Cara Menangani Bercak Coklat pada Bagian Putih Mata

Munculnya bercak coklat pada bagian putih mata atau nevus bukan termasuk hal yang berbahaya. Namun, dalam beberapa kasus kondisi ini bisa mengindikasikan masalah kesehatan pada mata yang cukup serius. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut jika bercak coklat pada bagian putih mata disertai dengan beberapa gejala seperti berikut:

  • Sakit dan nyeri pada mata
  • Terjadi perubahan penglihatan, seperti pandangan kabur atau tidak bisa melihat
  • Adanya peningkatan tiba-tiba pada bintik yang melayang saat memandang, baik peningkatan jumlah maupun frekuensi kemunculan
  • Ukuran bintik coklat pada bagian putih mata berkembang lebih besar
  • Sering melihat adanya kilatan cahaya

Jika dibandingkan dengan tipe freckles mata lainnya, nevus koroid memiliki risiko lebih tinggi berkembang menjadi kanker melanoma. Pada sebagian kasus kecil, nevus koroid berpotensi menyebabkan kehilangan penglihatan atau ablasi retina.

Penanganan Bercak Coklat pada Bagian Putih Mata

Penanganan bercak coklat atau freckles di mata tergantung dari tingkat keparahan dan bahaya yang bisa ditimbulkan. Meski tidak disertai dengan gejala yang umumnya tidak berbahaya, pemeriksaan kondisi awal bercak coklat pada bagian putih mata tetap dibutuhkan karena berpeluang berkembang menjadi semakin buruk. Ada beberapa metode perawatan yang umumnya dilakukan dan tindakan medis kepada pasien yang memiliki bercak coklat pada bagian putih mata, antara lain:

1. Pemantauan dan Observasi

Freckles di mata umumnya hanya membutuhkan pemantauan dan tidak perlu sampai melakukan tindakan medis. Bercak coklat pada bagian putih mata biasanya memang bersifat non-kanker dan dianggap tidak berbahaya. Sehingga, dokter akan memutuskan untuk melakukan pemantauan dan observasi secara rutin. Pasien bisa melakukan pemeriksaan selama enam bulan sekali atau satu tahun sekali jika tidak ditemukan perubahan yang signifikan pada freckles mata tersebut. Perubahan yang diperiksa yaitu perubahan warna, ukuran, hingga bentuk.

2. Menggunakan Kacamata Hitam

Salah satu faktor risiko yang dianggap bisa menimbulkan bercak coklat pada bagian putih mata yaitu sering terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, agar freckles tidak bertambah parah dan risiko komplikasi semakin meningkat, penggunaan kacamata hitam bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan

3. Tindakan Medis

Bercak coklat pada bagian putih mata yang berpotensi mengarah pada kanker melanoma, penyakit mata yang lebih serius, serta berisiko pada kesehatan mata dan menimbulkan komplikasi parah perlu diatasi melalui tindakan medis untuk menghilangkannya. Namun, prosedur ini berisiko menyebabkan kerusakan pada mata, sehingga dokter menyarankan sebagai pilihan terakhir jika memang dibutuhkan untuk keselamatan pasien. Ada beberapa macam tindakan medis untuk menghilangkan freckles mata, antara lain yaitu radiasi, terapi laser, operasi atau bedah, hingga pengangkatan bola mata.

Operasi adalah salah satu tindakan medis menghilangkan bercak coklat pada bagian putih mata yang umum dilakukan. Dokter akan membuat sayatan untuk mengangkat freckles yang berpotensi kanker dari mata. Bagian putih mata bisa mengalami sedikit defek atau kecacatan. Defek ini kemudian akan diperbaiki melalui transplantasi membrane amniotic dari plasenta. Membrane ini digunakan karena mempunyai kandungan aspek pertumbuhan dan bisa mengurangi peradangan.

Setelah operasi selesai, perawatan dilakukan dengan memakai obat tetes mata selama dua minggu pasca operasi. Karena tindakan medis ini bisa menyebabkan rusaknya bagian mata, pastikan pasien sudah berkonsultasi dengan dokter spesialis terlebih dahulu mengenai penanganan yang tepat untuk kondisi bercak coklat pada bagian putih mata. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemantauan rutin. Sehingga, perubahan freckles menjadi komplikasi bisa dideteksi lebih awal dan dapat segera diatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *