Inilah Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung yang Efektif!

Inilah Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung yang Efektif!

Selain jerawat yang membuat penampilan menjadi tidak percaya diri, kemunculan komedo pun menjadi suatu hal yang cukup mengganggu. Komedo dapat muncul di beberapa area lain, tetapi paling umum terjadi di bagian hidung. Jadi tidak heran jika cara menghilangkan komedo di hidung begitu diminati oleh banyak orang. Hal ini karena komedo yang berada di hidung akan sangat mengganggu penampilan Anda.

Adakah cara menghilangkan komedo di hidung secara ampuh?

Kemunculan komedo sebetulnya tidak semenyebalkan dengan hadirnya jerawat. Meski begitu, Anda perlu mencari cara menghilangkan komedo di hidung yang tepat. Nah, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Produk penghilang komedo

Anda bisa dengan mudah menemukan produk penghilang komedo yang terjual di pasaran. Bentuk dari produk penghilang komedo bisa berupa krim, gel hingga plester yang ditempelkan ke kulit langsung. Jika ingin menggunakan produk penghilang komedo pastika produk tersebut terdaftar dalam BPOM.

2. Obat-obatan dari dokter

Selain dapat menggunakan obat-obatan yang bebas dijual di pasaran, Anda juga bisa menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Obat yang diresepkan dokter biasanya membeli kandungan antibiotik, benzoil peroksida, retinoid, asam glikolat dan asam salisilat. Obat-obatan ini akan disesuaikan dengan seberapa parah kondisi Anda.

3. Komedo ekstraktor

Komedo ekstraktor adalah sebutan metode yang digunakan oleh dokter spesialis kulit atau kecantikan untuk mengatasi komedo dan jerawat. Cara kerja dari alat ini adalah dengan menekan area sekitar pori – pori dengan tujuan mengangkat komedo. Penggunaan metode ini memang bisa dikatakan aman tetapi efek samping yang bisa terjadi adalah rusaknya jaringan dan munculnya jaringan parut.

4. Peeling

Metode peeling merupakan teknik pengelupasan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati, mengatasi jerawat dan komedo serta mencerahkan kulit kembali. Larutan kimia yang bersifat ringan seperti asam salisilat, tretinoin dan asam glikolat adalah bahan yang digunakan dalam metode ini.

5. Teknik mikrodermabrasi

Teknik ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi komedo. Pada teknik ini nantinya  dokter akan menggunakan alat khusus yang memiliki tujuan untuk mengangkat komedo dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru dengan menyemprotkan bahan sejenis kristal.

6. Terapi laser dan cahaya

Terapi ini dilakukan langsung pada bagian dasar kulit melalui alat yang mengeluarkan cahaya dan sinar laser. Pada paparan sinar ini komedo dan jerawat yang ada di wajah Anda dapat menghilang tanpa merusak bagian atas kulit dan juga sangat efektif dalam menurunkan produksi minyak serta membunuh bakteri.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan komedo dan mencegahnya muncul kembali.

  • Rutinlah cuci muka dengan sabun wajah yang memiliki bahan lembut minimal 2 kali dalam satu hari
  • Gunakanlah produk yang berlabel noncomedogenic dalam perawatan untuk kulit dan wajah
  • Kurangilah kebiasaan menyentuh wajah dan memencet komedo dengan tangan
  • Hindari konsumsi makanan yang berminyak dan perbanyak mengonsumsi makanan yang bergizi
  • Saat beraktivitas di luar ruangan, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen

Selain menggunakan cara – cara di atas, Anda juga bisa menggunakan pore strips untuk mengatasi komedo di hidung secara cepat dan cukup efektif. Anda bisa membersihkan wajah terlebih dahulu dan mengompres area hidung dengan air hangat, barulah setelahnya tempelkan pore strips tersebut, diamkan selama 5 hingga 15 menit kemudian baru dilepaskan dan bilas dengan air bersih.Meski digunakan sebagai langkah instan, cara menghilangkan komedo di hidung dengan pore strips cukup efektif karena mampu mengangkat komedo sampai ke akarnya dan dapat menurunkan risiko kulit kering jika tidak terlalu sering digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *