonjol dan terkadang ditumbuhi rambut. Tahi lalat yang muncul sejak lahir umumnya tidak berbahaya. Namun, terkadang tahi lalat juga bisa menyerupai kanker kulit.

Ciri-ciri tahi lalat yang perlu dicurigai sebagai kanker kulit adalah bentuknya yang tidak beraturan, tahi lalat yang baru tumbuh dengan warna yang tidak seragam, dan memiliki ukuran lebih dari 6 milimeter dan semakin cepat membesar.

  • Café au lait (noda kopi susu)

Tanda lahir café au lait menyerupai noda kulit berwarna coklat muda mirip warna kopi susu dan biasanya berbentuk oval. Tanpa penanganan, tanda lahir ini akan terus menetap di kulit.

Tanda lahir café au lait bukanlah hal yang membahayakan. Namun, jika jumlahnya lebih dari 6, tanda lahir ini perlu diperiksakan ke dokter, karena bisa jadi tanda lahir tersebut merupakan tanda neurofibromatosis atau tumor pada jaringan saraf.

  • Bercak mongol (mongolian spot)

Tanda lahir jenis ini dapat dikenali dengan area kulit yang berwarna biru kelabu (mirip memar) dan biasanya muncul di bagian punggung dan bokong, meski dapat juga muncul di bagian tubuh lain. Bercak Mongol umumnya akan memudar dengan sendirinya tanpa penanganan.

Tanda lahir vaskuler

Tanda lahir vaskuler muncul akibat adanya gangguan atau kelainan pada pembuluh darah di bawah kulit. Beberapa jenis tanda lahir vaskuler yang paling umum ditemui adalah:

  • Bercak makula

Tanda lahir bercak makula ditandai dengan munculnya bercak berwarna kemerahan pada kulit. Tanda lahir jenis ini umumnya ditemui di bagian dahi, kelopak mata, dan belakang leher. Sama seperti tanda lahir kebanyakan, bercak makula dapat memudar sendiri, namun bisa juga menetap.

  • Hemangioma

Hemangioma merupakan tanda lahir berupa bercak yang umumnya berwarna merah terang menyerupai stroberi. Namun bisa juga berwarna biru atau ungu. Tekstur kulit di tempat munculnya bercak ini sama seperti tekstur kulit normal.

Tanda lahir hemangioma dapat muncul di bagian tubuh mana saja dan umumnya tidak berbahaya. Akan tetapi, hemangioma perlu segera diperiksa oleh dokter apabila tanda lahir ini muncul di wajah, sekitar mata, atau bertambah besar dengan cepat dan telah menimbulkan ulkus.

  • Port-wine stain

Tanda lahir port-wine stain atau nevus flammeus ditandai dengan munculnya bercak seperti warna minuman anggur, yaitu merah muda hingga merah keunguan.

Umumnya, tanda lahir ini hanya muncul di satu bagian tubuh saja. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan port-wine stain juga muncul di bagian tubuh lain.

Tanda lahir port-wine stain yang berada di sekitar mata dan kerap dikaitkan dengan masalah penglihatan, seperti glaukoma, juga memerlukan tindakan medis.

Tindakan Menghilangkan Tanda Lahir

Sebagian besar tanda lahir tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya seiring pertambahan usia. Namun, jika dirasa mengganggu, tanda lahir bisa dihilangkan oleh dokter dengan beberapa metode.

Cara menghilangkan tanda lahir yang dilakukan dokter tidak selalu sama pada tiap pasien. Hal ini perlu disesuaikan dengan jenis tanda lahir yang dimiliki pasien, riwayat kesehatan, serta kondisi pasien secara menyeluruh.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dokter gunakan untuk menghilangkan tanda lahir:

1. Operasi pengangkatan tanda lahir

Karena berpotensi berubah menjadi kanker kulit, tahi lalat merupakan salah satu jenis tanda lahir yang kerap ditangani dengan metode ini. Operasi bisa dilakukan dengan pembedahan, terapi laser, atau kauterisasi (bedah listrik).

Kendati demikian, dokter juga dapat melakukan beberapa metode operasi di atas untuk menghilangkan jenis tanda lahir lainnya, seperti port-wine stain dan café au lait.

2. Penggunaan kortikosteroid

Hemangioma yang berkembang dengan cepat hingga memengaruhi penglihatan atau organ vital lainnya, dapat diobati dengan pemberian kortikosteroid oral atau suntikan. Obat tersebut diberikan untuk mengecilkan ukuran hemangioma, sehingga hemangioma lama-kelamaan menghilang.

3. Propranolol

Propranolol merupakan obat yang banyak digunakan untuk mengobati gangguan jantung dan tekanan darah tinggi. Namun, dengan dosis yang disesuaikan, obat ini juga dianggap efektif dalam memudarkan dan menghilangkan tanda lahir hemangioma.

Kendati demikian, propranolol juga dapat menimbulkan efek samping berupa batuk kering, diare, tubuh terasa lemas, mual, mata kering, detak jantung menurun, dan rambut rontok.

Sebagian besar tanda lahir memang bukan masalah kesehatan serius. Namun, waspadai jika tanda lahir muncul beserta gejala lain, seperti nyeri, mati rasa, bernanah atau terluka, serta ukurannya cepat meluas atau membesar. Jika kamu memiliki tanda lahir dengan ciri-ciri tersebut, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar bisa mengetahui cara menghilangkan tanda lahir tersebut dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *