Cara Mengajari Anak Membaca yang Menyenangkan agar Lebih Bersemangat

Cara Mengajari Anak Membaca yang Menyenangkan agar Lebih Bersemangat

“Buatlah cara mengajari anak membaca dengan lebih menyenangkan. Terapkan berbagai strategi yang menarik dan rasakan manfaatnya bagi anak Anda.”

Ada banyak cara mengajari anak membaca yang lebih efektif dan menyenangkan. Sebab, dalam belajar membaca, penting untuk diingat bahwa anak-anak tidak hanya belajar membaca, tapi juga mereka senang untuk melakukannya. 

Orang tua harus memiliki strategi yang jitu terkait cara membuat huruf, suara, dan kata-kata sehingga menjadi menyenangkan. Itu akan menjadi metode belajar sekaligus bermain yang pastinya akan menambah semangat. 

Director of Graduate and Doctoral Reading Program at Widener University Annemarie B. memaparkan beberapa cara yang mudah terkait keterampilan literasi yang penting. Hal itu bertujuan untuk menunjang orang tua terkait cara mempelajari anak membaca agar lebih menarik.

4 Cara Buat Membaca Makin Menyenangkan

Lakukanlah berbagai strategi atau cara mengajari anak membaca dengan sesuatu yang menarik dan tidak monoton. Hal itu bertujuan untuk menggairahkan rasa semangat anak dalam belajar membaca. 

Kenalkan huruf dan suara

Pembaca awal masih menyerap gagasan bahwa huruf adalah simbol yang mewakili suara. Cara yang baik untuk memperkuat gagasan tersebut adalah memulai dengan kata yang paling dikenal. Misalnya, nama anak Anda.

Karena itu, orang tua bertugas memberikan tantangan agar anak bisa menemukan hal-hal di sekitar mereka yang dimulai dengan huruf pertama sesuai nama mereka. Saat mereka menemukan apa yang dimaksud, secara tak langsung mereka akan belajar huruf sekaligus suara sesuai huruf atau kata tersebut. 

Ikuti alurnya dalam bercerita

Apabila anak Anda tidak memahami tentang sebuah cerita, mereka menganggap bahwa membaca hanyalah sebuah tugas.

Karena itu, dengan melibatkan mereka untuk bercerita bersama, Anda bisa membantu mereka menemukan makna bacaannya. Selain itu, ajaklah anak Anda untuk melihat ilustrasi serta mengajukan pertanyaan kepada mereka apa yang terjadi dalam ilustrasi tersebut. 

Cara lainnya, para ahli menyarankan agar cara mengajari anak membaca dimulai dengan buku-buku bacaan nonfiksi seperti truk pemadam kebakaran, dinosaurus, hingga bajak laut.  

Memperkaya kata-kata

Menerapkan banyak kosakata sangat penting untuk pemahaman membaca pada anak untuk bekal kini hingga nanti. Salah satu cara mengajari anak membaca ialah dengan membacakan cerita atau sesuatu untuknya.

Tentu, pilihlah buku yang menarik dan dan unik. Dengan begitu, anak akan memperoleh pengetahuan tentang kata-kata hingga maknanya. Sesekali berhentilah membaca saat menemukan kata yang unik serta jangan terlalu berbicara mengenai kata-kata sehingga bisa menghambat alur cerita. 

Membaca Keras Tingkatkan Kefasihan

Agar benar-benar menikmati membaca, biarkan anak Anda membaca baik dalam hati maupun dengan keras. Cara mengajari anak membaca dengan metode tersebut bisa meningkatkan kefasihannya. Yakni, kemampuan anak membaca dengan lancar dan ekspresif. 

Dengan begitu, anak-anak bisa dengan lancar membaca teks yang sudah dikenal. Karena itu, Anda jangan pernah bisa saat mereka membaca buku yang sama secara berulang-ulang. 

Inilah pentingnya membaca bagi anak 

Cara mengajari anak membaca dengan benar akan membuat anak semakin cerdas dan aktif. Orang tua perlu menerapkan untuk saling berbagi cerita, berbicara, dan bernyanyi setiap hari untuk membantu perkembangan anak dalam banyak hal. 

  • Keterampilan literasi dini bisa berkembang
  • Meningkatkan imajinasi anak Anda dan merangsang rasa ingin tahu
  • Membantu mengembangkan otak anak Anda 
  • Melatih kemampuan untuk fokus atau konsentrasi
  • Meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi
  • Makin belajar menghargai buku dan cerita
  • Membantu anak untuk mempelajari perbedaan antara nyata dan pura-pura
  • Membantu anak belajar tentang dunia, budaya mereka dan budaya lainnya
  • Membantu anak untuk bisa memahami sebuah peristiwa baru atau menakutkan dan mengenal emosi yang menyertainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *