Cara Mengatasi Tenggorokan Berdahak Tanpa Batuk

Meski tanpa gejala batuk dan flu, tenggorokan berdahak merupakan hal yang umum terjadi. Tubuh memproduksi lendir sebagai mekanisme alami untuk merespon elemen-elemen asing yang dapat memicu infeksi maupun iritasi. Itulah sebabnya beberapa penyakit infeksi seperti flu memiliki gejala batuk berdahak.

mengeluarkan dahak di tenggorokan tapi tidak batuk

Namun, kadang kala, tenggorokan berdahak dapat membuat rasa tidak nyaman. Kita akan merasa perlu membersihkan tenggorokan secara terus menerus. Ada Pula beberapa kondisi yang menyertai tenggorokan berdahak seperti suara serak, sakit tenggorokan, dan batuk. Meski tidak berbahaya, ada baiknya untuk mengetahui penyebab di balik kondisi ini dan cara mengatasinya.

Dahak atau lendir secara normal diproduksi oleh bebagai bagian tubuh. Di tenggorokan sendiri lendir berfungsi untuk menjaga kelembapan dan memerangkap benda serta organisme asing, seperti kotoran, debu, parasit, virus, dan bakteri agar tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

Namun, terdapat beberapa kondisi di mana produksi lendir di tenggorokan bisa menjadi terlalu banyak. Selain itu, terdapat kondisi postnasal drip di mana lendir dari hidung juga bisa turun dan menumpuk di tenggorokan.

Berbagai penyebab tenggorokan berdahak

Setiap harinya, tubuh memproduksi sekitar 1-2 liter lendir yang digunakan untuk menjaga kondisi tenggorokan agar selalu dalam keadaan lembab dan membantu sistem pernapasan. Namun, jumlah lendir dan dahak dapat bertambah ketika mengalami kondisi tertentu sebagai berikut:

  • Alergi, seperti alergi pada debu atau serbuk sari
  • Infeksi dan peradangan pada sinus atau sinusitis
  • Iritasi tenggorokan, baik karena paparan polusi atau karena reaksi alergi
  • Pilek dan flu
  • Perubahan cuaca, menjadi lebih dingin atau kering
  • Refluks lambung atau GERD
  • Terpapar asap atau uap dari bahan kimia, parfum, produk pembersih, kendaraan, dan rokok
  • Dampak dari penggunaan obat-obatan tertentu
  • Lingkungan dan gaya hidup seperti kurang minum air atau berlebihan mengonsumsi alkohol, kopi, dan the.

Cara mengatasi tenggorokan berdahak

Tenggorokan berdahak tanpa disertai gejala batuk bukan merupakan kondisi yang serius. Bahkan, masalah ini dapat diatasi dengan obat-obatan non resep atau perawatan mandiri di rumah. Berikut beberapa cara mudah meredakan tenggorokan berdahak di rumah.

  1. Semprot atau kumur air garam

Salah satu cara mengatasi tenggorokan berdahak adalah dengan menyemprotkan air garam steril atau saline ke salah satu lubang hidung dan mengeluarkannya dari lubang hidung lainnya. Cara ini terbukti efektif untuk mengatasi tenggorokan berlendir akibat sinusitis kronis dan alergi. Jika air saline tidak bisa ditemukan, gunakan obat semprot hidung yang memberikan efek serupa.

Selain menyemprotkan air ke hidung, berkumur dengan air garam juga dapat mengatasi tenggorokan berdahak. Caranya dengan melarutkan 1 sendok garam ke segelas air hangat, kemudian pakai air tersebut untuk berkumur. Cara ini juga dapat membantu membersihkan penumpukan lendir di belakang tenggorokan.

  1. Minum air putih

Dahak atau lendir yang ada di tenggorokan biar dibiarkan dapat mengental dan membuat tidak nyaman. Salah satu cara mengencerkan lendir adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih juga dapat membantu tenggorokan tetap lembab dan terasa nyaman, sehingga tidak ada penumpukan lendir.

  1. Konsumsi sup dan minuman hangat

Selain minum air putih, tenggorokan berdahak juga bisa diatasi dengan minum sup atau the hangat. Tak hanya mengencerkan lendir, uap hangat sup ataupun teh juga dapat memberi rasa nyaman dan melegakan tenggorokan serta hidung tersumbat.

  1. Obat pengencer lendir

Bila tenggorokan berdahak mulai mengganggu aktivitas secara berkelanjutan, konsultasikan kepada dokter untuk diperiksa dan diberikan obat-obatan yang dapat membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokan. Dokter mungkin akan memberikan obat-obatan golongan mukolitik, ekspektoran, atau antihistamin untuk meringankan gejala ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *