Cara Mengatasi Thunderclap Headache Supaya Tidak Berkelanjutan

Thunderclap headache adalah sakit kepala parah yang timbul tiba-tiba yang mungkin terjadi tanpa alasan yang jelas. Sesuai dengan namanya, thunderclap headache terjadi secara intens, dan kuat, seperti terkena guntur. Pemicu umum thunderclap headache adalah stroke atau aneurisma, jadi sangat penting untuk segera menemui dokter jika Anda mengalami thunderclap headache.

Apa itu thunderclap headache?

Thunderclap headache (kadang-kadang disingkat TCH) adalah gangguan sakit kepala parah yang dimulai dengan cepat dan berlangsung setidaknya selama 5 menit. Thunderclap headache sangat jarang terjadi. Hanya 43 dari 100.000 orang dewasa yang mengalami thunderclap headache dalam satu tahun.

Apakah sakit kepala petir itu serius? Ya, thunderclap headache sangat serius, karena rasa sakit yang menyiksa ini mungkin menunjukkan masalah yang mengerikan dengan sistem peredaran darah atau di otak Anda.

Seringkali, apa yang menyebabkan sakit kepala mendadak semacam ini tidak diketahui. Namun, dua kemungkinan penyebabnya adalah robekan pembuluh darah atau masalah dengan otak, oleh karena itu sebaiknya segera mencari bantuan medis.

Diagnosis thunderclap headache

Diagnosis thunderclap headache diperlukan untuk meresepkan pengobatan, karena pengobatan tergantung pada penyebab yang mendasari thunderclap headache Anda. Seorang dokter sering menggunakan 4 tes diagnostik berikut untuk mengidentifikasi kemungkinan penyebab sakit kepala thunderclap (dalam urutan kepentingan):

– CT scan (computed tomography)

– Pungsi lumbal (AKA spinal tap)

– MRI (pencitraan resonansi magnetik)

– MRA (angiografi resonansi magnetik)

Perawatan untuk thunderclap headache

Bagaimana cara mengobati thunderclap headache? Ada 3 pilihan pengobatan untuk thunderclap headache:

1. Pembedahan

Dalam situasi serius, dokter mungkin memilih operasi untuk mengobati apa yang menyebabkan sakit kepala petir Anda. Pembedahan mungkin diperlukan dalam mengobati pemicu TCH berikut:

– Stroke iskemik

– Stroke hemoragik

– Perdarahan subarachnoid aneurisma

– Aneurisma

– Apopleksi hipofisis

– Ensefalitis (jika disebabkan oleh tumor)

– Meningitis

Meningitis sering merupakan komplikasi dari operasi tulang belakang atau otak. Meskipun biasanya diobati dengan steroid atau antibiotik, meningitis juga dapat diobati dengan pembedahan, meskipun pembedahan mungkin telah menyebabkannya sejak awal.

Pembedahan adalah operasi yang sangat invasif, dan terkadang mahal. Tetapi jika thunderclap headache Anda adalah akibat dari salah satu kondisi mengerikan yang tercantum di atas, pembedahan mungkin diperlukan untuk menyelamatkan hidup Anda.

2. Psikoterapi

Psikoterapi adalah pengobatan utama untuk gangguan kepribadian ganda, yang dapat menyebabkan thunderclap headache. Psikoterapi juga dapat membantu meringankan gejala cedera kepala, yang dapat menyebabkan sakit kepala thunderclap. Semua hal dipertimbangkan, baik gangguan kepribadian ganda maupun cedera kepala bukanlah penyebab paling umum dari TCH.

3. Obat-obatan

Dalam kasus yang tidak mengancam jiwa atau setelah intervensi medis yang berhasil, dokter kemungkinan akan meresepkan obat untuk mencegah thunderclap headache di masa depan dan komplikasi terkait. Obat tekanan darah adalah obat umum yang diresepkan setelah sakit kepala petir. Obat tekanan darah dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah.

Jenis obat tekanan darah:

– ACE inhibitor

– Pemblokir alfa

– Agonis reseptor alfa-2

– Penghambat reseptor angiotensin II

– Beta-blocker

– Penghambat saluran kalsium

– Diuretik

– Inhibitor adrenergik perifer

– Vasodilator

– Nimodipine adalah penghambat saluran kalsium yang biasa diresepkan untuk mengobati pemicu TCH.

– Verapamil adalah penghambat saluran kalsium lain yang telah menunjukkan keberhasilan dalam mengobati pemicu TCH.

– Gabapentin adalah antikonvulsan (AKA antiepilepsi) yang dapat mengobati TCH menurut sejumlah kecil studi kasus. Namun, mekanisme kerja gabapentin melawan TCH tidak diketahui.

– NSAID (obat anti inflamasi nonsteroid) dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri. NSAID dapat diresepkan jika TCH dipicu oleh alasan yang dapat diprediksi dan dijelaskan, seperti aktivitas seksual atau olahraga yang intens.

Karena beberapa kemungkinan penyebab TCH melibatkan tulang belakang, perawatan kiropraktik juga terbukti menjadi teknik pencegahan yang berguna, terutama jika Anda sudah berisiko. Jika Anda menemukan thunderclap headache, pertimbangkan untuk mencari perawatan chiropractic untuk sakit kepala non-TCH. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *